image Chris Monroe

Perbedaan WiFi Repeater Atau WiFi Booster Dengan WiFi Extender

Perbedaan Antara WiFi Extender dan WiFi Repeater atau WiFi Booster

Kesulitan mendapatkan sinyal WiFi yang andal di beberapa bagian rumah Anda? WiFi Repeater mungkin bisa menjadi solusi yang tepat untuk Anda.

Pengulang Wi-Fi atau pemanjang Wi-Fi digunakan untuk memperluas jangkauan jaringan Wi-Fi. Perangkat bekerja dengan menerima dan memperkuat sinyal WiFi yang ada dan kemudian mengirimkan sinyal yang diperkuat.

Dengan repeater WiFi, Anda dapat secara efektif menggandakan area jangkauan jaringan WiFi Anda: menjangkau sudut terjauh rumah atau kantor Anda, lantai yang berbeda, atau bahkan memperluas jangkauan ke halaman belakang Anda. Mari kita bahas secara detail apa perbedaan Wifi Extender dan Wifi Repeater, Wifi Booster, lihat di bawah ini!

Apa perbedaan antara Wi-Fi Extender dan Wi-Fi Repeater atau Wi-Fi Booster?

google-edited

Penguat atau penguat Wi-Fi, pengulang dan perluasan Wi-Fi hampir sama – keduanya berfungsi sebagai perangkat untuk meningkatkan jangkauan Wi-Fi. Tidak ada perbedaan yang jelas antara perangkat yang dijelaskan oleh produsen sebagai “replikator” dan perangkat yang digambarkan sebagai “ekstendan”.

Namun, tidak semua extender WiFi bekerja dengan cara yang sama. Ada berbagai jenis perangkat yang tersedia dan di bawah ini kami telah menyiapkan untuk menjelaskan apa perbedaan dan cara kerjanya, sehingga Anda dapat memilih repeater WiFi terbaik untuk keadaan dan kebutuhan Anda.

Saya kesulitan mendapatkan sinyal WiFi di beberapa sudut rumah saya. Apa yang harus saya coba dulu?

Ada beberapa solusi yang bisa Anda coba sebelum memilih penguat sinyal WiFi. Yang paling sederhana adalah mencoba mentransfer lokasi router WiFi Anda. Itu harus terletak di pusat atau di tengah rumah mungkin. Jika itu tidak membantu (atau jika berpindah lokasi tidak praktis), periksa apakah router Anda memerlukan pembaruan. Jika Anda memiliki model yang lebih tua selama bertahun-tahun, mungkin sudah waktunya untuk meningkatkan ke model yang lebih baru dan lebih kuat.

wifi booster

Router Archer C9 AC1900 TP-LINK adalah salah satu pilihan router WiFi terbaik untuk menggantikan router lama, menyediakan 802.11ac, generasi berikutnya dari WiFi. Ini adalah router dual-band dengan prosesor dual-core super cepat dan empat port Gigabit Ethernet untuk digunakan dengan smart TV atau konsol game.

Rekomendasi:  Recomendasi Smartphone Xiaomi Terbaru 2022 : Mi, Redmi, dan Poco

Perangkat ini dilengkapi dengan teknologi Beamforming yang unik. Teknologi ini memungkinkan router untuk memfokuskan sinyal WiFi pada perangkat WiFi Anda. Dengan mengarahkan sinyal WiFi ke tempat yang digunakan, kecepatan dan kinerja jaringan sangat meningkat. Lihat juga kumpulan router game terbaik kami.

Wifi saya ada di tempat terbaik! Router saya telah diperbarui! Tapi internet saya masih belum bisa diandalkan!

Nah, WiFi Booster mungkin bisa menjadi solusi yang tepat untuk Anda! Ada beberapa pilihan. Salah satu yang paling sederhana adalah kit Powerline Ethernet seperti kit Zyxel. Kit ini memungkinkan Anda mengirim sinyal Internet melalui sirkuit listrik rumah atau kantor Anda.

Dilengkapi dengan dua adaptor; Satu dicolokkan ke stopkontak di dekat router Anda yang ada dan yang lainnya adalah tempat sinyal diperlukan. Hubungkan yang pertama ke router dengan kabel ethernet dan yang kedua ke perangkat ethernet (seperti smart TV atau konsol game). Adaptor kedua juga dapat dihubungkan ke router WiFi untuk jaringan WiFi kedua.

 

Keuntungan besar dari solusi ini adalah cepat. Pertama, pengaturannya cepat. Anda dapat mencolokkannya dan menikmati. Anda dapat mencoba membangun kembali perangkat dengan kabel Ethernet setinggi puluhan kaki, tetapi itu melibatkan pengeboran lubang di dinding dan menarik kabel di sekitar rumah dan Anda tidak akan dapat mencabut dan memindahkan perangkat dengan mudah.

Kedua, cepat dalam hal bandwidth. Extender Wi-Fi yang menggunakan Wi-Fi biasanya akan mengalami kehilangan kecepatan. Karena perangkat ini terhubung ke router melalui Wi-Fi, ada penurunan kecepatan yang signifikan jika extender terhubung ke perangkat pada pita yang sama dengan router. Ada beberapa cara untuk mengatasi ini (lihat di bawah!) Tetapi kit ethernet powerline mengatasi seluruh masalah. Menggunakan rangkaian listrik rumah,

Ini benar-benar solusi yang bagus jika Anda memiliki, misalnya, konsol game di ruang bawah tanah yang tidak menerima sinyal yang cukup cepat atau andal. Perangkat ini dapat dicolokkan langsung ke koneksi Ethernet konsol dan terhubung ke router di tempat lain di rumah.

Rekomendasi:  Teknologi XD Optik Diusung Oleh Smartphone Huawei P50 Pro

Tapi adaptor ethernet powerline bukan untuk semua orang. Jarak antara outlet listrik dapat mempengaruhi kinerja, seperti juga jenis kabel di rumah Anda. Jika adaptor ethernet powerline bukan milik Anda, Anda harus mempertimbangkan repeater WiFi.

Bagaimana cara kerja repeater WiFi?

Hampir tidak ada perbedaan antara wifi extender dan wifi repeater, tetapi khususnya, repeater WiFi sebenarnya berisi dua router nirkabel, mirip dengan router nirkabel yang sudah ada di rumah atau kantor Anda. Salah satu router nirkabel ini mengambil alih jaringan WiFi yang ada. Kemudian memancarkan sinyal ke router nirkabel lain, yang mengirimkan sinyal yang diperkuat.

Bagaimana cara memasang repeater WiFi?

WiFi Repeater sangat mudah dipasang. Yang perlu Anda lakukan adalah menempatkan repeater di tempat yang dapat menerima WiFi yang ada, lalu colokkan catu daya. Anda kemudian dapat masuk ke pengulang WiFi melalui komputer Anda dan memasukkan detail login dan kata sandi jaringan WiFi Anda saat ini, untuk memungkinkan pengulang WiFi terhubung dan berkembang.

Apakah Anda memiliki situasi sulit seperti rumah kolam di taman Anda? Itu tidak masalah! Ada repeater WiFi tahan cuaca seperti Wavlink N300 High Power Outdoor Weatherproof. Repeater WiFi dapat ditempatkan di luar ruangan, meningkatkan sinyal di seluruh properti Anda. Set ini sangat fleksibel dan dapat dipindahkan dengan mudah. Misalnya, jika Anda berkemah dan perkemahan memiliki sinyal WiFi yang lemah, repeater ini dapat dihubungkan ke atap tenda berkemah untuk memperkuat sinyal di dalam.

Apakah laptop/notebook saya otomatis berpindah antar jaringan?

Hanya jika Anda benar-benar keluar dari jaringan pertama. WiFi Repeater membuat jaringan kedua. Jika jaringan pertama Anda tidak tersedia, perangkat Anda akan terhubung ke jaringan kedua. Namun di beberapa bagian rumah Anda, perangkat Anda akan dapat mendeteksi kedua jaringan secara bersamaan. Ini berarti bahwa jika Anda ingin beralih dari jaringan asli Anda ke jaringan booster, Anda harus keluar dan masuk kembali.

“Src=” https://www.teknoiot.com/wp-content/uploads/2018/11/topologi-wifi-repeater.jpg “alt=” Perbedaan antara wifi extender dan wifi repeater “Lebar=” 560 Tinggi = “315>

Rekomendasi:  Lupakan punch hole — RedMagic 7 Pro memiliki kamera bawah layar terbaik

Apakah redundansi jaringan akan aman? Tentu saja. Repeater Wi-Fi memberikan tingkat keamanan yang sama dengan router Wi-Fi tradisional (WEP, WPA, WPA2, dll.).

Bagaimana dengan kecepatan yang kita bicarakan sebelumnya?

Semua repeater WiFi menyebabkan hilangnya kecepatan, tetapi beberapa jauh lebih buruk daripada yang lain. Repeater WiFi bekerja dengan menerima dan menyampaikan sinyal nirkabel, tetapi repeater pita tunggal harus menerima dan kemudian mengirim ulang setiap paket data menggunakan radio yang sama pada saluran yang sama. Ini dapat mengurangi kualitas dan daya hingga 50% dari bandwidth sebelumnya.

Repeater dual band bekerja dengan menghubungkan ke router di satu band dan memancarkan sinyal WiFi di band lain. Netgear Nighthawk AC1900 WiFi Dual Band Extender menggunakan teknologi FastLane untuk meningkatkan kinerja menggunakan dua pita WiFi. Prosesor cepat juga banyak membantu (Nighthawk memiliki prosesor dual-core 1GHz) yang memungkinkan throughput WiFi maksimum.

Fitur terakhir yang membantu mengurangi kehilangan kecepatan adalah radio ganda. Jika perangkat memiliki dua radio, perangkat dapat terhubung ke router utama di saluran bawah dan kemudian mentransmisi ulang saluran atas. Ubiquity UniFi AC Lite AP UAPACLITE Dual Radio Access Point menggunakan dua radio Wi-Fi. Satu radio Wi-Fi menerima sinyal sementara radio lainnya mengirimkan sinyal yang diperkuat.

Desain sinyal yang ditingkatkan secara cerdas ini memungkinkan Anda memanfaatkan saluran WiFi yang berbeda, sangat meningkatkan kinerja dibandingkan dengan repeater radio tunggal. Xiaomi Mi Router Pro 2.4G / 5GHz juga memiliki antena yang sangat kuat yang mampu menangkap sinyal WiFi yang sangat lemah dan mentransmisikannya kembali dengan sinyal pada dua antena 3D yang kuat.

kesimpulan : 

Saat ini banyak sekali produk yang dibuat oleh pabrikan terkenal di dunia, dan berdasarkan fungsinya, hampir tidak ada perbedaan antara wifi extender dan wifi repeater atau wifi booster yang luar biasa. Intinya semua ada di sini untuk mengatasi masalah wifi yang buruk, tingkatkan jangkauan agar semua ruangan di rumah Anda dapat mengakses internet dengan baik. (* HWB)
Bergabunglah dengan Teknoiot di Telegram.

 

 

 

 

Sumber : www.teknoiot.com