5 Trik dan Hack Untuk Mempercepat Android, Selamat Tinggal Ponsel Lambat

Apakah Anda ingin mempercepat Android? Bosan menunggu di telepon untuk menyelesaikan sesuatu? Sebelum membayar untuk upgrade yang mahal, Anda harus terlebih dahulu mencoba untuk mendapatkan performa ekstra dari perangkat Anda saat ini.

Mari kita lihat beberapa cara terbaik untuk melakukan ini, termasuk keluarga secara umum, banyak aplikasi, dan beberapa trik dan hack hebat. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan:

Update OS ke OS Terbaru

Pertama, Anda harus memastikan perangkat Anda sepenuhnya mutakhir. Terkadang akan ada versi Android yang lebih baru, skin UI yang diperbarui, patch atau perbaikan bug.  Semua ini dapat membantu mempercepat Android.

Untuk mengetahui apakah ponsel Anda perlu diperbarui, buka Setelan > Informasi perangkat > Pembaruan perangkat lunak.

Anda harus terus-menerus memeriksa pembaruan untuk aplikasi tertentu, terutama hal-hal seperti emulator. Terkadang pembaruan saja dapat membuat perbedaan. Ini juga berlaku untuk layanan Google Play, karena mengontrol hampir semua yang ada di ponsel Anda.

Install OS ROM khusus

Jika Google atau vendor Anda tidak datang dengan pembaruan, menginstal ROM kustom bisa menjadi solusinya. Pada dasarnya ini tentang menginstal versi Android yang disesuaikan.

Ini akan memungkinkan Anda untuk menginstal mode buatan komunitas untuk memberikan kinerja yang lebih baik atau lebih banyak fitur, atau untuk meningkatkan ke versi Android terbaru ketika perangkat Anda tidak lagi mendukungnya secara resmi.

Ada risiko yang melekat dalam melakukannya. Anda harus melakukan root, yang memiliki peluang nyata untuk memutihkan perangkat Anda. Beberapa aplikasi (seperti aplikasi perbankan) tidak akan langsung berfungsi. Anda bisa membatalkan garansi. Tetapi jika Anda yakin dengan kemampuan teknologi Anda atau bermain dengan perangkat lama atau cadangan, metode ini dapat menghidupkan kembali gadget lama dan benar-benar mempercepatnya.

Rekomendasi:  3 cara mudah untuk membatasi waktu anak-anak Anda bermain Smartphone

Hapus Layar Beranda

Penting untuk membersihkan rumah dari waktu ke waktu. Hal yang sama berlaku untuk perangkat Android Anda. Jika Anda memiliki layar beranda dengan wallpaper animasi yang ditutupi widget yang menampilkan berita, cuaca, dan pembaruan sosial, Anda mungkin melihat sedikit perubahan pada transisi antar layar. Jika Anda telah melakukan sesuatu seperti pembaruan Bixby, pertimbangkan untuk menonaktifkannya.

Beralih ke peluncur yang lebih baik juga sering kali dapat membantu membuat segalanya menjadi lebih keren. Saya pribadi mencoba membatasi tata letak saya ke satu halaman dengan folder, daripada beberapa layar. Itu tidak mempercepat Android, cukup untuk sedikit mempercepat sehingga saya bisa mendapatkan sesuatu lebih cepat.

Minimalkan Animasi

Trik kecil ini cukup terkenal. Ini tidak akan mempercepat ponsel Anda, tetapi dengan mengurangi waktu yang diperlukan untuk beralih antara layar dan aplikasi, semuanya akan terasa lebih cepat.

Untuk melakukan perubahan ini, Anda perlu mengakses opsi pengembang di pengaturan perangkat Anda (juga dalam pembaruan perangkat lunak). Temukan di mana tertulis “Build Number” dan ketuk opsi ini tujuh kali. Sekarang buka menu opsi kunci dan temukan di mana skala animasi transisi ditulis. Jika Anda menyetelnya ke “nonaktif”, aplikasi hanya akan muncul, alih-alih membuat lagu dan menari di atasnya. Anda juga dapat menonaktifkan skala animasi jendela dan skala durasi animator.

Memaksa Pemrosesan GPU

Jangan tinggalkan menu ini dulu! Trik lain yang dapat Anda mainkan di sini adalah GPU Render Force. Ini akan menggunakan unit pemrosesan grafis (GPU) telepon alih-alih pemrosesan perangkat lunak untuk beberapa elemen dua dimensi yang belum memanfaatkan opsi ini. Ini berarti pemrosesan UI yang lebih cepat, animasi yang lebih halus, dan lebih banyak ruang untuk prosesor Anda.

Rekomendasi:  5 alasan mengapa Anda harus membeli HP Murah daripada yang Mahal

Catatan: GPU mengambil lebih banyak daya dari CPU, sehingga juga dapat mengurangi masa pakai baterai sekitar 5-15%.

Trik mempercepat android di atas bisa Anda coba, daripada membeli ponsel baru karena ponsel lama sudah lambat lebih baik mencoba trik di atas untuk mempercepat hp Anda. Silakan dicoba..