Review Lengkap Xiaomi Mi 10T Pro
techradar.com

Review Xiaomi Mi 10T Pro : Kembalinya Smartphone Xiaomi ke Performa Terbaik

Xiaomi Mi 10T Pro adalah ponsel yang bagus untuk harganya, dengan kamera utama yang mengambil foto bagus, prosesor yang kuat, dan baterai yang cukup tahan lama. Ini tidak sempurna – kami memiliki masalah dengan ukuran, kualitas layar, dan bagaimana bagian belakang mengumpulkan terlalu banyak sidik jari – tetapi beberapa mungkin tidak mempermasalahkan kekurangan ini sama sekali. Secara keseluruhan, ini adalah ponsel yang cukup bagus, tetapi tidak untuk semua orang.

Pro

  • Kamera utama bagus
  • Pemindai sidik jari yang tajam
  • Kekuatan pemrosesan maksimum

Contra

  • Beberapa perbedaan dengan model non-Pro
  • Terlalu besar untuk semua pengguna
  • Ada magnet sidik jari di bagian belakang

Ulasan dua menit Xiaomi Mi 10T Pro

Xiaomi Mi 10T Pro adalah model andalan dari Mi 10T, tiga ponsel baru dari perusahaan Cina, diluncurkan pada akhir tahun 2020 untuk melengkapi lini Mi 10 sejak awal tahun. Seiring dengan Xiaomi Mi 10T dan Mi 10T Lite, Mi 10T Pro berada tepat di bawah Xiaomi Mi 10 dan tepat di atas Mi 10T “standar” di jajaran ponsel perusahaan.

Ponsel ini merupakan ciri khas “Xiaomi” karena memiliki harga kelas menengah tetapi beberapa spesifikasi canggih, yaitu kamera utama beresolusi tinggi dan prosesor andalan, dengan sudut yang dipotong di area lain agar sesuai dengan harganya. Xiaomi meluncurkan banyak dari ponsel ini melalui merek yang berbeda pada tahun 2020: ada Poco F2 Pro, Black Shark 3, dan beberapa lainnya.

Ini bukan ponsel terbaru perusahaan, jauh dari itu: Xiaomi 11T Pro, dirilis pada September 2021, merupakan tindak lanjut dari Mi 10T Pro dan versi mid-range dari Mi 11, seperti 10T Pro spesifikasi Mi 10 dan membuatnya lebih mudah diakses.

Namun, masih ada alasan untuk mempertimbangkan Xiaomi Mi 10T Pro: 11T Pro memiliki daya tahan baterai yang lebih buruk, layar dengan kecepatan refresh yang lebih rendah, dan prosesor yang cenderung terlalu panas. Namun, ia memiliki kamera telemakro yang bagus untuk close-up, pengisian daya yang jauh lebih cepat, dan beberapa mode kamera lainnya.

Xiaomi Mi 10T Pro memiliki beberapa poin kuat dan juga beberapa kelemahan; seperti inilah tampilan kelas menengah Xiaomi ini, dan saran pembelian kami adalah untuk mempertimbangkan apa yang baik dan buruk tentang ponsel Anda dan tanyakan pada diri Anda untuk apa ponsel Anda, untuk melihat apakah prioritas Anda sesuai.

Pertama, seperti banyak ponsel Xiaomi, Mi 10T Pro memiliki kamera utama yang cukup mengesankan, dengan kamera 108MP yang sama seperti yang kita lihat di beberapa ponsel perusahaan lainnya. Ini jelas merupakan taktik “brute force” untuk masuk ke daftar ponsel terbaik kami, dengan resolusi yang lebih diprioritaskan daripada perangkat lunak AI gradien atau sensor berukuran piksel besar, tetapi itu menyelesaikan pekerjaan. Namun, kamera tambahan tidak menambahkan banyak.

Prosesor Snapdragon 865 yang digunakan di sini memberikan kecepatan yang cepat, berguna untuk mengedit foto beresolusi sangat tinggi yang baru saja Anda ambil atau untuk bermain game. Ini akan bekerja dengan baik dengan layar kecepatan refresh tinggi, karena 144Hz umumnya bagus untuk bermain game, meskipun beberapa game seluler masih dioptimalkan untuk itu.

Kami memiliki hal-hal baik lainnya untuk dikatakan tentang telepon. Kami menemukan sensor sidik jarinya mudah digunakan, masa pakai baterai sangat baik, dan tampaknya ada lebih sedikit aplikasi pihak ketiga yang sudah diinstal sebelumnya – yang cenderung masuk ke “bloatware” – daripada kebanyakan ponsel Xiaomi.

Namun, ini bukan hanya kesenangan dan permainan – kami memberikan perhatian khusus pada beberapa poin dari desain ponsel. Ini besar dan kami membayangkan beberapa pengguna akan menemukannya juga. Juga, bagian belakang adalah magnet sidik jari yang memiliki memori lebih baik dari sentuhan tak disengaja daripada wasit bertele-tele, dan tonjolan kamera benar-benar besar. Jadi, beberapa mungkin terganggu oleh tampilan telepon dan kami tidak akan menyalahkan Anda.

Xiaomi Mi 10T Pro vs Xiaomi Mi 10 Pro
Xiaomi Mi 10T Pro vs Xiaomi Mi 10 Pro. techradar.com

Ponsel ini juga mewakili sedikit penurunan dari seri Mi 10, terutama di departemen tampilan – tidak ada lagi layar AMOLED tepi melengkung pada ponsel tersebut, dan sebagai gantinya adalah panel LCD datar yang membosankan. Calon pembeli juga harus tahu bahwa ponsel ini memiliki banyak kesamaan dengan model non-Pro, dengan perbedaan utama perangkat ini memiliki kamera utama beresolusi lebih rendah dan sedikit lebih murah.

Namun, beberapa orang tidak peduli dengan tampilan LCD atau layar datar dan tidak peduli dengan masalah ini; Demikian juga, beberapa tidak akan tertarik dengan kamera resolusi tinggi atau kecepatan refresh 144Hz dan tidak akan menemukan alasan penting ini untuk membeli Xiaomi Mi 10T Pro. Seperti yang kami katakan, putuskan apa yang Anda cari di telepon baru dan periksa yang sesuai bagian dalam ulasan ini untuk melihat apakah Mi 10T Pro memberikan.

Rekomendasi:  Review OnePlus Nord 2T : Sang maestro HP Mid-Range

Desain Xiaomi Mi 10T Pro

Xiaomi Mi 10T Pro adalah ponsel yang cukup besar: kita berbicara tentang dimensi 165,1 x 76,4 x 9,3 mm dan berat 218 g, sehingga cukup berat dan juga besar. Dengan kaca depan dan belakang dan bingkai logam, itu cukup kokoh di tangan.

Ada pemindai sidik jari yang dipasang pada tombol daya di tepi kanan perangkat di sebelah volume rocker. Kami menemukan bahwa pemindai ini bekerja dengan baik, karena ditempatkan pada posisi yang mudah dijangkau dan mengangkat jari dengan cepat. Yang mengatakan, karena ukuran telepon, beberapa dengan tangan yang lebih kecil dari kita mungkin menemukan pemindai sidik jari agak sulit dijangkau.

Tidak ada jack headphone 3.5mm, jadi jika Anda menggunakan headphone berkabel, Anda mungkin memerlukan adaptor; satu-satunya port adalah USB-C.

Bagian belakang ponsel dulunya merupakan magnet sidik jari dan kami harus sering membersihkannya agar ponsel tidak terlihat berantakan. Benjolan kamera benar-benar besar, menonjol beberapa milimeter dari bagian belakang perangkat, jadi tidak mungkin Anda bisa meletakkan benda ini di atas meja tanpa terlalu bergoyang. Lensa kamera utama juga besar – terlihat seperti cyclop yang menatap Anda.

Desain Xiaomi Mi 10T Pro
techradar.com

Meskipun tidak memiliki layar melengkung (seperti yang akan kami jelaskan di bagian berikutnya, “Tampilan”), ponsel ini cukup nyaman untuk dipegang, berkat tepinya yang membulat.

Display Xiaomi Mi 10T Pro

Xiaomi Mi 10T Pro memiliki layar LCD berukuran 6,67 inci dengan resolusi FHD+, refresh rate 144 Hz, HDR10+ dan kecerahan maksimum 650 nits. Sekarang mari kita uraikan agar Anda tahu seperti apa tampilan layarnya.

Penggunaan teknologi LCD, bukan AMOLED, kontroversial; yang pertama biasanya digunakan pada ponsel murah dan menampilkan warna dan gambar yang kurang jelas dengan kontras yang lebih sedikit. Xiaomi membenarkan perubahan tersebut dengan menunjukkan bahwa banyak pengguna mengalami kesulitan melihat layar OLED, sehingga ponsel ini cocok untuk orang dengan penglihatan rendah yang mungkin mengesampingkan AMOLED.

Ini adalah alasan yang baik untuk menggunakan LCD, tetapi masalah dengan teknologi tampilan itu tetap bahwa warna tidak terlihat semarak seperti yang kita lihat di layar lain dan kebanyakan hal terlihat sedikit lebih redup. HDR10 + di sini berjalan sejauh ini untuk mengkompensasi masalah dan kecerahan puncak tampaknya agak rendah juga.

Kami juga memperhatikan bahwa secara default layar menggunakan skema warna yang jauh lebih hangat daripada kebanyakan perangkat lain yang kami uji. Namun, jika mau, Anda dapat mengubahnya di menu pengaturan.

Display Xiaomi Mi 10T Pro
techradar.com

Salah satu nilai jual terbesar ponsel ini mungkin adalah kecepatan refresh 144Hz; Selain beberapa ponsel gaming, Xiaomi Mi 10T Pro adalah ponsel “mainstream” pertama yang memiliki tampilan refresh rate tinggi seperti ini. Karena itu, gerakan terasa lebih halus – sebagian besar aplikasi media saat ini tidak memiliki dukungan 144Hz, jadi ini akan berguna terutama untuk media sosial dan menu, meskipun seiring waktu Anda juga akan menikmati game dan film yang lembut. .

Kecepatan refresh yang tinggi dapat memengaruhi masa pakai baterai, meskipun itu bukan masalah besar dengan Mi 10T Pro karena mode ‘atas’ sebenarnya bervariasi, sehingga akan mengubah kecepatan refresh berdasarkan apa yang Anda lakukan. Either way, Anda dapat beralih ke 90Hz atau 60Hz jika Anda mau.

Setelah menggunakan Xiaomi Mi 10T Pro, kami memiliki perasaan campur aduk tentang layar – kecepatan refresh 144Hz juga meningkatkan penggunaan media sosial dasar dan hanya akan meningkat karena lebih banyak game yang didukung. Namun, layarnya tidak terlihat sebagus Mi 10, berkat penggunaan LCD, sehingga orang yang tidak mendapatkan manfaat mata dari jenis layar ini mungkin tidak mendapatkan manfaat darinya.

Kamera Xiaomi Mi 10T Pro

Kamera utama Xiaomi Mi 10T Pro memiliki sensor 108 MP f / 1.7 yang sama dengan yang kita lihat di Mi 10 dan Mi Note 10. Jika Anda menganut keyakinan bahwa “lebih banyak megapiksel lebih baik”, maka Xiaomi adalah juara sejati . kamera untuk Anda. Foto yang diambil dengan ponsel ini cenderung bagus, meskipun pendekatan fotografi brute force hanya berjalan sejauh ini dan Samsung dan Apple umumnya berkinerja lebih baik dengan sensor resolusi yang lebih rendah.

Kamera Xiaomi Mi 10T Pro
techradar.com

Namun, kamera Xiaomi Mi 10T Pro tidak ada salahnya, terutama pada titik harga ini, dan kami mencapai hasil yang baik dengan mengambil foto dalam kondisi pencahayaan yang baik. Gambarnya tajam dengan kedalaman yang baik dan warnanya tampak cerah. Kelebihan dari sensor 108MP ini adalah Anda dapat memperbesar atau memotong foto yang telah Anda ambil dan tetap mendapatkan hasil yang tajam.

Rekomendasi:  Ulasan Lengkap Desain, Fitur Dan Spesifikasi Handphone Oppo Reno 7 Pro 5G

Namun, beralih ke pengaturan cahaya rendah membuat hasilnya sedikit kurang mengesankan, meskipun tidak buruk. Detail tidak ditangkap di area yang remang-remang dan akurasi warna semakin buruk semakin gelap subjeknya, tetapi kami melihat hasil malam hari yang jauh lebih buruk, bahkan dengan harga yang lebih tinggi.

Dua kamera belakang lainnya adalah 13MP f / 2.4 ultra lebar dan makro 5MP f / 2.4, meskipun keduanya agak situasional, jadi Anda tidak akan selalu menggunakannya. Kami menemukan bahwa sudut ultra lebar umumnya bagus untuk menangkap pemandangan yang lebih luas, tetapi makro memiliki masalah dengan rentang dinamis, seperti yang akan ditunjukkan oleh contoh kamera di bawah ini. Namun, kami telah melihat beberapa makro kakap yang sangat buruk sebelumnya, dan yang ini jelas bukan yang terburuk.

Xiaomi biasanya menyimpan lensa telefoto untuk perangkat terbaiknya, tetapi tidak ada satu pun di Mi 10T Pro; hasilnya, semua zoom menjadi digital atau dengan memotong gambar “utama” 108MP. Ini bukan masalah besar dengan zoom hingga 5x, tetapi di luar itu Anda kehilangan sedikit detail dan foto terlihat agak kasar. Ini paling terlihat ketika zoom maksimum 30x tercapai. Karena zoom adalah fitur yang sangat berguna untuk membingkai bidikan dengan baik, kami merasakan tidak adanya lensa telefoto selama pengujian kamera.

techradar.com

Sebagian besar kekuatan fotografi Xiaomi Mi 10T Pro berasal dari perangkat lunaknya, yang membantu menyesuaikan gambar dan juga menghadirkan beberapa mode tambahan. Secara keseluruhan, kami penggemar pengoptimalan AI Xiaomi karena dapat mengubah bidikan agar terlihat sedikit lebih baik, tetapi tidak secerdas Samsung, Apple, atau Huawei; misalnya, terkadang gambar yang dihasilkan mungkin tampak agak terlalu jenuh.

Ada beberapa mode kamera yang cukup menyenangkan di Xiaomi Mi 10T Pro, termasuk yang kembali seperti Vlog (yang membantu Anda merekam banyak video mini dan mengeditnya bersama-sama) dan Depan dan Belakang (sehingga Anda dapat merekam video dari depan dan belakang). kamera belakang). pada saat yang sama).

Dua yang baru di sini adalah Clone, yang memungkinkan Anda mengambil dua foto atau video dari pemandangan yang sama dan menggabungkannya (sehingga orang dapat bergerak dan muncul di gambar atau video yang dihasilkan beberapa kali) dan Sky, yang secara otomatis mendeteksi langit. pada foto dan memungkinkan Anda mengubahnya, sehingga Anda dapat menambahkan efek cuaca atau hanya mengubah hari berawan menjadi cerah.

Mode ini tidak akan merevolusi videografi atau fotografi Anda, tetapi menyenangkan untuk dimainkan.

Berbicara tentang videografi, Anda dapat merekam video hingga 4K 60fps atau 8K 30fps; ada beberapa alat seperti deteksi gerakan dan stabilisasi, tetapi hanya berfungsi pada 1080p 30fps, jadi kami mengabaikannya. Video terlihat cukup bagus; sebenarnya, kami menggunakan Mi 10T Pro untuk merekam beberapa video untuk saluran YouTube TechRadar, yang dapat Anda temukan di sini.

Kamera selfie 20MP f / 2.2 bekerja cukup baik dan menangkap cukup detail sehingga Anda dapat memotong selfie Anda tanpa terlihat resolusi rendah. Anda mungkin akan menemukan diri Anda menggunakannya terutama dengan mode Potret, yang mengaburkan latar belakang bidikan Anda dan juga sedikit mengubah warna subjek. Kami menemukan itu bekerja dengan baik untuk sebagian besar, meskipun keburaman latar belakang bokeh ini terkadang keliru menodai bagian rambut kita atau gagal memburamkan objek latar belakang di dekatnya.

Sampel kamera

Sampel kamera Xiaomi Mi 10T Pro
techradar.com
Sampel kamera Xiaomi Mi 10T Pro
techradar.com

Spesifikasi dan Performa Xiaomi Mi 10T Pro

Xiaomi Mi 10T Pro dilengkapi dengan chipset Snapdragon 865, yang dulunya merupakan chipset Android terbaik yang tersedia untuk ponsel Android 2020 hingga rilis 865 Plus pada akhir tahun, tetapi karena 865 Plus tidak menawarkan banyak peningkatan , banyak produsen tampaknya puas dengan 865. Ini tentu saja menawarkan kekuatan pemrosesan yang mengesankan ke Mi 10T Pro.

Ketika kami melakukan tes benchmark pada ponsel, itu mengembalikan skor multi-core rata-rata 3.292. Ponsel tercepat memiliki skor di atas 3.000, sehingga Xiaomi Mi 10T Pro sejajar dengan Oppo Find X2 Pro (3.295), Motorola Edge Plus (3.344), dan Samsung Galaxy S20 Ultra versi AS (3.286). , yang semuanya memiliki prosesor Snapdragon 865 yang sama.

Dengan skor tinggi ini, ponsel tidak akan mengecewakan Anda untuk aktivitas berintensitas tinggi – gameplay mulus, dengan game default ke grafis tinggi dan pengaturan frame rate tinggi bila memungkinkan, dan kami tidak pernah merasa banyak lag atau loading lambat saat bermain. . Ponsel ini juga menangani pengeditan gambar dengan mudah, bahkan saat menggunakan gambar beresolusi ultra tinggi 108MP dari kamera utama.

Rekomendasi:  Review Xiaomi Poco F3 : Memberikan Tampilan (Display) yang luar biasa
Spesifikasi dan Performa Xiaomi Mi 10T Pro
techradar.com

Ada 8GB RAM di sini, yang mungkin tampak seperti angka kecil dibandingkan dengan 12GB atau 16GB di smartphone lain, tetapi mengingat jumlah RAM tambahan yang dibuat oleh smartphone, Anda sebenarnya tidak membutuhkan lebih banyak. .

Speaker Xiaomi Mi 10 sangat bagus untuk smartphone, tetapi sepertinya Xiaomi belum membawa teknologi ini kembali ke 10T Pro – suara melalui speakernya bukan sampah, tapi juga tidak bagus. Musiknya terdistorsi ketika menyangkut volume yang lebih tinggi dan bassnya tampak agak kurang.

Perangkat lunak Xiaomi Mi 10T Pro

Biasanya ketika kami meninjau ponsel Xiaomi kami siap untuk mengkritik jumlah bloatware atau aplikasi pra-instal yang disertakan dengan telepon; namun, Mi 10T Pro tidak memiliki masalah ini sebanyak beberapa ponsel perusahaan lainnya. .

Tentu, akan ada beberapa aplikasi yang mungkin tidak Anda inginkan – WPS Office, eBay, LinkedIn, dan AliExpress adalah salah satu aplikasi yang terinstal di telepon, keempatnya benar-benar kami abaikan, tetapi daftar besar aplikasi pihak ketiga adalah hilang. aplikasi yang mengacaukan layar beranda Anda.

Perangkat lunak Xiaomi Mi 10T Pro
techradar.com

Xiaomi Mi 10T Pro hadir dengan MIUI 12, perangkat lunak terbaru Xiaomi, berbasis Android 10. Ini sebagian besar merupakan perombakan grafis, tetapi ada juga beberapa perubahan pada desain dan opsi. Misalnya, laci aplikasi tidak diaktifkan secara default, meskipun Anda dapat mengaktifkannya jika mau; Navigasi tiga tombol juga diaktifkan secara otomatis, meskipun Anda dapat beralih ke navigasi gerakan melalui opsi tersembunyi di menu.

Fitur MIUI yang paling menjengkelkan adalah yang tampaknya terinspirasi oleh iPadOS: jika Anda menggeser ke bawah dari sudut kiri atas layar, Anda mendapatkan daftar notifikasi, dan jika Anda menggesek ke bawah dari kanan atas, Anda mendapatkan pengaturan cepat. Karena sebagian besar ponsel Android mengelompokkannya ke dalam menu yang dapat Anda buka dengan menggeser ke bawah di mana saja dari bagian atas ponsel, mungkin perlu waktu lama untuk membiasakan diri jika Anda menggunakan perangkat Android lain.

MIUI menawarkan beberapa alat yang dapat berguna untuk pengguna smartphone berat, seperti Cleaner, yang menghilangkan aplikasi latar belakang yang mungkin menggunakan terlalu banyak RAM, Meningkatkan kecepatan, yang melakukan hal serupa untuk meningkatkan kinerja game, dan fungsi pemindai yang memindai aplikasi malware. . ketika Anda menginstalnya.

Fitur terakhir berguna untuk orang-orang yang peduli dengan keselamatan, tetapi peringatan “semua jelas” muncul di atas apa pun yang Anda lakukan, yang bisa sangat mengganggu.

techradar.com

Android 10 menawarkan fitur seperti mode gelap seluruh sistem, alat kesehatan digital, dan saran respons yang lebih cerdas, yang juga dapat Anda manfaatkan sepenuhnya melalui MIUI 12.

Berkat kecepatan pemrosesan dan kecepatan refresh yang tinggi, navigasi menu Xiaomi Mi 10T Pro mulus dan cepat – animasi gulir nyata MIUI juga lebih cepat daripada antarmuka pengguna khusus perusahaan lain, yang menambah perasaan kecepatan ini.

Daya tahan baterai Xiaomi Mi 10T Pro

Masa pakai baterai Xiaomi Mi 10T Pro mungkin tidak akan mengecewakan Anda: dengan baterai 5000 mAh, yang merupakan salah satu yang terbesar yang akan Anda temukan di smartphone, ponsel ini akan dengan mudah bertahan seharian.

Tidak peduli berapa banyak game, foto, video, atau musik yang kami streaming, Mi 10T Pro selalu bertahan sehari penuh dengan pengisian daya setiap malam. Perangkat juga sering datang pada hari kedua dengan jumlah daya yang layak, meskipun tidak dapat dipercaya untuk bertahan hingga akhir hari itu.

techradar.com

Masa pakai baterai yang lama ini kemungkinan disebabkan oleh beberapa fitur tampilan: LCD cenderung mengkonsumsi lebih sedikit daya daripada AMOLED dan mode kecepatan refresh “Otomatis” memastikan bahwa ponsel tidak berjalan pada 144Hz. refresh rate konsumsi daya yang berlebihan.

Kecepatan pengisiannya 33W, jadi tidak secepat Xiaomi lain atau ponsel pesaing dengan harga ini (Realme 7 Pro memiliki biaya 65W, misalnya, dan harganya jauh lebih murah), tetapi tidak semua orang akan peduli. Butuh waktu kurang dari satu jam bagi telepon untuk beralih dari kosong ke penuh, yang tetap cepat.

Namun, tidak seperti Mi 10 Pro, Mi 10T Pro tidak memiliki pengisian nirkabel, sehingga penggemar media daya bebas kabel ini mungkin harus mencari di tempat lain.

 

 

 

 

techradar.com