Tips untuk menghindari Investasi Bodong agar tidak Rugi
rumah123.com

Tips untuk menghindari Investasi Bodong agar tidak Rugi

Maraknya penipuan online membuat kita berpikir keras, bagaimana caranya agar investasi online tetap aman? Ini adalah tips untuk menghindari investasi penipuan.

Tren investasi juga membuat para penjahat lari. Berapa banyak kasus penipuan investasi yang tertangkap.

Kita memang perlu berhati-hati saat ingin berinvestasi, lalu bagaimana tips agar terhindar dari penipuan investasi berkedok perusahaan terpercaya?

Berhati-hatilah saat menerima tawaran atau godaan untuk investasi untung tinggi. Tentu menggiurkan, tapi kita harus melihat dari sisi yang berbeda apakah aman atau tidak.

Agar tidak tertipu, ini adalah cara untuk menghindari investasi penipuan agar uang kita tetap aman.

Pastikan itu Legal

Setiap perusahaan yang akan menggalang dana masyarakat harus mendapat izin dari pemerintah.

Pertama, periksa apakah perusahaan tersebut terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atau tidak. Khusus untuk sektor pasar modal, bank dan perusahaan asuransi tunduk pada OJK.

Jika Anda menawarkan untuk memperdagangkan berjangka atau komoditas, tanyakan kepada Badan Pengatur Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI). Perusahaan keuangan tidak hanya memiliki lisensi perusahaan, tetapi juga beberapa lisensi.

Pengembalian yang wajar

Berinvestasi dengan penawaran dividen yang besar seharusnya sangat menggiurkan. Jadi, jangan terlalu cepat mengambil keputusan. Perhatikan risiko dan hasil investasi. Semakin tinggi pengembalian, semakin besar risikonya.

Kita harus ingat bahwa investasi tidak memiliki return yang pasti karena tergantung pada prospeknya. Jika tawaran investasi menyebutkan angka keuntungan tertentu.

Misalnya, investasi kita akan menghasilkan hingga 240% atau menghasilkan keuntungan 3-4 kali lipat dari modal yang disetor. Jika demikian, kita perlu berhati-hati karena dapat diklasifikasikan sebagai investasi penipuan.

Pilih jenis tampilan

Sangat penting untuk mengetahui jenis atau produk investasi yang ditawarkan. Ini adalah jenis investasi di real estate, pasar uang, pertanian, emas atau saham. Hal ini perlu kita ketahui untuk mengetahui prospek ke depan.

Rekomendasi:  Pengertian Harga Saham: Dijelaskan oleh Seorang Pakar

Investasi yang curang seringkali tidak merinci jenis investasinya karena fokus pada memberikan keuntungan. Memang, investor juga harus tahu kemana dana tersebut akan dialokasikan.

Cari tahu catatan perusahaan

Kehadiran teknologi seperti internet dan perkembangan Google memudahkan investor dalam mencari informasi.

Kita harus mengontrol sistem pengelolaan uang, produk dan pendapatan. Itu perlu jika kita mencari tahu dengan investor berpengalaman.

Hal terpenting tentang bagaimana menghindari penipuan dengan investasi penipuan adalah penelitian. Sangat penting bagi kita untuk melakukan sedetail mungkin untuk mendapatkan informasi sebanyak mungkin.

Mengetahui rekam jejak perusahaan yang terbukti dari awal memberi Anda kepercayaan diri, apakah investasi tersebut dapat diandalkan atau tidak.

Kontrol transparansi perusahaan

Manfaat lain dari cara penipuan investasi terdeteksi adalah bahwa perusahaan menyebarkan iming-iming keuntungan besar. Perusahaan yang terdaftar di OJK atau BAPPEBTI akan menjelaskan kepada investor potensi risiko, kerugian, dan pengembalian yang tidak pasti.

Perusahaan penipu cenderung menyembunyikan hal ini dan fokus menghasilkan keuntungan besar. Jika kita menemukan hal seperti ini, tidak ada salahnya untuk curiga terlebih dahulu lalu cek faktanya.

Lihatlah dokumentasi perusahaan

Ketika perusahaan transparan, kami juga dapat mengakses semua dokumen. Investor harus memeriksa setiap dokumen perusahaan. Kontrol mulai dari model investasi, file pribadi, data keuangan, risiko, hingga informasi tentang orang-orang yang ada di dalamnya.

Semua informasi ini umumnya disediakan oleh perusahaan dan calon investor tidak akan kehabisan informasi.

Hindari FOMO (Fear of Missing out)

Tidak perlu mengikuti tren produk investasi. Kita harus ingat bahwa dengan berinvestasi untuk jangka panjang, masa kini berbeda dengan masa depan. Pilih produk investasi yang memiliki prospek bagus untuk masa depan.

Rekomendasi:  Investasi: Mengenal dan Memanfaatkan Potensi Pasar Saham di IDX

Mengikuti FOMO akan membuat emosi kita tidak terkendali. Sangat berbahaya jika produk tersebut masih dalam tren dan ternyata investasi penipuan.

Lebih baik kita menganalisa seperti apa prospek dari produk investasi yang dipilih daripada mengikuti FOMO. Prospek yang baik kedepannya akan lebih menguntungkan dan menjadi tujuan investasi.

Merencanakan tujuan investasi yang jelas

Kita harus selalu memahami bahwa sebelum melakukan investasi, kita harus merencanakan tujuan. Jangan beri tahu kami apa yang harus diinvestasikan karena dia akan cenderung ragu-ragu dan tergoda oleh investasi bayangan.

Pertama-tama, tentukan juga profil risikonya. Dengan begitu, kita tahu periode investasi mana yang akan kita pilih. Ketika kita menentukan tujuan dan jenis investasi, kita tidak akan tergoda oleh godaan perusahaan palsu.

Jangan serakah

Sebelum menjadi investor, Anda perlu benar-benar memahami bahwa berinvestasi bukan untuk orang kaya. Investasi bertujuan untuk merencanakan sumber daya keuangan yang lebih baik di masa depan.

Investasi bodoh akan menargetkan orang-orang yang rakus dan menggoda dengan keuntungan besar. Hindari situasi ini agar tidak ada celah bagi masuknya sindikat investasi penipuan.

Ikuti tips menghindari investasi penipuan yang disebutkan di atas agar uang kita tetap aman. Jangan tergiur dengan keuntungan besar.

Sangat penting untuk melakukan penelitian dan dengan teknologi kita hanya bisa mendapatkan informasi dengan mengakses Google. Investasi cerdas, ya.

 

 

 

dailyfx.id