Inilah 8 Cara Mudah Menyiasati Dan Mengatur Keuangan Diri Sendiri

Cara Mengatur Keuangan Diri Sendiri Untuk Kehidupan Yang Lebih Baik

Mengelola keuangan pribadi melibatkan pemenuhan tujuan keuangan pribadi, apakah itu memenuhi kebutuhan keuangan jangka pendek, merencanakan pensiun, atau menabung untuk studi perguruan tinggi anak Anda di masa depan. Kami akan membahas beberapa tips untuk mengelola keuangan pribadi Anda.

Segeralah Buat rencana untuk memenuhi kebutuhan ini dalam batasan keuangan Anda. Apakah Anda mulai mengelola keuangan pribadi Anda hari ini? Anda harus mengatur keuangan Anda, itu semua tergantung pada pengeluaran yang dapat Anda kendalikan untuk mengelola kebutuhan hidup, pendapatan, pengeluaran dan keinginan Anda.

 

Kiat Untuk Mengelola Keuangan Diri Sendiri

Butuh beberapa tips yang dapat Anda gunakan hari ini? Anda tidak harus memulai dengan gaji enam digit atau memiliki bisnis yang menjangkau beberapa kota atau provinsi sebelum Anda mulai mengelola keuangan pribadi Anda. Anda dapat menemukan tips untuk bisnis Anda di tips perencanaan keuangan perusahaan Anda.

Bahkan, jika Anda menunda-nunda, Anda mungkin tidak akan pernah mencapai tujuan keuangan Anda. Generasi millenium semakin sadar akan pentingnya pengelolaan keuangan. Sayangnya, kesadaran ini seringkali muncul di tengah keterbatasan dana yang perlu dikelola.

Oleh karena itu, sangat penting untuk menemukan contoh kasus yang sesuai. Ambil contoh, bahwa Anda tidak memerlukan nasihat tentang cara menghabiskan ratusan juta dolar untuk persediaan tas belanja. Padahal, Anda hanya bisa berinvestasi di reksa dana atau SBN, dan itu bukan hal yang buruk.

Kuncinya adalah memilih nasihat keuangan yang tepat untuk memenuhi kantong Anda. Fokus pada peningkatan keuangan Anda, tidak seperti pemain korporat yang sering Anda lihat secara online.

1. Penyusunan Dokumen Keuangan

Bahkan jika Anda telah membuat alokasi keuangan, Anda akan sering menggunakan jumlah yang dialokasikan untuk hal-hal yang tidak terduga. Untuk melakukan ini, Anda perlu menyiapkan dokumen keuangan terperinci.

Buat kategori biaya untuk penilaian mingguan atau bulanan. Anda benar-benar dapat mengunduh aplikasi akuntansi secara gratis. Hal ini akan membuat distribusi pendapatan lebih terencana.

Rekomendasi:  5 Trik dan Hack Untuk Mempercepat Android, Selamat Tinggal Ponsel Lambat

2. Tetapkan Prioritas Anda

Tetapkan skala prioritas untuk diri sendiri atau keluarga Anda yang penting untuk mencapai tujuan dan kebutuhan yang Anda inginkan. Jika Anda terus mengandalkan gaji bulanan, Anda harus mempertimbangkan terlebih dahulu mana yang akan Anda pilih.

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menetapkan prioritas Anda. Anda perlu menetapkan tujuan untuk 5-10 tahun ke depan, di mana Anda akan berada dan situasi keuangan apa yang Anda inginkan dalam dekade berikutnya. Ini penting, tentu saja, karena Anda dapat menetapkan tujuan yang jelas dan menjadikannya prioritas dalam hidup Anda.

Misalnya, jika Anda ingin membeli rumah dalam 5 tahun ke depan, atau Anda ingin menabung dalam beberapa tahun ke depan. Anda tidak perlu detail, tetapi Anda harus memiliki tujuan keuangan yang ingin Anda capai.

3. Cari Tau Jumlah Kebutuhan

Hal terpenting yang harus dilakukan adalah mengetahui jumlah pengeluaran biasa untuk setiap kebutuhan. Hitung kebutuhan rutin utama dan berulang seperti makanan, biaya pulsa dan biaya Internet, listrik, transportasi, dll.

Ini bukan hanya pengeluaran yang signifikan, tetapi Anda mungkin harus membayar langganan surat kabar atau layanan streaming hiburan. Rincian biaya ini harus selalu diketahui dan diperhitungkan dengan jelas.

4. Manfaatkan Uang Kembali/Cashback

Nah, saatnya untuk menghemat uang. Jika pembelanjaan Anda masih rendah, coba dapatkan lebih banyak pengembalian dana. Ya, kedengarannya sederhana, tapi konsepnya lambat laun akan menjadi bukit yang masih bisa didemonstrasikan seperti itu.

Selalu berusaha untuk menemukan voucher pengembalian dana saat melakukan pembelian. Biasanya nilainya lebih tinggi jika menggunakan e-wallet. Jadi jika Anda membeli lebih dari satu kali, Anda mungkin dapat membeli saham untuk mendapatkan cashback.

5. Bayar Lunas hutang

Melunasi utang memang menjadi masalah, namun melakukan transaksi kartu kredit atau keterlambatan pembayaran memang menggiurkan. Namun, Anda juga hanya memiliki satu kartu kredit untuk kebutuhan yang sangat mendesak. Jika Anda beruntung, mungkin Anda bisa memanfaatkan diskon perbankan dan lounge.

Rekomendasi:  Cara Mudah Logout Akun Netflix Dari Semua Perangkat Sekaligus

Bahkan dengan anggaran yang bagus dan pembayaran tagihan yang cepat, terkadang Anda akan terlilit hutang. Caranya adalah dengan mengambil pinjaman yang tak terelakkan dan melunasi atau melunasinya sesegera mungkin.

Jika ternyata Anda harus melunasi utang yang lebih lama dari masa manfaat produk yang Anda beli, hindari berutang. Mengendalikan utang memang tidak mudah, namun sebaiknya Anda berusaha menghindari segala macam biaya yang akan Anda tanggung dalam beberapa bulan mendatang.

Kuncinya adalah tidak membutuhkannya dalam bentuk apapun kecuali sangat mendesak. Percayalah, Anda adalah pemimpin hidup Anda sendiri. Sia-sia Anda bekerja keras untuk menghasilkan uang jika Anda terus menumpuk hutang.

6. Prioritas Untuk Membayar Tagihan

Setiap kali Anda dibayar, Anda akan langsung merasa kaya. Ya, semua orang berhak bersenang-senang. Namun, sebelum Anda dapat menggunakannya untuk hal lain, Anda harus memilih untuk membayar tagihan Anda. Ini memungkinkan Anda untuk mengontrol berapa banyak uang yang tersisa pada setiap hari gajian.

Tahukah Anda bahwa seseorang dapat menghabiskan jutaan rupee setahun karena jatuh tempo? Namun, Anda dapat dengan mudah menghindarinya. Bayar faktur segera setelah Anda menerima pemberitahuan faktur.

Bayar tagihan kartu kredit atau permintaan kredit Anda. Ini tidak hanya membantu menghindari biaya keterlambatan, tetapi juga meningkatkan peringkat kredit dari perusahaan penagihan yang relevan.

7. Kelola Uang Untuk Tabungan

Pengelolaan uang bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Banyak orang menghadapi kesulitan keuangan ketika hanya mengelola dana pribadi, padahal tabungan sangat penting untuk masa depan. Dengan cara ini Anda bisa membiasakan diri mencari solusi keuangan yang lebih baik jika Anda sudah berkeluarga.

Ketika Anda mulai mempersiapkan anggaran pribadi Anda untuk pertama kalinya, Anda akan merasa sangat sulit untuk mempersiapkannya. Namun seiring berjalannya waktu, prosesnya semakin mudah.

Kenyataannya adalah, hampir tidak mungkin untuk merencanakan dengan baik tanpa mengandalkan anggaran tabungan. Tanpa menabung, Anda akan menyadari bahwa uang Anda bisa hilang begitu cepat.

Rekomendasi:  7 Kebiasaan Sehat untuk Hidup Sehat

8. Pikirkan Masa Depan Dengan Berinvestasi

Investasikan sebagian dari pendapatan yang Anda peroleh, biasakan untuk memisahkan item pengeluaran berdasarkan kebutuhan terperinci Anda. Perhitungan ini secara umum harus diberikan tidak hanya untuk kebutuhan jangka pendek, tetapi juga untuk kebutuhan jangka panjang, seperti tabungan investasi dan pensiun 10-15%.

Gaji bulanan tidak pernah cukup dan Anda harus selalu menargetkan lebih banyak pendapatan. Identifikasi investasi yang menurut Anda berhasil Anda kelola. Selalu pilih investasi Anda dengan bijak dan libatkan ahli investasi profesional.

Anda bisa mencoba dana investasi dan saham melalui aplikasi investasi yang terdaftar di OJK. Jika Anda ingin berhemat dan tidak ingin bingung harus memilih apa untuk tujuan investasi, Anda bisa mencoba reksa dana. Dana yang Anda investasikan akan digunakan oleh manajer keuangan berpengalaman, cocok untuk investasi pemula.

Lindungi investasi dan aset Anda dengan asuransi yang tidak akan menimbulkan kerusakan di kemudian hari. Asuransi payung untuk investasi dan aset Anda jika Anda pernah mengalami masalah yang layak atau peristiwa yang tidak menyenangkan.

Anda tidak ingin investasi Anda hancur karena bencana atau kecelakaan, jadi tutupi untuk selalu melindunginya dengan asuransi yang tepat.

Sebagian besar masyarakat saat ini memiliki jaminan kesehatan BPJS untuk kebutuhan tersebut. Untuk mencapai masa depan finansial, tentukan rencana pensiun yang tepat dan bertujuan untuk bertahan selama mungkin.

Rencanakan usia di mana Anda “tidak mendukung” kerja optimal, ukur usia maksimal Anda bekerja, lalu rencanakan masa pensiun Anda dengan baik. Pastikan Anda menutupi kebutuhan keuangan Anda hingga matahari terbenam agar tidak ada keluhan setelahnya.

 

Berikut adalah beberapa tips manajemen uang pribadi dasar yang dapat Anda terapkan untuk keuangan Anda di masa depan. Tidak perlu melebih-lebihkan saran dari penasihat keuangan terkenal, yang penting adalah menerapkan prinsip aplikasi terlebih dahulu. Demikian artikel tentang tips mengatur keuangan pribadi semoga bermanfaat.

 

 

 

 

Sumber : https://mridn.com/tips-mengelola-keuangan-pribadi/