Saham dengan prospek bagus yang berharga murah dan cara menghitungnya
cdn.statically.io

Saham dengan prospek bagus yang berharga murah dan cara menghitungnya

Saham adalah salah satu alat investasi yang paling populer. Saat ini, individu dan perusahaan dapat mulai berinvestasi dengan modal minimal dengan membeli saham murah. Tapi bagaimana saham bisa murah dan bagaimana cara menghitungnya?

Penentuan saham merupakan langkah awal dalam berinvestasi saham yang akan menghasilkan keuntungan atau kerugian. Oleh karena itu, Anda perlu berhati-hati dalam mengambil keputusan. Sebelum membeli atau menjual saham, alangkah baiknya untuk mengetahui bagaimana menentukan apakah saham suatu perusahaan murah atau mahal.

Berikut ini adalah uraian artikel kami tentang saham murah yang bisa Anda jadikan referensi untuk mulai berinvestasi saham.

Cara menghitung Saham murah atau mahal

selera.id

Siapa bilang pemula tidak bisa menghitung harga saham untuk menentukan saham mana yang murah dan mana yang mahal? Meskipun berinvestasi merupakan tantangan bagi pelaku, bukan berarti tidak ada peluang kembali bagi pemula.

Anda bisa menghitung saham murah atau mahal, meski menggunakan cara yang relatif sederhana yaitu dengan melihat P/E dan PBV dari saham yang ingin Anda withdraw.

1. Price-to-Earning Ratio (PER)

PER adalah singkatan dari Price to Earning Ratio, yang artinya adalah rasio yang menggambarkan harga saham suatu perusahaan versus keuntungan (profit) yang dihasilkan perusahaan (earning per share atau laba bersih per saham).

Untuk menghitung PER, bandingkan PER di sektor yang sama. Dimana jika PER berada di bawah rata-rata industri perusahaan maka harga perusahaan tersebut dianggap lebih murah atau sahamnya murah.

Semakin rendah atau semakin rendah PER, semakin rendah harga sahamnya. Laporan kecil ini menunjukkan bahwa harga saham berpotensi naik di masa mendatang.

Rumus untuk menghitung PER adalah harga saham dibagi dengan earning per share (EPS). Sedangkan untuk menghitung EPS atau earning per share adalah laba bersih dibagi jumlah saham.

Singkatnya, berikut adalah rumus perhitungannya:

PER = harga saham: EPSEPS = laba bersih: jumlah saham

2. Harga pada nilai buku (PBV)

PBV atau Price to Book Value adalah perbandingan antara harga saham dengan nilai buku perusahaan, dimana PBV yang rendah menjadi pertimbangan untuk membeli saham yang murah. Oleh karena itu, sebagai investor, Anda dapat membeli saham murah yang memiliki rasio PBV rendah dibandingkan dengan rata-rata PBV di industri yang sama.

Rumus untuk menghitung harga nilai buku adalah harga saham: nilai buku per saham.

Cara mencari saham murah dengan prospek bagus

www.loganime.com

Ada banyak cara untuk mencari peluang keuntungan di pasar modal dan berinvestasi di saham adalah salah satunya. Anda mungkin sudah sering mendengar istilah murah bukan berarti murahan. Hal ini juga berlaku di pasar saham ketika Anda mencari saham dan kemudian menjualnya kembali pada saat yang menguntungkan.

Meskipun dimulai dengan nilai nominal yang kecil, saham masih memiliki potensi untuk memberikan uang tunai. Caranya adalah dengan membeli saham yang terjangkau namun dengan prospek yang bagus.

Jika tujuan Anda mencari cara mendapatkan saham murah dengan prospek bagus di tahun 2021 atau seterusnya, beberapa tips berikut ini patut untuk dicoba.

  • Carilah saham yang dijual dengan harga terjangkau.
  • Periksa valuasi harga saham perusahaan yang diukur dengan P/E.
  • Waspadai saham likuid dengan volume perdagangan tinggi.
  • Pelajari tentang fundamental pasar saham dan valuasi teknis.
  • Jangan mudah terombang-ambing oleh rumor pasar untuk membeli atau menjual saham tertentu.
  • Miliki pola pikir investor dengan fokus pada pendapatan jangka panjang agar konsisten.
  • Kelola keuangan Anda dengan baik dengan memasukkan dana Anda ke berbagai sarana investasi.
  • Disiplin dalam perencanaan investasi.

Kriteria tindakan berbiaya rendah di IDXV30

Mau dapat saham murah tapi bisa menghasilkan uang? Saat Anda mulai melihat saham, pastikan Anda juga mengetahui apa saja kriteria saham murah, khususnya di IDXV30.

Rekomendasi:  Mengenal Lebih Dalam Tentang Investasi Saham

Kenyataannya, Anda tidak melihat saham murah dengan harga nominal, melainkan saham yang memiliki harga valuasi rendah. Penilaian saham merupakan evaluasi atas harga wajar saham tersebut. Beberapa kriteria saham murah di IDX30 adalah sebagai berikut:

  • Posting laba bersih dan ekuitas positif.
  • Ini tidak memiliki PER atau rasio harga terhadap pendapatan dan PBV atau nilai harga terhadap buku dengan outlier.

Satu hal yang harus diketahui oleh calon investor saham adalah tidak mudah menjadi konstituen IDXV30. Proses pendaftaran tersebut tentunya tidak sembarangan karena Bursa Efek Indonesia (BEI) melakukan seleksi dan evaluasi secara berkala dengan menggunakan perhitungan tertentu.

Rekomendasi Saham murah teratas

Ada beberapa saham emiten yang termasuk dalam kelompok saham dengan valuasi rendah namun memiliki likuiditas transaksi yang baik dan kinerja laba yang baik. Emiten tersebut masuk dalam indeks IDX Value 30 (IDXV30) yang berlaku mulai 4 Agustus 2021 hingga 2 Februari 2022. Keputusan itu diambil setelah otoritas bursa melakukan valuasi besar-besaran pada Juli 2021.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan saham murah namun bisa memberikan keuntungan di kemudian hari, ada beberapa tips saham murah dengan fundamental yang baik, antara lain sebagai berikut:

1. PT Adaro Energy Tbk

PT Adaro Energy Tbk adalah emiten yang tercatat di BEI dengan kode saham ADRO. PER emiten ini adalah 12,14 x dan PBV adalah 1,00 x. Namun, Anda tidak boleh membatasi diri untuk membeli saham meskipun saham perusahaan ini termasuk dalam daftar saran terbaik untuk saham murah. Anda perlu mencari tahu lebih banyak tentang seperti apa perusahaan itu dan apakah itu benar-benar dapat menghasilkan keuntungan bagi para investornya.

PT Adaro Energy Tbk adalah perusahaan pertambangan batubara terintegrasi di Indonesia yang telah beroperasi sejak Juli 2005. ADRO dan anak perusahaannya bergerak di berbagai industri yang berkaitan dengan batubara baru, termasuk pertambangan, perdagangan, jasa kontraktor pertambangan, logistik dan infrastruktur. Selain itu, perusahaan ini juga melakukan kegiatan pembangkitan tenaga listrik.

2. PT AKR Corporindo Tbk

Rekomendasi aksi ekonomi untuk pemula yang juga masuk dalam IDXV30 selanjutnya adalah PT AKR Corporindo Tbk. Dengan data PER 15,81x dan PBV 1,56x yang tersedia, Anda tidak perlu lagi khawatir menghitung keduanya. Setelah Anda yakin bahwa penerbit kode AKRA ini bisa menjadi pilihan yang tepat dan menguntungkan, Anda bisa langsung membeli sahamnya.

PT AKR Corporindo Tbk merupakan perusahaan yang berdiri sejak tahun 1978 tepatnya pada bulan Juli. Perusahaan ini didedikasikan untuk distribusi produk minyak bumi dan distribusi komersial bahan kimia seperti soda api dan resin PVC.

3. PT Astra Internasional Tbk

Jika Anda masih bingung menentukan emiten mana yang tepat untuk mendapatkan saham murah, mengapa tidak mempertimbangkan PT Astra International Tbk? Perusahaan ini mengirimkan dengan kode saham ASII dengan PER 1,70x dan PBV 1,16x.

PT Astra International Tbk merupakan perusahaan perdagangan yang sudah berdiri sejak lama. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1957 dan kini memiliki enam lini bisnis antara lain alat berat, jasa keuangan, pertamanan dan energi, teknologi informasi, agribisnis, infrastruktur, dan logistik. Selain itu, ASII juga memiliki anak perusahaan yang bergerak di berbagai industri, seperti sepeda motor dan suku cadang, penjualan dan penyewaan alat berat, perakitan dan distribusi mobil, dan masih banyak lagi.

4. PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk

Siapa yang tidak kenal dengan BTN atau PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, bank yang kantornya mudah ditemukan di berbagai lokasi di Indonesia. Perusahaan ini juga merupakan emiten saham yang bisa Anda pilih jika ingin mendapatkan saham murah di BEI dengan kode saham BBTN. PER perusahaan ini adalah 9,16x dan PBV adalah 0,83x.

Rekomendasi:  Strategi Investasi Saham yang perlu dipahami bagi Pemula

Dilihat dari namanya saja, bisa dikatakan bahwa Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini merupakan perusahaan yang bergerak di bidang komersial perbankan. Pada tahun 2005, bank ini mulai beroperasi dengan prinsip syariah dengan cabang syariah pertama yang berlokasi di Harmoni, Jakarta.

5. PT Bekasi Fajar Industrial Estate Tbk

Daftar saham murah terbaik berikutnya adalah PT Bekasi Fajar Industrial Estate Tbk yang merupakan emiten dengan kode saham BEST. Jika P/E dan PBV menjadi pertimbangan Anda dalam memilih saham yang akan dibeli, maka perlu diketahui bahwa P/E perusahaan ini adalah -8,56x dan PBV 0,30x.

Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang industri dan properti, PT Bekasi Fajar Industrial Estate Tbk telah berdiri sejak tahun 1989. Perusahaan ini menyediakan fasilitas dan layanan infrastruktur pendukung.

6. PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk

Memang benar jika Anda merasa nama perusahaan ini sudah tidak asing lagi bagi Anda. Memang, saat ini kantor PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk dapat kita jumpai tersebar di seluruh pelosok Indonesia. Jika Anda tertarik untuk menjadi salah satu investor yang bisa mendapatkan return dari bank ini, Anda bisa membeli saham di BEI dengan kode BJBR.

PER dan PBV bank daerah ini berada pada posisi PER 7,68x dan PBV 1,15x. PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk telah beroperasi sejak tahun 1961, awalnya dimiliki oleh Belanda dan sekarang dijual kepada Pemerintah Daerah Tingkat I Jawa Barat. Bergerak di bidang bisnis dan perbankan, perusahaan ini tidak pernah berhenti berinovasi untuk memberikan layanan terbaik. untuk pelanggan.

Seperti banyak bank lain di Indonesia, BJBR juga mengoperasikan sistem perbankan ganda. Artinya bank ini tidak hanya menggunakan sistem perbankan konvensional, tetapi juga sistem syariah.

7. Bank PT Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk

Mungkin belum banyak yang tahu bahwa PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk bisa memberikan dana, namun tidak dari rekening tabungan yang Anda miliki di bank. Sebagai orang yang tertarik untuk berinvestasi saham, perusahaan kode saham BJTM ini mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat jika Anda ingin mendapatkan saham dengan harga murah. PER perusahaan tbk ini 7,09x sedangkan PBV-nya 1,08x.

Sesuai dengan namanya, PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk merupakan bank daerah yang berlokasi di Jawa Timur yang berbasis di Surabaya. Bank ini dikenal dengan nama Bank Jatim yang didirikan pada tanggal 17 Agustus 1961 di Surabaya. Bank ini menjalankan usaha di bidang perbankan, termasuk sistem perbankan syariah. Unit usaha syariah bank ini resmi beroperasi pada pertengahan 2007 silam.

8. PT Bank Mandiri (Persero) Tbk

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk dikenal luas sebagai salah satu bank milik negara yang memberikan berbagai layanan kepada klien. Kini cabang bank Mandiri semakin banyak tersebar di berbagai daerah. Dengan mencari saham murah hari ini, Anda bisa mengecek apakah emiten berkode saham BMRI ini bisa menjadi pilihan yang sesuai dengan anggaran investasi saham Anda. PER Bank Mandiri sebesar 12,33x sedangkan PBV sebesar 1,46x.

Commercial Banking adalah layanan yang disediakan oleh PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Bank ini didirikan pada tahun 1998 dan merupakan bagian dari program rekonstruksi bank pemerintah Indonesia. Setahun kemudian, empat bank bergabung dengan Bank Mandiri, yaitu Bank Bumi Daya, Bank Exim, Bapindo, dan Bank Dagang Negara.

9. PT Global Mediacom Tbk

Padahal, mencari saham murah kini jauh lebih mudah berkat akses internet. Namun, beberapa orang mungkin merasa lebih bahagia dan lebih percaya diri ketika mereka diberi rekomendasi. Untuk memulai perjalanan Anda ke dunia investasi saham, Anda dapat mencoba menghasilkan uang dengan membeli saham murah, seperti saham PT Global Mediacom Tbk. Anda bisa mencarinya di BEI dengan kode saham BMTR, dimana PER emiten ini adalah 3,91x dan PBV 0,19x.

Rekomendasi:  7 Protokol Staking Binance Smart Chain (BSC) teratas Tahun 2022

Perusahaan yang bergerak di bidang investasi ini telah berdiri sejak tahun 1982 dan mulai beroperasi pada tahun tersebut. Selain itu, PT Global Mediacom Tbk juga memiliki beberapa anak perusahaan yang juga beroperasi di Indonesia.

10. PT Ciputra Development Tbk

Ingin memiliki saham di PT Ciputra Development Tbk? Anda bisa mewujudkan mimpi tersebut karena perusahaan ini merupakan emiten yang masuk dalam daftar saham murah dengan kode CTRA. PER dan PBV emiten masing-masing adalah 20,20 x dan 1,06 x.

Pengembangan dan penjualan properti seperti apartemen, real estate, perkantoran, tempat rekreasi dan pusat perbelanjaan adalah wilayah PT Ciputra Development Tbk. Dimulai pada tahun 1984, perusahaan saat ini adalah induk utama dengan banyak cabang.

11. PT Puradelta Lestari Tbk

PT Puradelta Lestari Tbk merupakan salah satu dari 30 perusahaan dengan saham murah dan masuk dalam daftar rekomendasi. Dengan cara ini, investor yang memilih saham perusahaan ini memiliki kesempatan untuk mendapatkan keuntungan jika mereka menjual saham dengan kode DMAS ini pada waktu yang tepat. PER dari DMAS adalah 17,20x dan PBV adalah 1,77x.

PT Puradelta Lestari Tbk merupakan anak perusahaan dari Sinarmas Group yang berbasis di Bekasi – Jawa Barat, dimana perusahaan ini bergerak di bidang pengembang industri, komersial dan residensial.

12. PT Elnusa Tbk

Emiten dengan kode ELSA ini merupakan salah satu dari sekian banyak perusahaan dengan low cost share dengan P/E sebesar 19,64x dan PBV sebesar 0,63x. Harga saham per saham perusahaan yang bergerak di bidang jasa eksplorasi dan produksi minyak dan gas bumi adalah 252 per 26 Januari 2022. Perusahaan ini juga menyediakan jasa penyediaan dan pengelolaan ruang kantor untuk anak perusahaan, pihak berelasi dan pihak ketiga.

13. PT Erajaya Swasembada Tbk

Anda bisa mendapatkan saham murah dengan memilih PT Erajaya Swasembada Tbk, emiten saham dengan kode ERAA. Ditagih sebagai rekomendasi opsi saham terbaik yang terjangkau, Erajaya memiliki PER 8,40 dan PBV 1,50x.

Distributor dan reseller produk dan layanan seluler, seperti kartu SIM dan perangkat seluler, adalah layanan yang disediakan oleh PT Erajaya Swasembada Tbk. Perusahaan memulai kegiatan komersialnya pada tahun 2000.

14. PT Gudang Garam Tbk

Seperti dijelaskan di atas, saham murah tidak dinilai pada harga nominalnya. Itulah sebabnya PT Gudang Garam Tbk (GGRM) adalah salah satu dari sekian banyak lembaga penyiaran berbiaya rendah. PER dan PBV perusahaan ini adalah 13,63 x dan 1,03 x.

PT Gudang Garam Tbk memulai usahanya pada tahun 1958 dan hingga saat ini bergerak di bidang industri rokok dan usaha lain yang berhubungan dengan industri rokok.

15. PT Indofood Sukses Makmur Tbk

PT Indofood Sukses Makmur Tbk merupakan emiten dengan ticker saham INDF dan telah berdiri sejak tahun 1990. PER perusahaan makanan dan minuman olahan ini adalah 8,64x dengan PBV 0,68x. Produk Indofood dapat kita temukan dengan mudah di pasaran, mulai dari makanan olahan, minuman dalam kemasan, hingga bumbu, hingga minyak goreng.

Mendapatkan saham bagus dengan harga murah bukan tidak mungkin, apalagi dengan banyaknya pilihan perusahaan yang menjual sahamnya di BEI. Kini, para pemula di dunia investasi saham tidak perlu takut mimpinya terhenti hanya karena minimnya modal. Peluang untuk mendapatkan keuntungan adalah milik mereka yang tahu bagaimana cara mendapatkan saham dengan harga murah namun memiliki prospek yang bagus.

 

 

 

qoala.app