8 Cara Simpel untuk mengurangi Bounce Rate di situs web Anda
shortpixel.ai

8 Cara Simpel untuk mengurangi Bounce Rate di BLOG Anda

Bounce Rate mengukur bagaimana pengguna berinteraksi dengan situs web Anda. Ini dihitung dengan membagi sesi satu halaman dengan total sesi situs web, yang menunjukkan persentase sesi di mana pengguna hanya melihat satu halaman konten sebelum pergi ke tempat lain di web.

Jika Bounce rate Anda terlalu tinggi, itu bisa berarti Anda perlu membuat beberapa perubahan pada situs web Anda. Berikut adalah beberapa kiat khusus untuk meningkatkan rasio pentalan Anda.

1. Tingkatkan keterbacaan konten Anda

Gunakan kalimat dan paragraf yang lebih pendek; kalimat yang lebih pendek memudahkan pembaca untuk mengikuti jalan pikiran, mengurangi kemungkinan melompat. Gunakan gambar dengan hemat dan hanya jika gambar tersebut menambah nilai atau meningkatkan pemahaman teks. Gambar juga dapat mengarahkan lalu lintas jika tidak dirancang dengan baik atau jika tidak dimuat dengan cepat. Tempatkan ajakan bertindak di akhir setiap posting, bukan di tengah atau di awal, di tempat yang kemungkinan besar akan terlewatkan.

2. Hindari pop-up

Pop-up dapat mengganggu dan menipu pengguna agar kembali dari situs Anda. Mereka juga dapat menyebabkan tingkat tautan yang lebih rendah, karena pengguna mungkin cenderung untuk tidak membagikan tautan dengan Anda jika mereka tahu Anda menggunakan munculan. Untuk mengurangi kemungkinan dilewati, gunakan halaman konten sederhana tanpa iklan dan gangguan yang tidak perlu, pertahankan ukuran halaman tetap kecil, dan hindari menggunakan animasi yang mengganggu atau grafik yang berkedip. Jika Anda perlu menggunakan popup, pastikan jelas apa yang harus dilakukan pengguna dan dapat dengan mudah dihapus tanpa meninggalkan situs.

3. Buat ajakan bertindak (CTA) yang menarik

Perjelas tentang tindakan apa yang Anda ingin pengguna lakukan. Jika Anda ingin mereka mendaftar ke buletin Anda, pastikan CTA Anda ditampilkan dengan jelas. Jika Anda ingin saya membeli sesuatu, jelaskan produk atau layanan mana yang perlu Anda beli. Gunakan kata-kata yang menarik yang tinggal di pikiran orang. Saat menulis salinan CTA Anda, gunakan kata-kata yang membangkitkan kegembiraan atau rasa ingin tahu. Misalnya, “Anda tidak akan percaya betapa mudahnya memulai!” o “Memperkenalkan produk terbaru kami – sekarang hanya tersedia di situs web kami!

Rekomendasi:  6+ Cara Efektif untuk Menghilangkan Iklan di HP Anda

4. Jaga blog Anda tetap segar

Perbarui blog Anda dengan memperbarui konten Anda secara teratur; Posting baru membantu menjaga pembaca kembali dan membantu menarik pengikut dan meningkatkan SEO. Tetapi hindari memposting konten yang berulang atau ketinggalan zaman – ini hanya akan membuat frustrasi dan mengasingkan pembaca. Gunakan gambar dan video berkualitas tinggi bila memungkinkan. Ini dapat membantu menarik pembaca dan membuat blog Anda menonjol.

5. Menarik pengunjung yang tepat

Memasukkan umpan balik pengguna ke dalam proses desain dan pengembangan untuk meningkatkan kegunaan dan kepuasan pelanggan. Gunakan taktik pemasaran konten untuk menarik pengunjung yang ditargetkan dan teknik SEO untuk visibilitas tinggi. Terakhir, fokuslah untuk menyediakan konten yang bermanfaat dan melibatkan calon pelanggan di platform media sosial. Semua tindakan ini dapat membantu meningkatkan kemungkinan orang tetap berada di situs Anda dan menjelajahi apa yang Anda tawarkan.

6. Mempercepat page load time

Meningkatkan waktu buka halaman situs web Anda dapat mengurangi rasio pentalan dan meningkatkan pengalaman pengguna. Anda dapat mengoptimalkan gambar, menggunakan alat kompresi, dan menghapus file yang berlebihan dari situs web Anda untuk waktu pemuatan yang cepat. Mengikuti praktik terbaik tertentu juga dapat meningkatkan kinerja, seperti menggunakan CDN atau layanan caching. Terakhir, pastikan Anda memiliki paket hosting web yang solid yang memungkinkan Anda menggunakan sumber daya dengan benar seperti siklus memori dan CPU. Langkah-langkah sederhana ini akan memastikan bahwa situs Anda secepat mungkin bagi pengunjung dan memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik secara keseluruhan.

7. Setel tautan eksternal untuk dibuka di jendela baru

Ada banyak alasan mengapa pengunjung situs web dapat terpental, tetapi salah satu alasan utamanya adalah desain yang buruk. Salah satu cara untuk mengurangi rasio pentalan dan mendorong lebih banyak kunjungan dari calon pelanggan adalah dengan membuka tautan eksternal di jendela baru. Ini membuat pengunjung di situs Anda lebih lama dan memudahkan mereka menemukan apa yang mereka cari.

Rekomendasi:  Jarang Yang Ngerti 3 Trik Rahasia Komputer Ini

8. Jadikan situs web Anda ramah seluler

Salah satu cara untuk mengurangi rasio pentalan adalah dengan membuat tata letak yang ramah seluler. Ini berarti membuat konten yang mudah diakses dan dinavigasi di perangkat seluler. Juga, pastikan semua teks berukuran kecil dapat dibaca dan gunakan font yang jelas dan mudah dilihat. Terakhir, gunakan fitur desain responsif untuk membuat situs Anda terlihat bagus di berbagai perangkat berukuran berbeda. Cara lain untuk mengurangi rasio pentalan termasuk meningkatkan pengalaman dan keterlibatan pengguna, menyediakan konten berkualitas, dan menjual kembali produk atau layanan alih-alih menjual iklan.

Penutup

Mengurangi rasio pentalan dapat memengaruhi rasio konversi situs web Anda secara signifikan. Anda dapat meningkatkan kinerja situs web Anda secara keseluruhan dengan memahami faktor-faktor yang memengaruhi rasio pentalan dan menerapkan strategi untuk menguranginya.

 

 

 

 

Enterpreuneur.com