Ketahui 9 Manfaat Berinvestasi Saham sebelum Memulainya
jurnal.diary.co.id

Ketahui 9 Manfaat Berinvestasi Saham sebelum Memulainya

Saat ini banyak orang yang tertarik untuk berinvestasi saham. Namun tak sedikit yang masih meragukan manfaat berinvestasi saham.

Ada yang beranggapan bahwa berinvestasi saham menawarkan return yang tinggi, namun resiko kerugiannya juga besar jika Anda tidak pandai bermain saham.

Hal ini juga yang membuat masyarakat enggan untuk berinvestasi saham, terutama masyarakat yang takut mengambil resiko.

Terakhir, mereka yang berinvestasi saham, hanya mereka yang sudah memiliki pengetahuan tentang instrumen tersebut.

Padahal, manfaat berinvestasi saham cukup beragam. Tidak hanya memberikan manfaat yang besar, tetapi berguna untuk mempersiapkan tabungan masa depan, dll.

Lalu apa kelebihan berinvestasi saham dibandingkan jenis instrumen investasi lainnya? Berikut ulasan manfaat yang bisa didapatkan orang dengan berinvestasi saham!

Manfaat berinvestasi saham

1. Dapatkan untung

Manfaat berinvestasi di saham komunitas adalah menghasilkan keuntungan. Sebagai tujuan seseorang untuk berinvestasi saham, mereka jelas mengharapkan keuntungan.

Investasi pasar saham ini merupakan salah satu alat investasi yang menawarkan keuntungan besar dibandingkan jenis investasi lainnya.

Ada dua manfaat berinvestasi saham, yaitu dividen. Artinya, keuntungan perusahaan dibagikan secara teratur kepada pemegang saham.

Manfaat lainnya adalah capital gain, yaitu keuntungan yang Anda peroleh dari selisih yang Anda peroleh ketika pemegang saham menjual saham dengan harga lebih tinggi dari harga beli.

Walaupun terdapat risiko kerugian dari investasi saham dalam bentuk kerugian pokok atau selisih antara harga beli tertinggi dengan harga jual dan risiko likuidasi, risiko ini dapat diminimalkan dengan menggali pengetahuan saham dan dengan membeli saham di perusahaan dengan reputasi yang baik.

2. Investasi jangka panjang

Manfaat investasi saham selanjutnya adalah bisa menjadi investasi jangka panjang yang menguntungkan.

Rekomendasi:  Logo Saham: Identitas Visual Bagaikan Identitas Perusahaan

Meskipun investasi ekuitas dapat digunakan untuk investasi jangka pendek atau menengah, sifat investasi ekuitas membuatnya cocok untuk investasi jangka panjang.

Oleh karena itu, berinvestasi di saham merupakan alternatif yang tepat jika investor bertujuan untuk mempersiapkan tabungan untuk masa depan.

Hanya saja, untuk memastikan investasi saham dapat memberikan return di masa depan, investor perlu melihat dan menganalisis jenis saham yang akan dibeli.

Karena pemilihan saham dan perusahaan yang tidak sesuai akan mempengaruhi keuntungan yang diperoleh investor.

3. Menambah penghasilan

Salah satu keuntungan berinvestasi saham adalah sebagai sumber pendapatan tambahan. Jika berinvestasi di saham dilakukan dengan benar untuk menghasilkan keuntungan, itu akan menjadi sumber pendapatan tetap.

Pendapatan ini juga akan meningkat seiring dengan peningkatan persentase kepemilikan saham dan peningkatan nilai saham.

Beberapa di antaranya terbukti sukses berinvestasi saham, dengan mengandalkan investasi saham sebagai sumber pendapatan utama.

4. Menghasilkan nilai tambah untuk uang

Manfaat berinvestasi saham selanjutnya adalah meningkatkan nilai uang yang Anda miliki.

Dibandingkan dengan menyimpan uang yang nilainya sama di bank, besarnya bunga yang diterima tidak sebanding dengan besarnya potongan biaya administrasi bank, sehingga peluang untuk tumbuh tidak sebesar saat berinvestasi saham.

Tetapi dengan berinvestasi di saham, uang yang diinvestasikan dalam saham perusahaan akan meningkat nilainya dari waktu ke waktu di pasar saham.

5. Tahan terhadap inflasi

Keuntungan berinvestasi saham sebagai alat investasi adalah tidak terpengaruh secara signifikan oleh tingkat inflasi.

Jika terjadi inflasi dan saham turun, itu tidak akan menyebabkan saham turun secara signifikan. Alih-alih tergerus oleh laju inflasi, saham jangka panjang justru menawarkan banyak keuntungan.

6. Sebagai diversifikasi investasi

Manfaat lain dari berinvestasi saham adalah dapat menjadi alternatif pilihan diversifikasi atau diversifikasi investasi.

Rekomendasi:  Arti dan Peran Emiten dalam Dunia Investasi

Saat berinvestasi, disarankan untuk menginvestasikan dana dalam berbagai jenis investasi untuk menghindari kerugian jika terjadi ketidakstabilan ekonomi.

Investasi ekuitas ini merupakan jenis investasi yang membantu investor mendiversifikasi portofolio investasinya berdasarkan nilai dan kebutuhan yang diharapkan oleh investor.

7. Mudah dan fleksibel

Investasi ekuitas dikenal dengan investasinya yang mudah dan fleksibel. Tidak hanya memakan banyak tenaga dan waktu, kini melalui internet investor bisa mendaftar dan membeli saham bahkan menjualnya.

Selain itu, dalam melacak pergerakan transaksi saham dapat dilakukan dimana saja sambil melakukan aktivitas lainnya.

8. Penyiapan dana darurat dan dana pensiun

Manfaat lain dari investasi saham, investasi saham juga bisa menjadi persiapan dana darurat saat dibutuhkan dana pensiun.

Investasi Saham, yang dikenal sebagai investasi jangka panjang, cocok sebagai dana cadangan darurat dan dana pensiun untuk mempersiapkan keuangan masa depan.

9. Investasi yang aman dan transparan

Manfaat berinvestasi saham selanjutnya adalah pilihan investasi yang aman bagi masyarakat.

Investor tidak perlu khawatir asalkan memilih perusahaan sekuritas bereputasi baik yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sebab, transaksi investasi saham di bursa efek Indonesia dijamin karena transparan.

Investor bisa langsung melihat pergerakan saham, termasuk kepemilikannya, tanpa khawatir dananya disabotase atau digelapkan oleh perusahaan.

Namun, investor harus berhati-hati dalam memilih perusahaan sekuritas yang tidak terdaftar di OJK dan menawarkan iming-iming pendapatan dalam batas normal.

Pastikan bahwa perusahaan sekuritas yang Anda transaksikan telah terdaftar di OJK dan memiliki reputasi yang baik serta riwayat transaksi investasi yang baik. Jangan sampai investor terlibat dalam penipuan investasi.

Demikian ulasan mengenai manfaat berinvestasi saham bagi masyarakat. Ternyata, investor bisa menuai berbagai keuntungan jika memilih berinvestasi di saham.

Rekomendasi:  Bagaimana Anda menghasilkan uang dari Trading Forex?Berikut Penjelasannya

 

 

 

 

dailyfx.id