hongkiat.com

Catat nih !Bagaimana menghindari Penipuan NFT

Ah ya, NFT atau token yang tidak dapat dipertukarkan. Anda pasti pernah mendengarnya sebelumnya. Bagaimanapun, semua orang telah membicarakannya di Internet. Tapi apa sebenarnya NFT itu?

Sederhananya, NFT adalah aset digital yang dapat Anda miliki dan perdagangkan dengan uang sungguhan. Beberapa orang bahkan melihatnya sebagai investasi dan nilainya akan tergantung pada kelangkaan dan kegunaannya.

NFT dengan cepat menjadi industri multi-miliar dolar, dan gelombang besar pendatang baru dan investor, serta oportunis dan scammers, tidak mengejutkan.

Untuk menghindari menjadi korban tindakan licik tersebut, Anda harus selalu waspada dan berasumsi bahwa setiap proyek NFT bisa menjadi scam.

6 hal yang harus diwaspadai sebelum membeli NFT!

Jika Anda mempertimbangkan untuk berinvestasi, ada beberapa tanda bahaya yang harus diperhatikan. Untuk melindungi diri Anda dan uang Anda dari jenis penipuan ini, Anda perlu menggali lebih dalam dan meneliti setiap detail tentang pengembang dan proyek mereka.

1. Tim anonymous yang tidak dikenal

Anda harus meneliti seluruh tim dan memvalidasi kredibilitas mereka. Tim yang tidak dikenal lebih mungkin memberikan keunggulan bagi komunitas Anda dan melarikan diri dengan semua keuntungan dan investasi.

Anda juga harus memeriksa apakah pengembang aktif di media sosial dan melihat apakah mereka memiliki komunitas yang dinamis dan aktif yang mendukung mereka.

Proyek juga dapat memiliki pengikut palsu. Mereka dapat dengan mudah mencapai ini dengan menggunakan bot atau mempekerjakan orang untuk memposting ulasan palsu di akun palsu. Dan mereka pun tidak perlu jauh-jauh mencari karena banyak orang yang akan bersedia membantu jika ada uang yang terlibat. Jadi jadilah bijak dan ambil hal-hal dengan sebutir garam.

Jika sebuah tim adalah self-Doxx, yaitu mengungkapkan identitasnya kepada publik, maka merupakan keuntungan bagi mereka untuk berani, karena jika proyek gagal, orang sudah tahu siapa mereka. Ini juga merupakan pencegah penipuan karpet. Jika Anda melihat yang seperti ini, mungkin ini adalah proyek yang bagus untuk dicoba.

2. Pengembalian investasi yang sangat baik

Beberapa proyek menjanjikan pengembalian yang besar bagi investor. Dan banyak yang akan diyakinkan bahwa mereka dapat memperoleh jumlah uang yang layak bahkan tanpa mempertimbangkan risikonya. Seringkali ROI (pengembalian investasi) yang dijanjikan akan sangat tinggi, tetapi orang-orang akan tetap mengantre untuk berinvestasi meskipun ada bendera merah yang jelas.

Grafik dan statistik ROI untuk investor Anda yang tidak ada juga dapat dimanipulasi dengan memompa dan membuang; Skema ini mengacu pada proses pembelian NFT untuk meningkatkan harga dan permintaan. Dan melihat pengembalian seperti itu membuat sulit untuk menolak investor yang tidak menaruh curiga.

Rekomendasi:  5+ Kesalahan Investasi Saham yang Dilakukan Pemula di Tahun 2022

Jadi, jika itu terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, kemungkinan besar itu adalah penipuan.

3. NFT tanpa penggunaan nyata

Apakah proyek NFT bermanfaat? Apa yang dibutuhkan? Apakah itu memecahkan masalah? Jika NFT memiliki tujuan penting untuk perusahaan Anda atau bahkan jika itu hanya bagian dari permainan populer, maka itu bisa menjadi investasi yang baik karena akan selalu ada permintaan untuk itu.

Sebagian besar NFT saat ini diproduksi dengan kelangkaan pura-pura tanpa nilai nyata, tetapi masih menarik perhatian investor yang berharap untuk menginvestasikannya dan menghasilkan keuntungan. Ini mungkin mempertahankan nilai dan popularitasnya hari ini, tetapi itu tidak akan menjadi investasi jangka panjang yang baik.

Beberapa NFT yang meroket hanya didorong oleh hype dan FOMO (takut tersesat). Tetapi ketika semuanya stabil dan NFT menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari, NFT yang tidak berguna akan kehilangan nilainya.

4. Tidak ada tujuan jangka panjang yang jelas

Saat berinvestasi dalam sebuah proyek, Anda ingin proyek tersebut memiliki visi yang jelas dan tujuan jangka panjang untuk mempertahankan nilainya di masa depan. Jika pengembang tidak transparan dengan rencana dan kemajuan mereka saat ini, ini adalah tanda bahaya untuk Anda.

5. Harga yang sangat tinggi

Beberapa proyek NFT akan melakukan pra-penjualan token dan NFT mereka dengan harga yang tidak masuk akal di awal peluncurannya. Ini harus dianggap sebagai pertanda buruk, terutama jika pengembang di balik proyek itu tidak diketahui. Mereka sering melakukan ini untuk mendapatkan hasil maksimal dari komunitas mereka.

Namun, jika tim di balik proyek itu terkenal atau merek besar mengumumkan kedatangannya di ruang NFT, maka harga tinggi untuk proyek NFT mereka dapat dengan mudah dibenarkan. Bagaimanapun, nilai produk Anda akan tetap tergantung pada permintaan pasar.

6. Toko NFT Palsu

Scammers membuat situs web palsu untuk toko NFT populer seperti OpenSea dan Rarible, mereplikasi antarmuka situs web dan bahkan NFT yang mereka jual.

Sangat mudah untuk jatuh ke dalam trik seperti itu, jadi selalu periksa URL situs web Anda karena perbedaannya bisa berupa satu huruf dan Anda akan berakhir di situs web yang sama sekali berbeda yang dirancang untuk mencuri informasi dan uang Anda.

Ada juga toko NFT palsu yang menjual NFT yang bahkan tidak ada, dan banyak orang yang menjadi korbannya, mengira mereka mendapatkan penawaran yang murah. Jadi pastikan untuk memeriksa URL dan tautan yang dibagikan secara online dan lihat apakah itu sah atau dirusak.

Rekomendasi:  5+ Aplikasi Trading Saham Online Terpercaya Terbaik untuk Pemula 2022

Beberapa penipuan NFT baru-baru ini yang harus Anda ketahui

Penipuan NFT bisa datang dari orang yang Anda kenal dan sukai. Oleh karena itu, tidak ada yang tak terhindarkan di ruang Defi dan siapa pun dapat berusaha kapan saja, jadi selalu berpikir dua kali sebelum berinvestasi.

Berikut adalah beberapa contoh penipuan NFT terbaru yang dapat kita pelajari.

CryptoSis

NFT
hongkiat.com

Lana Rhoades, seorang aktris porno yang meluncurkan proyek NFT bernama CryptoSis, adalah contoh penipuan NFT. Fasad mereka tetap berdiri selama beberapa waktu sebelum terungkap bahwa mereka telah meninggalkan proyek dan telah kehabisan dana sekitar $ 1,8 juta.

Lana Rhoades membantah proyek itu scam dan bahkan men-tweet bahwa dana tersebut masuk ke pengembangnya sebelum menghapus akun Twitter-nya.

Frosties

NFT
hongkiat.com

Penarikan karpet dari pengembang Frosties ini adalah penarikan karpet pertama yang tercatat tahun ini, 2022. Pada 10 Januari, malam sebelum penarikan karpet, investor terkejut melihat saluran perselisihan dan akun Twitter Frosties tiba-tiba menghilang.

Ternyata pencipta Frosties telah menarik lebih dari $ 1 juta dana, hanya menyisakan token ETH senilai $ 4000. Dan kumpulan 8.888 harga NFT turun hampir ke nol dalam semalam.

Beberapa investor berbagi pemikiran mereka setelah perubahan karpet. Mereka terperangah dan, anehnya, merasa tercerahkan pada saat yang sama. Mereka menyadari bahwa semua orang sudah muak dengan hiruk pikuk masyarakat tanpa mempertimbangkan risikonya.

Satu orang bahkan menyarankan untuk mempertimbangkan kembali keputusan Anda sebelum berinvestasi, meskipun proyek yang Anda pertimbangkan memiliki lebih dari 10.000 orang yang mengikuti dan mempromosikannya.

Jacked Ape Club

NFT
hongkiat.com

Pernahkah Anda mendengar koleksi NFT Bored Ape Yacht Club yang terkenal? Ini adalah salah satu proyek NFT paling penting yang pernah ada dan menyebabkan terciptanya Jacked Ape Club. Ini adalah konsep yang sama, kecuali bahwa semua monyet telah dibiakkan dan dipoles.

Proyek ini berjanji untuk merilis lebih dari 8.888 NFT dalam game, tetapi setelah menjual 3.200 NFT, pengembang membuang sisa stok, memberi tahu semua orang bahwa stok sudah habis. Kemudian ditemukan bahwa total dana hampir $ 1,5 juta masuk ke 13 dompet kripto yang berbeda.

Balloonsville

hongkiat.com

Pada 6 Februari 2022, pengembang di balik Balloonsville men-tweet betapa mudahnya membodohi orang agar menggigit mereka hanya dengan mempekerjakan aktor berbayar untuk proyek mereka.

Rekomendasi:  Memperoleh Dividen Saham: Panduan dari Ahli untuk Anda

Mereka juga mengungkapkan bahwa mereka adalah tim yang sama yang sebulan sebelumnya mengambil karpet $ 30.000 dari proyek NFT yang disebut Doodled Dragons. Dan kali ini mereka melarikan diri dari Balloonsville dengan total $590.000 tunai.

Surf Shark Society

hongkiat.com

Surf Shark Society adalah NFT yang berbasis di Filipina yang telah dibuat marah oleh pengembang blockchain-nya. Pada 3 Maret 2022, pukul 11 malam, tersiar kabar di media sosial bahwa situs webnya telah ditangguhkan, saluran perselisihannya telah dihapus, dan tidak ada pembaruan di halaman Facebook-nya. Jumlah total yang dicuri diperkirakan sekitar $225.968,28.

Selanjutnya, timnya mengeluarkan pesan yang mengatakan bahwa mereka akan melanjutkan proyek dan mengerjakan apa yang tersisa, serta investasi lebih lanjut. Dan mereka juga mencari pengembang baru untuk melanjutkan pekerjaan.

Saya tidak tahu tentang Anda, tetapi saya sangat ragu mereka akan pulih dari ini bahkan jika mereka melanjutkan, terutama dari proyek NFT yang pernah dilakukan. Tapi siapa tahu, mungkin mereka akan melakukannya.

Misalkan Anda bertanya-tanya mengapa orang-orang ini tidak bertanggung jawab atas kerugian tersebut. Yah, itu hanya karena belum ada aturan keras dan cepat di ruang Defi (keuangan terdesentralisasi). Dan orang-orang di internet dapat dengan mudah tetap anonim. Inilah sebabnya mengapa orang-orang yang menjalankan jenis penipuan ini dapat lolos dengan cukup cepat. Dan ini adalah salah satu kelemahan dari teknologi blockchain kami saat ini yang perlu ditangani.

Kesimpulan

Bagi sebagian orang, kecelakaan dan air mata ini merupakan pukulan bagi kenyataan dan penyesalan, tetapi bagi sebagian orang itu adalah pelajaran seumur hidup. Pasar NFT sangat fluktuatif, belum lagi penipuan NFT yang merajalela.

scammers ini akan mengambil setiap kesempatan yang mungkin untuk mendapatkan tangan mereka di saku semua orang, jadi kita harus tetap waspada dan meningkatkan kesadaran untuk mencegah skema tersebut. Dan kami tidak dapat cukup menekankan bahwa penelitian dan analisis menyeluruh diperlukan sebelum mengambil risiko tersebut.

 

 

 

hongkiat.com