qoala.app

10 Cara Terbaik Mempelajari Saham bagi Pemula untuk Mulai Berinvestasi

Trader pemula harus tahu cara belajar bermain saham sebelum terjun ke dunia investasi saham. Karena saham merupakan salah satu produk pasar modal yang berisiko tinggi dan Anda bisa meminimalisir risiko tersebut agar bisa mendapatkan uang yang banyak.

Meski istilahnya “bermain saham”, Anda harus menganggapnya serius karena saham merupakan produk investasi yang bisa menguntungkan, tapi juga bisa merugikan. Melakukan tindakan tanpa modal dan dengan cara yang benar hanya membuang-buang waktu, uang, tenaga dan pikiran.

Sekarang saatnya mendengarkan panduan tentang cara belajar bermain action untuk pemula. Poin-poin yang telah tim Qoala siapkan adalah panduan cara bermain saham online gratis yang bisa Anda coba untuk mendapatkan keuntungan bermain saham melalui perdagangan saham harian dan tahunan.

1. Pilih sekuritas dengan biaya transaksi rendah

Cara belajar trading saham online dengan modal kecil, pertama Anda harus memilih salah satu dari sekian banyak perusahaan publik atau broker. Biaya transaksi antar perusahaan sekuritas juga bervariasi. Anda jelas sedikit bingung apa yang dimaksud dengan “biaya transaksi”.

Saat berinvestasi saham, Anda harus memiliki rekening efek (rekening dana klien) yang disediakan oleh perusahaan efek tersebut. Setelah Anda membuat akun, Anda dapat memasukkan uang ke dalam rekening sekuritas yang akan berfungsi sebagai uang elektronik. Anda dapat membeli saham yang diinginkan secara online dengan uang tunai.

Juga yang dimaksud dengan “biaya transaksi” adalah biaya pembelian dan penjualan saham. Komisi ini menjadi sumber pendapatan bagi perusahaan pialang yang Anda gunakan. Misalnya, ada nilai yang membebankan komisi 0,19 persen untuk pembelian dan 0,29 persen untuk penjualan. Ada juga 0,15 persen untuk pembelian dan 0,20 persen untuk penjualan dan seterusnya.

Semakin rendah biayanya, semakin menguntungkan investor. Tapi bukan berarti tidak layak memilih yang harganya mahal. Ada kemungkinan bahwa aplikasi Anda lebih baik dan begitu juga layanan pelanggan Anda.

Jika Anda sudah mengetahui saham mana yang ingin Anda beli, Anda bisa menyiapkan dokumen terkait untuk membuka rekening dan mendapatkan informasi tentang indeks saham atau BEI.

2. Jangan pelit, tapi jangan terlalu jauh

Setelah Anda memiliki akun stok dan aplikasi game stok terbaik di laptop untuk pemula, Anda bisa melakukan transfer data atau top up akun stok tersebut. Jika Anda ragu, itu wajar karena kita enggan kehilangan uang untuk investasi. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena cara bermain saham bisa dimulai dengan modal 100 ribu dan Anda tinggal mengikuti langkah-langkah yang disarankan.

Dalam perdagangan saham, ada unit lot dimana satu lot terdiri dari 100 lembar saham. Jika harga per lembar saham adalah Rp 1.000, berarti harga satu lot dikalikan 100, yaitu Rp 100.000. Tentu saja, Anda tidak akan langsung mendapatkan segepok uang dengan modal 100 ribu rupiah. Anda perlu berinvestasi secara konsisten dan terukur, jangan terburu-buru menghabiskan semua uang Anda untuk saham.

Anda dapat memperdagangkan saham setiap hari menggunakan 10% dari total likuiditas di akun Anda dan bukan dari dana darurat. Setiap bulan, lakukan transaksi dana sebesar 10 persen dari pendapatan bulanan Anda untuk membeli saham. Semakin besar jumlah dana yang Anda investasikan, semakin besar pula potensi keuntungan yang bisa Anda peroleh. Namun jika harga saham turun, kerugian yang Anda derita juga besar.

Anda harus belajar bagaimana mengelola emosi investor besar untuk menjaga kewarasan dalam proses pengambilan keputusan. Mengalami dips saat bermain di pasar saham online adalah hal yang biasa karena investasi ini tidak gratis, yang penting kita sudah tahu bagaimana caranya agar tidak mengulangi kesalahan yang sama.

Rekomendasi:  5+ Kesalahan dalam Investasi Cryptocurrency yang Dilakukan Pemula

3. Pilih saham di indeks LQ45 atau IDX30

qoala.app

Bursa Efek Indonesia (BEI) menerbitkan indeks saham sebagai ukuran statistik perubahan pergerakan harga sekumpulan saham yang dipilih berdasarkan kriteria tertentu. Ada 35 indeks saham yang terdaftar di BEI, dan agar tidak bingung, Anda bisa memilih saham yang termasuk dalam indeks IDX30 atau LQ45.

Pasalnya, saham-saham di indeks tersebut memiliki likuiditas yang sangat tinggi dan fundamental perusahaan juga dinilai baik. Saham-saham yang memiliki indeks-indeks tersebut umumnya disebut saham-saham blue chip, disebut juga saham-saham utama/bibit. Salah satu contohnya adalah saham Telkomsel dan Anda dapat membelinya di aplikasi broker dengan cara yang sederhana.

Memilih saham yang masuk dalam indeks ini adalah cara bermain saham yang cenderung aman bagi pemula, semoga bisa mendapatkan kembali investasi awal atau tanpa kerugian besar. Nah, dengan belajar bermain saham online sebagai permulaan, Anda bisa belajar saham dengan mengenali saham mana saja yang masuk dalam indeks IDX30 dan LQ45.

4. Beli barang konsumsi atau saham bank

Cara selanjutnya bagi pemula untuk belajar bermain saham adalah dengan membeli barang konsumsi atau saham bank. Anda membaca saham-saham di indeks IDX30 atau LQ45 bukan?

Pertanyaan selanjutnya, bagaimana dengan kedua jenis perusahaan tersebut? Untuk mempelajari saham, perusahaan consumer goods atau bank menjadi pilihan yang tepat karena produknya banyak digunakan oleh masyarakat dan otomatis menghasilkan keuntungan yang signifikan setiap tahunnya.

Kalaupun saat membeli harga sahamnya turun, lambat laun akan kembali normal atau malah untung. Kecuali saat Indonesia sedang mengalami krisis ekonomi. Apakah Anda tertarik untuk mencoba mempelajari cara bermain perdagangan saham ini?

5. Disiplin membuat Stop-loss

qoala.app

Bagaimana cara trading saham yang benar? Salah satunya adalah tetap tenang dan jangan panik saat harga saham yang Anda beli turun, Anda perlu tenang dan jangan panik. Mengatur emosi itu penting karena harga saham berfluktuasi dan biasa terjadi. Selama perusahaan tempat Anda berinvestasi memiliki prospek cerah, harga sahamnya pasti akan naik lagi.

Saat Anda melihat dompet berwarna merah, Anda dapat dengan cermat memeriksa penerbit yang bersangkutan. Jika penurunan disebabkan oleh fundamental keuangan, jangan ragu untuk menghentikan kerugian, nilai yang lebih rendah dari batas harga ditentukan untuk membatasi kerugian. Kerugiannya bisa lebih besar jika perusahaan pada akhirnya gagal daripada didisiplinkan untuk menghentikan kerugian sejak awal.

6. Putuskan apakah Anda ingin menjadi trader atau investor

Cara keenam untuk mempelajari cara bermain saham online, Anda dapat memutuskan apakah Anda ingin menjadi trader atau investor. Pedagang memiliki sifat mencari keuntungan dari selisih harga jual dikurangi harga beli dalam waktu yang relatif singkat.

Sementara itu, jika Anda ingin menjadi investor, Anda bisa menahan saham dalam waktu lama dan menuai keuntungan di kemudian hari. Tidak sedikit orang yang mengalami kerugian karena tidak stabil dalam memilih menjadi investor atau trader.

Anda dapat mengetahuinya dengan melihat fitur-fiturnya saat berinvestasi di aplikasi investasi bereputasi baik dari broker atau bank. Dia adalah tipe orang yang lebih suka mengambil risiko atau cenderung bermain aman dalam jangka panjang.

7. Saat harga turun, saatnya membeli

qoala.app

Beli saham saat harga turun, kenapa tidak? Banyak orang (termasuk investor yang tidak berpengalaman) berpikir bahwa ketika harga indeks saham jatuh, itu adalah waktu yang buruk untuk membeli saham. Pandangan itu mungkin benar, tetapi bisa juga salah, tergantung situasinya.

Rekomendasi:  Strategi Investasi Saham yang perlu dipahami bagi Pemula

Anda dapat membeli harga saham yang sedang jatuh karena potensi kenaikan di masa depan. Ketika itu terjadi, Anda bisa mendapatkan manfaat maksimal.

Ingat, tidak ada cara yang benar atau mutlak untuk trading saham, semuanya tergantung pada pilihan jenis investasi Anda. Anda ingin bermain aksi jangka pendek atau jangka panjang, keduanya tidak masalah bagi pemula selama mereka masih belajar.

8. Diversifikasi saham

Diversifikasi saham adalah teknik untuk mengurangi risiko kerugian dengan membeli saham di berbagai sektor, seperti perbankan, barang konsumsi dan properti.

Metode belajar bermain saham online ini bertujuan untuk mengantisipasi jika suatu saat harga salah satu saham Anda jatuh karena suatu hal, kerugian tersebut dapat ditutupi oleh saham-saham lain yang beroperasi di sektor yang berbeda.

9. Pilih saham dengan fundamental yang baik

qoala.app

Anda harus memilih saham dengan fondasi keuangan yang baik, serta memilih saham LQ45 atau IDX30. Selain itu juga melihat portofolio seperti apa, riwayat perusahaan dan kondisi keuangan yang baik atau tidak. Tujuannya agar Anda bisa mengurangi jumlah kerugian dan kemungkinan menghasilkan banyak uang di kemudian hari. Memperhatikan kondisi fundamental perusahaan adalah salah satu cara paling dasar bagi pemula untuk belajar bermain dengan tindakan.

10. Tips berinvestasi saham jangka panjang dan pendek

qoala.app

Jenis investasi tentunya akan mempengaruhi langkah atau strategi yang akan diambil investor. Semua poin ini sebenarnya memberikan gambaran tentang cara belajar bermain dengan tindakan untuk pemula. Anda kemudian dapat memilih langkah atau tip mana yang tepat untuk Anda atau tidak.

a. Cara berinvestasi di saham jangka panjang

Cara berinvestasi saham jangka panjang Anda bisa melakukannya dengan melakukan reload saham setiap bulannya sesuai budget Anda. Ketika harganya rendah, Anda bisa membelinya untuk investasi masa depan. Ini bisa menjadi pilihan untuk bermain saham dengan modal kecil.

Untuk cara bermain saham BCA, perhitungannya, harga saham BCA, misalnya, naik 14.000 persen saat pertama kali IPO (tahun 2000). Saat itu harganya hanya 500 rupiah perak, sedangkan sekarang 27 ribu rupiah. Intinya, Anda hanya perlu bersabar dan tidak perlu terburu-buru untuk menjualnya.

Sebenarnya, berapa lama sebuah investasi bisa disebut jangka panjang? Sebenarnya, tidak ada standar yang pasti untuk ini. Ada orang yang menganggap 5 tahun sebagai jangka panjang. Apalagi saat ini dunia telah memasuki era globalisasi, arus berita turut mempengaruhi sentimen yang muncul di pasar modal.

Jika Anda adalah tipe orang yang sabar, tidak ada salahnya mencoba belajar bermain dengan tindakan dalam jangka panjang.

b. Bagaimana cara trading saham harian / short term

Cara bermain saham ini cocok untuk anda yang memiliki modal lebih dan berani mengambil resiko tanpa ragu. Seorang investor jangka pendek perlu mengetahui batas bawah harga saham yang ingin dicapainya. Oleh karena itu, mengamati tren penargetan fluktuasi harga saham dan memantau informasi industri di portal berita adalah makanan sehari-hari.

Perdagangan saham hari / jangka pendek lebih tepat disebut perdagangan daripada investasi. Anda dapat membeli saham dengan harga terendah dan, dalam jangka pendek, harga saham bisa naik lebih dari 5%. Jadi Anda bisa menjualnya dengan cepat sebelum harganya turun lagi.

Ada juga investor yang menjual sahamnya ketika sudah untung 1% atau hanya 2%. Namun, keuntungan dengan persentase yang begitu kecil hanya akan terasa ketika modal yang digunakan sangat tinggi. Cara trading saham harian sebenarnya tidak cocok untuk investor tingkat pemula. Namun, jika Anda ingin mencobanya, yang penting jangan membeli perusahaan yang fundamentalnya tidak jelas. Misalnya, perusahaan yang selalu mencatat kerugian besar dalam beberapa tahun terakhir.

Rekomendasi:  Pentingnya Money Management dalam Trading Forex, Crypto, Saham

c. Reksa Dana Sebagai Alternatif Investasi Saham

Saham merupakan salah satu varian produk pasar modal yang populer. Produk pasar modal lainnya yang tidak kalah populer adalah reksa dana yang memiliki varian berupa reksa dana saham. Reksa dana saham juga bisa menjadi langkah awal Anda untuk berinvestasi, dan tentunya prosesnya lebih mudah.

Melalui reksa dana saham, uang Anda akan dikelola oleh manajer investasi yang disediakan untuk Anda. Jadi Anda tidak perlu khawatir untuk meneliti atau mengecek portofolio saham yang diinginkan. Caranya, Anda hanya perlu membeli saham lalu memantaunya dengan tetap bersabar.

Anda bisa mendapatkan produk reksa dana saham melalui fintech atau e-commerce dengan modal awal mulai dari Rp100 ribu.

d. Manfaat belajar saham dan manfaat berinvestasi saham harian atau tahunan itu sendiri

Anda harus belajar bermain dengan saham orang yang telah menghasilkan keuntungan hingga 20 persen atau lebih. Sebelum mengetahui cara belajar bermain saham untuk pemula, ada baiknya Anda mengetahui manfaat berinvestasi saham setiap hari atau setiap tahun. Lalu apa saja keuntungan bermain saham?

  1. Dapatkan dividen
    Dividen adalah istilah dasar untuk pembagian keuntungan kepada pemegang saham berdasarkan jumlah saham yang dimiliki. Distribusi ini akan mengurangi laba ditahan dan likuiditas yang tersedia bagi perusahaan, tetapi laba tersebut akan dibagikan kepada pemilik/investor. Semakin banyak Anda memiliki nilai saham perusahaan, semakin banyak dividen yang dapat Anda peroleh setiap tahun.
    Pendapatan dividen memiliki banyak kegunaan, dapat digunakan sebagai dana pensiun atau untuk membiayai investasi lain yang ingin Anda lakukan.
  2. Diversifikasi
    Diversifikasi adalah teknik untuk mengurangi risiko dengan mengalokasikan dana ke berbagai instrumen keuangan, sektor dan kategori lainnya. Investasi di bursa efek dapat berubah nilainya secara independen dari jenis investasi lain, seperti properti dan obligasi.
    Selain itu, diversifikasi saham dapat membantu Anda mengatasi kerugian dari produk investasi lainnya. Manfaat lain dari diversifikasi investasi ekuitas adalah menambah risiko pada portofolio yang dapat meningkatkan potensi pengembalian yang lebih cepat dan lebih besar.
  3. Kepemilikan Bisnis
    Dengan membeli saham, Anda juga memiliki perusahaan. Semakin banyak saham yang Anda miliki, semakin penting suara Anda dalam proses pengambilan keputusan di perusahaan.
    Memiliki saham tempat Anda bekerja juga dapat memberi Anda keuntungan tambahan. Misalnya, sebagai bukti kesetiaan Anda kepada perusahaan dan untuk mendukung kesuksesan perusahaan secara keseluruhan.
  4. Transparansi
    Pasar saham sebagai bagian dari ekonomi global memiliki sistem operasi yang transparan untuk memenuhi kebutuhan semua orang, investor atau tidak dalam hal penilaian dan penetapan harga. Transparansi juga memberikan kepercayaan kepada investor bahwa dana yang mereka investasikan tidak akan habis dengan sia-sia atau karena masalah internal di dalam perusahaan.
  5.  Memiliki kesempatan untuk berinvestasi di pasar ekuitas utama dunia
    Investasi terbaik dalam saham bersifat global dan transparan, sehingga Anda dapat berinvestasi di perusahaan publik mana pun. Anda dapat mempelajari saham dengan berinvestasi di perusahaan luar yang berencana untuk memperluas bisnis agar tidak terlalu banyak persaingan dan harga saham tetap rendah.

 

 

 

qoala.app