Apa itu Investasi Bodong? Berikut Jenis dan Tanda-tandanya.
media-gicindonesia.com.

Apa itu Investasi Bodong? Berikut Jenis dan Tanda-tandanya.

Evolusi waktu dan waktu telah membuat banyak orang berpikir dan menyiapkan uang untuk masa depan yang disimpan dan ditransformasikan ke dalam bentuk investasi. Rupanya, ini berbanding lurus dengan tingginya penipuan investasi bodong. Apa itu investasi bodong?

Investasi menjadi topik perbincangan yang mulai diminati banyak orang. Tujuannya hanya satu, yaitu mencapai kebebasan finansial di masa depan. Ada banyak jenis alat investasi yang bisa dipilih. Misalnya reksa dana, emas, obligasi, saham, properti dan deposito.

Tidak perlu datang ke kantor atau perusahaan yang menyediakan alat investasi, ada banyak pilihan investasi yang bisa dibeli melalui smartphone.

Meskipun sangat mudah untuk berinvestasi dari rumah saja, kita tetap harus paham teknologi dan melek dalam investasi sains. Pasalnya, perkembangan alat investasi ini seiring dengan banyaknya orang yang menggoda investor, terutama investor pemula, dengan keuntungan maksimal, meski tujuannya adalah keuntungan pribadi.

Sebut saja investasi curang, banyak orang akan menawarkan investasi yang mudah dengan hasil yang menguntungkan namun lama kelamaan tidak ada kejelasan hasil investasi tersebut. Sebelum terjadi hal yang tidak diinginkan, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu apa itu investasi curang, ciri-cirinya dan jenis-jenis investasi curang.

Apa itu investasi bodong?

Sekarang siapa saja bisa melakukan investasi, tidak hanya satu atau dua orang yang punya banyak uang. Ada banyak pilihan untuk kendaraan investasi dengan modal minimum, turun hanya Rs 100.000, tetapi keuntungannya sangat menjanjikan.

Melihat hal tersebut, banyak orang yang mulai tertarik untuk berinvestasi. Namun, minimnya informasi dan pengetahuan investasi membuat kita mudah terkecoh dengan unsur penipuan investasi. Penipuan investasi juga dapat didefinisikan sebagai investasi ilegal.

Investasi konyol itu sendiri adalah kegiatan yang dilakukan oleh satu orang atau lebih di mana mereka akan mengumpulkan sejumlah dana sebagai modal investasi bagi calon investor untuk perusahaan atau bisnis yang sebenarnya tidak ada bisnis atau bisnis tersebut. Investasi bodoh tidak diizinkan dan tidak memiliki pola yang jelas.

Rekomendasi:  10 Cara Terbaik Mempelajari Saham bagi Pemula untuk Mulai Berinvestasi

Sangat mudah untuk membaca bagaimana orang-orang ini bekerja, yaitu ketika mereka mendapatkan apa yang mereka inginkan, yaitu sedikit uang dari investor yang memiliki sedikit pengetahuan investasi dan dapat dengan mudah dibujuk oleh godaan untuk mendapatkan keuntungan maksimal dalam waktu singkat. Segera mereka akan pergi dan menghilang, sulit untuk dihubungi.

Oleh karena itu, kita tetap perlu berhati-hati dan waspada dalam memilih kendaraan investasi dan perusahaan yang membidangi pengelolaan modal. Sebagai rekomendasi, sebelum memutuskan akan berinvestasi di mana, sebaiknya Anda bertanya melalui organisasi penyedia jasa keuangan dan pastikan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan atau OJK.

Karakteristik investasi penipuan

Untuk menghindari penipuan investasi, sebaiknya pelajari ciri-cirinya, antara lain sebagai berikut.

Cara menjual investasi tidak resmi

Secara umum, semua instrumen, baik emas, saham, reksa dana atau deposito, akan dijual secara resmi melalui situs web atau situs resmi perusahaan. Bertentangan dengan apa yang telah dilakukan, ini adalah investasi penipuan. Cara orang-orang ini menampilkan dan menjual tidak akan meyakinkan dan akan tampak acak. Jika Anda merasa seperti itu, Anda tidak harus melanjutkan.

Memberikan keuntungan yang sangat tinggi, dalam waktu singkat, keuntungan tiba-tiba membeku

Untuk mengelabui calon investor, orang-orang ini akan menawarkan investasi dengan pengembalian yang sangat tinggi, hingga di atas 50%. Harap dicatat bahwa pengembalian investasi jangka panjang hanya 15% hingga 20%. Atau, imbal hasil yang ditawarkan ternyata lebih tinggi dari suku bunga bank atau deposito. Ini tentu saja merupakan investasi palsu.

Sementara itu, ternyata Anda mendapatkan keuntungan yang sangat tinggi dalam waktu yang singkat. Misalnya, seorang investor menginvestasikan Rs 10 juta dan akan dijanjikan dalam waktu 3 bulan bahwa investasi tersebut akan menghasilkan Rs 200 juta. Hanya melihat angka, tanpa memikirkannya, kami langsung setuju.

Rekomendasi:  Penjelasan tentang Decentralized Autonomous Organization (DAO)

Investasi itu sendiri fluktuatif karena keuntungan yang akan diperoleh tergantung pada kondisi ekonomi. Kalau ekonomi bagus, pasti untung banyak. Jika sebaliknya terjadi, bukan tidak mungkin untuk tidak memperoleh pengembalian investasi.

Selalu ingat bahwa semakin rendah risikonya, semakin rendah keuntungan atau pengembaliannya. Di sisi lain, semakin besar risikonya, semakin besar keuntungan dan pengembaliannya.

Apa yang terjadi adalah bahwa kita benar-benar percaya padanya. Saya sudah mengirim sejumlah uang sebagai investasi awal. Jadi awas, apakah ada keuntungan atau return yang macet dan banyak kendala?

Cara kerja investasi penipuan ini adalah ketika investor dibujuk untuk mendapatkan pengembalian yang lebih tinggi yang berada di luar imajinasi mereka, orang-orang ini akan mencoba membujuk investor untuk mengirim lebih banyak uang.

Ketika uang dikirim dan menunggu untung dan kembali, tiba-tiba untung butuh waktu lama untuk dikirim dan tiba-tiba terjadi kemacetan pengiriman untung dan pulang. Yang pasti, investor yang tidak bermoral mengambil uang itu.

Apakah Anda sudah memiliki izin operasi?

Di Indonesia, semua lembaga keuangan yang beroperasi harus memiliki izin resmi dan badan hukum dari pemerintah. Semua perusahaan keuangan dan investasi harus terdaftar sebagai anggota Otoritas Jasa Keuangan atau OJK.

karena? Ini adalah salah satu pemeriksaan transaksi keuangan. Untuk itu, sebelum berinvestasi, periksa dengan seksama apakah perusahaan atau lembaga keuangan tersebut terdaftar sebagai anggota OJK dan berada di bawah pengawasan OJK melalui situs resmi OJK.

Jika ternyata perusahaan tersebut tidak memiliki izin atau izinnya tidak jelas dan tidak terdaftar sebagai anggota OJK, sebaiknya Anda keluar dan mencari perusahaan penanaman modal lain.

 

 

 

 

dailyfx.id