Review OnePlus Nord 2T : Sang maestro HP Mid-Range
techadvisor.com

Review OnePlus Nord 2T : Sang maestro HP Mid-Range

Review Singkat OnePlus Nord 2T

OnePlus Nord 2T adalah tambahan yang bagus untuk pasar smartphone di bawah £ 400, memberikan kinerja dan fungsionalitas kamera terbaik dengan harga yang jauh lebih rendah.

Sangat bagus sehingga OnePlus bahkan tidak repot-repot meluncurkan OnePlus 10 tahun ini. Garis-garisnya tampak terlalu kabur untuk menjamin pelepasan nada rendah yang terpisah – atau begitulah kelihatannya.

Sekarang OnePlus 2T ada di sini dengan sedikit peningkatan spesifikasi, dan meskipun ini adalah ponsel yang cukup baik untuk digunakan, kami tidak tahu mengapa itu ada di sana. Dengan laporan bahwa OnePlus Nord 3 masih sangat banyak beredar, posisinya dalam jangkauan yang lebih luas tampaknya agak genting.

Dengan layar AMOLED 6,43 inci 90Hz yang sama dengan Nord 2, kinerja yang hampir sama, dan kamera serta sistem baterai yang persis sama, ini adalah ulasan dan bukan model yang sama sekali baru.

Namun, itu tidak sama dengan Nord 2. OnePlus telah membawa pengisian cepat 80W OnePlus 10 Pro serta prosesor Dimensity 1300 yang lebih cepat dan lebih efisien. Tapi kita sudah berbicara tentang keuntungan marjinal di sini..

Desainnya yang ramping, perangkat lunak yang bersih, foto yang tajam, dan kinerja keseluruhan membuat banyak ponsel seharga £500 dan £600 tampak sangat mahal.

techadvisor.com

Secara keseluruhan, OnePlus Nord 2T membuat kita dalam keadaan kontradiksi. Meskipun tidak diragukan lagi ini adalah smartphone kelas menengah yang hebat, tidak dapat dipungkiri bahwa ini adalah peningkatan bertahap yang terbaik. Dalam kasus terburuk, itu dapat dianggap tidak perlu.

Desain OnePlus Nord 2T

Wajar untuk mengatakan bahwa kami gagal merancang OnePlus Nord 2 yang kami tulis per buku, dan OnePlus Nord 2T hampir tidak berusaha mengubah persepsi itu.

Sekali lagi, ini terlihat cukup bagus untuk dibawa-bawa, dengan Gorilla Glass di permukaan depan dan belakang dan bezel plastik dengan efek metalik. Tapi bahasa desainnya sendiri sangat membosankan. Nuansa baru Jade Fog (yang kami uji) dan Gray Shadow (kebanyakan hitam) juga terlihat agak redup.

Perbedaan utama di sini tampaknya berasal dari modul kamera yang dimodifikasi, yang agak kekar, yang meningkatkan ukuran bezel sensor melingkar menjadi sesuatu yang lebih menarik. Kami mengatakan “menarik”, tetapi efek dari sensor ultra-lebar yang didorong ke atas membuat ponsel ini tampak sedikit ‘juling’.

techadvisor.com

Ukurannya kira-kira sama dengan OnePlus Nord 2, memberikan atau menerima pecahan tunggal milimeter, dengan dimensi 159,1 x 73,2 x 8,2mm. Beratnya hanya satu gram pada 190 gram.

Tentu saja, semua ini berarti Nord 2T terasa relatif ringkas di saku Anda. Dikombinasikan dengan lekukan punggung yang familiar, sangat pas di tangan, meskipun model Kabut Giok kami tampaknya cenderung memperlihatkan semua noda dari jari Anda yang berkeringat.

Rekomendasi:  Review Xiaomi 11T Pro : Smartphone Mid-range yang layak

Display OnePlus Nord 2T

OnePlus Nord 2T menampilkan layar AMOLED 6,43 inci yang akan dikenal oleh semua pemilik Nord 2. OnePlus telah mengkonfirmasi itu sama dengan Nord 2, dengan sedikit tambahan sensor cahaya ambient ganda.

Yang terakhir membantu OnePlus untuk menyesuaikan kecerahan layar dengan lebih baik sesuai dengan lingkungan Anda. Ini bukan jenis hal yang akan Anda perhatikan, tapi tetap saja ini adalah perubahan yang disambut baik.

Seperti sebelumnya, ini adalah layar 1080 x 2400 yang proporsional dan cukup tajam, dengan kecepatan refresh biasa tetapi nyaris tidak mendominasi kelasnya.

Warna akurat, sementara kecerahan puncak dapat digunakan daripada mengesankan.

techadvisor.com

Dikombinasikan dengan faktor bentuk datar dan sensor sidik jari dalam layar yang cepat dan andal, ini adalah layar yang cukup menyenangkan untuk digunakan dan melihat konten multimedia.

Secara keseluruhan, ini sangat mirip dengan Realme 9 Pro Plus, tetapi sedikit kurang dari raksasa 6,67 inci 120Hz dari Redmi Note 11 Pro Plus 5G.

Kamera OnePlus Nord 2T

Dengan risiko terulang kembali, OnePlus Nord 2T memiliki perangkat keras kamera belakang yang persis sama dengan OnePlus Nord 2.

Itu berarti sensor sudut lebar Sony IMX766 50MP dengan OIS, sensor sudut lebar 8MP 120°, dan sensor mono 2MP. Anda juga mendapatkan kamera selfie 32MP yang sama.

Sekali lagi, ini tentang sensor utama itu. Sony IMX766 adalah sensor besar 1 / 1,56 inci, yang jauh lebih besar dari yang biasa kita lihat pada harga ini, selain dari Nord 2 dan Realme 9 Pro Plus.

Hasilnya sangat mengesankan di sini seperti pada kedua ponsel ini, dengan banyak detail. Asisten AI opsional menyuntikkan warna, yang merupakan favorit beberapa orang, tetapi kami umumnya lebih menyukai hasil alami yang kami ambil dengan bidikan yang tidak didukung.

techadvisor.com

Memotret subjek menciptakan kedalaman bidang alami yang menyenangkan dan tepi tajam, dengan warna kulit alami yang indah.

OnePlus mengatakan peningkatan nyata di sini didasarkan pada AI, dan kualitas bidikan mode malam khususnya telah mengambil satu langkah lebih jauh. Kami tidak memiliki Nord 2 untuk dibandingkan, tetapi kami tentu saja senang dengan bidikan yang tajam dan terang yang kami dapatkan. Itu bukan standar yang terkemuka, tetapi kualitasnya lebih dekat dengan ponsel kelas atas daripada ponsel yang lebih murah.

Tidak mengherankan, kamera sudut ultra lebar 8MP tidak memenuhi sensor utama yang fantastis ini. Detail khususnya memudar, terutama saat cahaya mulai memudar dan nada umumnya tidak bersemangat. Ini dapat digunakan, tetapi sebagian besar waktu Anda ingin tetap menggunakan 1x itu.

Pemotretan zoom 2x secara mengejutkan dapat digunakan karena tidak ada zoom khusus. Anda dapat berterima kasih lagi pada sensor utama yang besar, tajam, dan berpiksel tersebut.

Rekomendasi:  Review Xiaomi Mi Note 10 : Smarphone yang Begitu dekat dengan Kesempurnaan

Perekaman video juga telah ditingkatkan dengan AI push OnePlus, dengan mode AI Highlight yang berhasil membantu menghadirkan pemandangan dengan cahaya latar, membuat subjek menjadi terang benderang. Ada juga dukungan untuk video gerakan lambat 960 fps.

Bidikan selfie umumnya memiliki standar yang layak (ini adalah kamera selfie yang sama dengan OnePlus 10 Pro) dan cukup baik dalam menahan cahaya terang pada hari yang sangat cerah. Namun, beberapa artefak aneh terlihat di beberapa bidikan.

Sampel kamera OnePlus Nord 2T

techadvisor.com
techadvisor.com
techadvisor.com
techadvisor.com

Kinerja dan spesifikasi OnePlus Nord 2T

Mungkin perbedaan besar pertama antara OnePlus Nord 2 yang telah kita bahas sejauh ini adalah peralihan dari chip Dimensity 1200 ke Dimensity 1300.

Namun, ketika Anda benar-benar sampai di sana, itu bukan peningkatan yang besar. Ya, proses manufaktur yang digunakan lebih kecil 6 nm (dibandingkan 7 nm) yang berarti Nord 2T berjalan sedikit lebih dingin dan lebih efisien.

Namun, perbedaannya tampaknya tidak signifikan dalam hal kinerja. Faktanya, skor rata-rata Geekbench 5 dari 576 single-core dan 2757 multi-core kira-kira sama.

Ada peningkatan yang lebih nyata dalam taruhan GPU, dengan skor benchmark 3DMark Wild Life sebesar 4.623 (27,70 fps) mewakili peningkatan sekitar 10% dari North 2. Tapi kita tidak berbicara banyak di sini siang dan malam.

Faktanya, keuntungan utama dalam kinerja praktis dapat berasal dari pengurangan 14% dalam waktu pengunduhan dan pemasangan.

techadvisor.com

Tentu saja, Nord 2 menonjol karena kinerjanya di atas harga (Poco F3 ultra-cepat adalah hal yang aneh pada saat itu), jadi itu tidak selalu menjadi keluhan. Mampu menjalankan efek Genshin yang dihukum dengan buruk pada pengaturan grafis tinggi / 60fps tanpa memperlambat semuanya hingga kecepatan bingkai satu digit sangat mengesankan di sini.

Ini pasti mengalahkan Realme 9 Pro Plus dan merupakan hal yang paling dekat dengan Nord 2T / Nord 2 dalam hal paket keseluruhan.

Semua ini didukung oleh bundel besar RAM 8 atau 12GB, yang merupakan jenis opsi yang Anda harapkan akan ditemukan di tingkat utama.

Spesifikasi OnePlus Nord 2T

  • Android 12 with Oxygen OS 12.1
  • 6.43in Full HD+ (1080×2400) Fluid AMOLED, 20:9, 90Hz, HDR10+
  • MediaTek Dimensity 1300 chipset
  • 8/12GB RAM (DDR4)
  • 128/256GB internal storage (UFS 3.1)
  • 50Mp, f/1.9 main camera, PDAF, OIS
  • 8Mp, f/2.3 ultrawide
  • 2Mp, f/2.4 mono
  • 32Mp, f/2.5 selfie camera
  • Fingerprint scanner (in-screen)
  • Wi-Fi 6
  • Bluetooth 5.2
  • GPS
  • NFC
  • 5G
  • Dual-nano SIM
  • USB-C
  • 4500mAh non-removable battery
  • 65W wired charging
  • 159.1 x 73.2 x 8.2mm
  • 190g

Software OnePlus Nord 2T

OnePlus menggabungkan Nord 2T dengan Oxygen OS 12.1 UI khusus, yang berada di atas Android 12. Ini menjanjikan dua pembaruan Android utama dan tiga tahun pembaruan keamanan.

Rekomendasi:  Review Xiaomi Poco X3 NFC : Spesifikasi yang Mengesankan

Oxygen OS telah kehilangan sebagian kecemerlangannya dalam setahun terakhir ini, berkat integrasinya dengan Oppo ColorOS. Ini memiliki dasar yang sama, meskipun menu OnePlus masih sedikit lebih enak.

Techadvisor.com

Anda mendapatkan opsi font OnePlus Sans (walaupun kami lebih suka Roboto Google) dan grafis serta latar belakang yang bergaya dan selalu aktif. Kalau tidak, menu dan sasis pasti Oppo.

Satu “perbaikan” yang tidak begitu kami sukai adalah Rak OnePlus. Gesek ke bawah dari sudut kanan atas dan menu konteks akan muncul, yang memungkinkan Anda mengakses widget cuaca, trek langkah, catatan instan, widget Spotify, dan banyak lagi aplikasi.

Rasanya agak kikuk dan tidak perlu, dan kami terus-menerus menolaknya ketika yang kami inginkan hanyalah menu notifikasi. Untungnya, rak ini mudah dimatikan di menu pengaturan.

Daya tahanBaterai OnePlus Nord 2T

Seperti halnya OnePlus Nord 2, belum lagi pesaing utama seperti Realme 9 Pro Plus dan Redmi Note 11 Pro Plus, OnePlus Nord 2T menawarkan baterai 4500mAh.

techadvisor.com

Ini tidak cukup mencapai kapasitas 5.000mAh yang tampaknya menjadi tujuan ponsel yang sangat murah dan sangat mahal, tetapi keseimbangan komponen di sini tampaknya tidak memerlukan sel seperti itu.

Dalam praktiknya, kami secara rutin dapat melewati hari yang panjang dengan penggunaan sedang dengan sekitar 40% tersisa di tangki. Pada hari sibuk lainnya, yang mencakup 4 jam 15 menit waktu layar dan dua game Apex Legends Mobile yang menuntut, kami hanya memiliki kurang dari 30% yang tersisa.

Ini sama sekali bukan kinerja baterai yang hebat, tetapi ini sangat dapat diterima dan tampaknya merupakan sedikit peningkatan dibandingkan OnePlus Nord 2, meskipun dengan pengulas, skenario penggunaan, dan lingkungan jaringan yang berbeda, tidak mungkin untuk 100% yakin.

Salah satu aspek unggulan yang tidak diragukan lagi adalah penghematan transportasi. OnePlus dikemas dalam pengisi daya 80W yang persis sama dengan unggulan OnePlus 10 Pro, yang sangat mengesankan. Ini berguna untuk mendapatkan 1 hingga 67% hanya dalam 15 menit, yang dapat mencegah Anda mengisi daya ponsel dalam semalam.

Hanya Redmi Note 11 Pro Plus, dengan pengisi daya 120W-nya, yang benar-benar dapat mengalahkan harga ini.

Tentu saja, pengisian daya 65W OnePlus Nord 2 lambat, dan juga dapat mengisi Anda dalam waktu kurang dari 30 menit. Kami tampaknya telah mencapai titik pengembalian yang semakin berkurang dengan hal-hal ini.

Selain itu, meskipun OnePlus Nord 2T mendekati pengalaman ponsel unggulan dalam banyak hal, ia tidak memiliki pengisian daya nirkabel.

 

 

 

Techradar.com