www.ltc-tv.com

Apa itu Penambang Bitcoin? Bagaimana cara kerja penambangan Bitcoin?

Pernahkah Anda mendengar istilah penambangan bitcoin? Sebelum membahas cara kerja bitcoin miner, Qoala akan menjelaskan sedikit apa itu bitcoin. Bitcoin adalah mata uang digital yang diluncurkan pada Januari 2009, tepat setelah jatuhnya pasar perumahan. Bitcoin mengikuti ide-ide yang ditetapkan dalam buku putih Satoshi Nakamoto. Satoshi Nakamoto adalah nama samaran yang sangat misterius.

Identitas yang menciptakan teknologi ini masih menjadi misteri hingga saat ini. Bitcoin menawarkan biaya transaksi yang lebih rendah daripada mekanisme pembayaran online tradisional yang dijalankan oleh otoritas yang terdesentralisasi. Berbeda dengan mata uang yang dikeluarkan pemerintah.

Bitcoin juga tidak diterbitkan atau disetujui oleh bank atau pemerintah negara mana pun. Meskipun demikian, bitcoin terus meningkat secara grafis. Ini juga menjadi sangat populer dan telah memicu peluncuran banyak mata uang virtual dan digital lainnya yang secara kolektif disebut Altcoin.

Lalu bagaimana cara mendapatkan bitcoin. Cara yang umum dilakukan dikenal sebagai penambang bitcoin (BT miner) atau penambangan bitcoin. Apa yang Lengkap Tentang Penambangan Bitcoin? Yuk simak ulasannya berikut ini.

Apa itu Penambang Bitcoin atau Penambang Bitcoin?

chainbulletin.com

Penambang Bitcoin adalah cara untuk mendapatkan bitcoin. Kita dapat melihat bitcoin sebagai sistem keuangan global virtual dan digital yang menyimpan berbagai riwayat transaksi (atau proses pergerakan uang). Saat transaksi bitcoin diproses oleh jaringan bitcoin, pastikan semua transaksi dicatat dengan benar.

Sederhananya, bitcoin tidak diproses oleh individu atau perusahaan, tetapi oleh ribuan komputer di seluruh dunia yang terhubung ke internet. Usaha ini dikenal dengan istilah miner atau penambang yang artinya menambang. Komputer yang memproses bitcoin dikenal sebagai penambang bitcoin. Jadi bagaimana cara kerja penambangan bitcoin?

Bagaimana cara kerja penambangan Bitcoin?

Apa itu penambangan dan bagaimana cara kerja penambangan bitcoin? Cara kerja penambangan bitcoin adalah dengan blockchain. Banyak transaksi bitcoin terjadi pada saat yang bersamaan. Transaksi yang terjadi secara bersamaan dikelompokkan dalam pool yang sama, pool tersebut dikenal sebagai blockchain. Kumpulan diverifikasi oleh penambang bitcoin.

Blockchain memverifikasi transaksi dalam kelompok daripada secara individual. Setelah diverifikasi, mereka akan dimasukkan atau ditambahkan ke blockchain yang sudah diverifikasi. Beginilah cara kerja blockchain dalam penambangan bitcoin. Salah satu manfaat bitcoin adalah orang yang memilih menjadi penambah tidak harus tahu bagaimana melakukan matematika dan perhitungan.

Blockchain hanya membutuhkan hardware atau hardware dan software untuk menambang bitcoin. Jika Anda tertarik untuk menjadi penambang bitcoin. Jadi apa saja cara untuk menjadi penambang bitcoin? Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

Tahukah Anda bahwa asuransi dan investasi sama pentingnya untuk perencanaan keuangan yang baik dan memadai? Temukan pilihan asuransi terbaik di sini sebagai bagian dari perencanaan keuangan Anda untuk masa depan yang cerah!

Bagaimana menjadi penambang Bitcoin

Pembahasan penambang bitcoin akan mengarah pada pertanyaan bagaimana menjadi penambang bitcoin atau bitcoin miner. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya tentang apa itu penambang bitcoin, penambang bitcoin adalah cara untuk mendapatkan bitcoin, dengan metode kerja yang dikenal sebagai blockchain. Siapapun bisa menjadi penambang bitcoin.

Langkah pertama dalam memulai penambangan bitcoin adalah mendapatkan perangkat keras penambangan. Memilih perangkat keras yang tepat sangat penting untuk mencapai kesuksesan mini. Seperti apa hardware mining bitcoin, berikut penjelasannya.

1. Bisakah perangkat keras menambang Bitcoin?

Berikut beberapa hardware penambangan bitcoin yang mungkin bisa menjadi pilihan yang bisa kita lakukan. Menggunakan mesin penambangan bitcoin adalah yang paling umum saat ini:

CPU (Unit Pemrosesan Pusat)

Sebagai penambang bitcoin, kita harus memiliki CPU atau central processing unit atau central processing unit. Setiap komputer yang menambang bitcoin harus memiliki CPU yang mumpuni. Sehingga ketika muncul masalah matematika pada saat penambangan dapat diatasi dengan cepat. Namun seiring dengan pesatnya perkembangan bitcoin, CPU menjadi tidak mencukupi dan mulai beralih ke GPU.

GPU (Unit Pemrosesan Grafis)

GPI, atau unit pemrosesan grafis, adalah unit pemrosesan komputer yang dapat berjalan lebih cepat daripada CPU. Ketika kita bisa menyelesaikan soal matematika lebih cepat, berarti kita bisa memenangkan perlombaan pertambangan lebih cepat dan kita akan mendapatkan hadiah yaitu bitcoin.

FPGA (Array Gerbang yang Dapat Diprogram Lapangan)

FPGA atau Field Programmable Gate Array adalah sistem unit pemrosesan komputer yang dapat digunakan untuk menambang bitcoin. Seperti yang dijelaskan sebelumnya tentang apa itu penambang bitcoin, penambang bitcoin adalah cara untuk mendapatkan bitcoin. Dengan cara kerja yang dikenal dengan blockchain. Sama seperti CPU dan GPU, FPGA bekerja untuk memecahkan masalah matematika untuk mendapatkan bitcoin.

Namun, seiring waktu dan perkembangan bitcoin itu sendiri, perangkat keras khusus untuk bekerja pada bitcoin telah muncul yang dikenal sebagai ASIC. Apa itu ASIC? Simak ulasannya di thread selanjutnya.

ASIC (Sirkuit Terintegrasi Khusus Aplikasi)

ASIC atau Application Specific Integrated Circuit adalah perangkat keras penambangan bitcoin khusus, yang saat ini merupakan penambang bitcoin terbaik dan alat andal untuk penambangan bitcoin. Jika Anda ingin memenangkan perlombaan dan menambang banyak bitcoin hari ini, perangkat keras yang digunakan adalah ASIC.

Rekomendasi:  Apa itu Emiten Saham: Penjelasan Seorang Pakar Mengenai Investasi

ASIC dibuat khusus untuk dapat menambang bitcoin dalam jumlah besar secara gratis. Sama seperti kalkulator penambangan bitcoin, selain dapat menghitung dengan cepat, juga dapat menghasilkan jumlah yang signifikan.

2. Bergabunglah dengan kumpulan penambangan Bitcoin

Setelah mengetahui tentang hardware mining bitcoin pada penjelasan di atas, ada dua cara bagi yang tertarik untuk memulai bitcoin. Pertama dengan memulainya sendiri atau dengan menariknya keluar sendiri. Cara kedua, selain yang paling populer, adalah bergabung dengan kumpulan penambangan bitcoin. Termasuk penambang bitcoin Indonesia atau miner bitcoin Indonesia.

Kumpulan penambangan bitcoin adalah sekelompok kumpulan penambangan bitcoin yang digabungkan secara kolektif. Untuk memahami hal ini, kita dapat menganggap kumpulan penambangan bitcoin sebagai ladang bitcoin besar. Banyak penambang menggabungkan kekuatan perangkat keras untuk mendapatkan bitcoin.

Jika kita baru mengenal penambangan bitcoin, disarankan agar kita bergabung dengan pertanian bitcoin atau kumpulan penambangan bitcoin itu sendiri. Ada banyak jenis kolam yang bisa dipilih. Namun, berhati-hatilah saat memilih kolam penambangan yang dikenal memiliki reputasi baik. Setiap kolam penambangan memiliki tolok ukur biaya yang berbeda. Ada beberapa mining pool yang bisa digunakan, yaitu:

  • Slushpool: biaya sebesar 2%
  • Pool.BTC.com: biaya sebesar 2-3%
  • Kanopool: biaya sebesar 0.9%

3. Unduh Software atau aplikasi penambangan Bitcoin

Meskipun kami memiliki perangkat keras penambangan terbaik untuk mendapatkan bitcoin, tanpa perangkat lunak yang baik, bahkan perangkat keras yang cepat pun tidak akan berguna. Kita bisa mendapatkan softwarenya dengan mendownloadnya. Perangkat lunak dan aplikasi penambangan bitcoin terbaik yang dapat Anda unduh tersedia dari berbagai situs penambangan bitcoin atau situs web penambangan bitcoin, baik yang berbayar maupun gratis.

Perangkat lunak penambangan Bitcoin diperlukan untuk mengakses jaringan Bitcoin dan basis data transaksi. Perangkat lunak ini juga sangat diperlukan untuk bergabung dengan pertanian bitcoin atau kumpulan penambangan bitcoin. Ada berbagai jenis perangkat lunak bitcoin berbasis sistem operasi, seperti Mac OS, Windows OS, dan Linux OS.

Berikut adalah beberapa perangkat lunak penambangan bitcoin yang mendukung perangkat keras ASIC:

  • CG Miner, klik di sini untuk mengunduh. Perangkat lunak ini menyediakan Windows, Linux dan Mac OS. Ini dapat digunakan untuk GPU dan ASIC dan juga dapat diunduh secara gratis.
  • BitMiner, klik di sini untuk mengunduh. Perangkat lunak ini menyediakan Windows, Linux dan Mac OS. Ini dapat digunakan untuk GPU dan ASIC dan juga dapat diunduh secara gratis.

Setelah perangkat keras dan perangkat lunak siap digunakan, kita dapat melanjutkan ke metode berikutnya. Artinya, buka dompet Bitcoin atau dompet Bitcoin.

4. Buka dompet Bitcoin atau dompet Bitcoin

Pertanyaan apa penambangan bitcoin dijawab di awal penjelasan. Kami dapat menambang bitcoin setelah menyiapkan perangkat keras bitcoin, mengunduh perangkat lunak bitcoin, dan juga bergabung dengan kumpulan penambangan. Langkah selanjutnya adalah menambang dan membuat dompet bitcoin.

Dompet bitcoin diperlukan untuk menyimpan hasil penambangan. Tidak seperti uang konvensional, bitcoin tidak dapat disimpan di rekening bank. Dompet bitcoin disiapkan untuk menyimpan hasil penambangan yang kita dapatkan saat menambang bitcoin.

Ada tiga jenis dompet bitcoin: dompet web, dompet perangkat lunak, dan dompet perangkat keras. Dari ketiga jenis dompet tersebut, dompet perangkat keras adalah yang paling aman karena tidak terhubung ke Internet dan juga merupakan perangkat fisik yang mampu menyimpan bitcoin dengan menghubungkan dompet perangkat keras ke komputer melalui USB.

Namun, penambangan bitcoin tidak hanya bisa dilakukan melalui komputer, tetapi juga melalui aplikasi Android. Penambang bitcoin Indonesia yang sudah memiliki pengalaman menambang bitcoin juga melakukannya.

Aplikasi Penambang Bitcoin dari Android

kunokyoukai.com

Setelah mengenal berbagai software penambangan bitcoin, kita juga bisa membuat aplikasi penambangan bitcoin di Android. Kita bisa mendapatkan aplikasi untuk menambang bitcoin di smartphone secara gratis. Beberapa apk penambang bitcoin adalah penambangan bitcoin gratis resmi.

Cara menambang bitcoin untuk penambang bitcoin android sangat sederhana, dengan menggunakan aplikasi cara menambang bitcoin untuk android kita dapat menambang dengan benar menggunakan komputer dengan perangkat hardware dan software. Ini adalah beberapa aplikasi yang bisa kita gunakan:

a. MinerGate

Aplikasi pertama disebut MinerGate. Penambang bitcoin Indonesia sudah tidak asing lagi dengan aplikasi ini karena sangat populer di PC, namun saat ini MinerGate juga tersedia sebagai apk penambang bitcoin. Itu keluar lama sekali, tepatnya sejak 2014.

Aplikasi ini adalah penambang bitcoin Android yang memungkinkan penggunanya untuk menambang lebih banyak bitcoin tanpa menurunkan tingkat hash mata uang utama. Menggunakan aplikasi penambang bitcoin juga sangat sederhana. Kita hanya perlu mendownload aplikasinya dan membuat akun, maka kita akan diberikan dua pilihan, melakukan mobile mining atau membeli cloud mining.

Rekomendasi:  Mengenal Modal Saham sebagai Bentuk Investasi

b. Crypto Miner

Aplikasi selanjutnya yang digunakan oleh para penambang bitcoin Indonesia. Namun, untuk menggunakan aplikasi penambangan bitcoin ini, kita harus mengeluarkan sejumlah uang, sekitar $2,28, karena tidak semua algoritma bitcoin di aplikasi ini dapat digunakan secara gratis.

Crypto Miner adalah aplikasi penambangan bitcoin untuk Android yang memiliki tampilan dan nuansa sederhana dan sangat mudah digunakan untuk pemula. apk penambangan bitcoin ini juga memberi kita keleluasaan untuk menentukan jumlah rantai yang ingin kita sertakan dalam aktivitas penambangan bitcoin.

c. AA Miner

Sebagian besar aplikasi penambangan bitcoin memiliki banyak iklan yang membuat smartphone lebih berat. Untuk mengatasinya, kita bisa menggunakan aplikasi penambangan bitcoin ini untuk Android. AA Miner adalah apk penambang bitcoin yang tidak memiliki banyak iklan, karena dalam aplikasi ini ada pembelian dalam aplikasi yang mengurangi jumlah iklan yang mengganggu.

Namun, bagi yang lebih nyaman menggunakan komputer untuk menambang bitcoin, ada beberapa cara merakit PC yang bisa digunakan untuk menambang. Banyak penambang bitcoin Indonesia melakukan ini juga. Mari kita lihat langkah-langkah berikut.

Cara menambang Bitcoin dengan merakit PC

Bagaimana cara menambang atau menambang bitcoin dengan laptop atau PC biasa? Berikut adalah beberapa langkah yang dapat kita ambil untuk membangun PC penambangan bitcoin tertentu. Setelah mengetahui apa itu penambang bitcoin dan perangkat keras serta perangkat lunak untuk menambang. Di bawah ini adalah langkah-langkah yang perlu diikuti untuk merakit PC penambangan pemula khusus.

1. Pilihan alat IT untuk menambang

Langkah pertama yang harus diperhatikan adalah pemilihan peralatan komputer, seperti motherboard, prosesor, harddisk, RAM dan perangkat lainnya. Menyesuaikan dengan budget yang kita miliki dan tentunya juga dengan tools IT yang bisa mendukung penambangan bitcoin.

2. Motherboard

Motherboard merupakan salah satu komponen penting yang harus disediakan saat merakit komputer. Khusus untuk penambangan bitcoin, kita bisa menyiapkan motherboard PCI-E multi-slot. Ada banyak merek yang menawarkan motherboard jenis ini. Pilih salah satu yang sesuai dengan anggaran Anda, oke?

3. Prosesor atau CPU

Prosesor atau CPU merupakan jantung dari sebuah komputer. Sediakan CPU minimal setara dengan Core i5 atau i7. Dengan cara ini ekstraksi dapat dilakukan dengan lancar dan cepat. Semakin baik prosesornya, semakin cepat Anda dapat menambang dan mendapatkan bitcoin.

4. Hard drive

Hardisk yang harus disediakan untuk komputer yang bisa menambang bitcoin minimal berukuran 250GB, sebaiknya sediakan hardisk SSD, bukan hardisk HDD. Untuk dapat melakukan proses penambangan tanpa masalah.

5. RAM

RAM untuk komputer yang mampu menambang adalah dengan RAM 4GB DDR4 PC2400 elit. Kapasitas RAM 4GB sudah cukup untuk penambangan yang lancar.

6. Catu daya#

Data yang berpindah saat menambang bitcoin di komputer sangat besar, sehingga komputer harus beroperasi secara optimal dengan daya yang sangat mencukupi. Untuk memiliki daya yang cukup, catu daya yang disarankan adalah 750 watt, seperti pada kasus Corsair: CMV4GX4M1A2133C15.

7. Kartu grafis

Kartu grafis atau kartu GPU atau VGA adalah faktor penentu berfungsinya komputer. Sediakan 2 kartu grafis terbaik khusus untuk penambangan bitcoin. Karena kartu grafis yang terdapat di motherboard tidak akan cukup.

8. Kipas pendingin

Bagian penting terakhir dari peralatan adalah kipas pendingin. Karena pekerjaan komputer akan sangat berat dan akan bekerja dengan cepat saat menambang bitcoin, maka kipas pendingin menjadi penting agar komputer tidak cepat panas. Siapkan kipas prosesor atau kipas pendingin yang kuat dan mumpuni. Bagian terpenting adalah software, namun seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, kita bisa memilih berdasarkan kapasitas komputer yang kita build.

Komisi penambangan Bitcoin

Pertanyaan paling umum adalah berapa biaya bitcoin dan apa pengeluaran utama yang terkait dengan penambangan. Jadi berapa modal untuk menambang bitcoin? Ada dua biaya yang terlibat dalam penambangan, yaitu:

a. Biaya perangkat keras

Sebagai permulaan, biaya penambangan perangkat keras biasanya berkisar dari Rs 8.500.000 hingga Rs 14.100.000. Biaya yang diberikan cukup mahal, tetapi akan sebanding dengan keuntungan yang diperoleh dari menambang bitcoin.

b. Biaya listrik

Listrik yang dibutuhkan untuk menjalankan komputer di sektor pertambangan sangat besar. Biaya tagihan listrik tentunya disesuaikan di masing-masing tempat. Jika menggunakan token listrik, jelas biaya listrik yang dikeluarkan akan sangat tinggi. Biaya tambahan lainnya adalah jika Anda menggunakan mining pool yang biayanya sekitar 1-3% sebagai biaya pendaftaran.

Apa imbalan untuk menambang Bitcoin?

Pertanyaan tentang apa hadiah penambangan bitcoin yang disebutkan di atas juga cukup membuat penasaran. Jumlah bitcoin saat ini yang diterima penambang dalam bentuk hadiah. Hadiah yang diberikan per blok (blockchain) adalah 12,5 BTC.

Rekomendasi:  Penjelasan tentang Decentralized Autonomous Organization (DAO)

12,5 BTC diberikan kepada setiap penambang yang mampu memecahkan masalah matematika untuk setiap blok. Namun, jumlah ini mengalami penurunan selama 4 tahun terakhir. Tahun ini, pada tahun 2021, akan menjadi 6,25 BTC per blok.

Manfaat yang bisa Anda dapatkan dari penambangan Bitcoin

Mengetahui manfaat menambang bitcoin dan menghitungnya. Ada banyak kalkulator online yang dapat digunakan untuk menghitung bitcoin. Ada beberapa hal yang perlu disertakan saat menghitung keuntungan pendapatan penambangan bitcoin menggunakan kalkulator penambangan bitcoin, yaitu:

  • Kekuatan hashing: kekuatan perangkat keras yang digunakan
  • Konsumsi Daya: Berapa banyak listrik yang digunakan oleh perangkat keras di pertambangan
  • Biaya per kWh: berapa banyak listrik yang dikonsumsi
  • Pool Fee: Dikenakan biaya penggunaan mining pool

Seberapa sulitkah menambang Bitcoin?

Pertanyaan seberapa sulit menambang bitcoin dapat diselesaikan dengan penjelasan berikut: semakin banyak penambang bitcoin bergabung dengan jaringan, tingkat kesulitan penambangan akan meningkat. Ini juga berarti bahwa semakin canggih perangkat keras yang Anda gunakan, semakin besar kemungkinan Anda untuk menang. Namun, biaya yang dikeluarkan jelas lebih mahal.

Pertanyaan tentang penambangan bitcoin

Berikut ini adalah pertanyaan-pertanyaan yang muncul tentang penambangan bitcoin, yang akan dirangkum dan dijelaskan berdasarkan pembahasan artikel-artikel yang telah disajikan di atas.

a. Apa itu Bitcoin?

Pertanyaan ini telah disebutkan sebelumnya dalam penjelasan. Bitcoin adalah mata uang digital yang diluncurkan pada Januari 2009, tepat setelah jatuhnya pasar perumahan. Bitcoin mengikuti ide-ide yang ditetapkan dalam kertas putih yang disebut Satoshi Nakamoto. Satoshi Nakamoto adalah nama samaran yang digunakan oleh orang tak dikenal saat meluncurkan bitcoin. Sejauh ini, identitas Satoshi Nakamoto masih menjadi misteri.

b. Bagaimana cara kerja Bitcoin?

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya dalam penjelasan, cara kerja bitcoin adalah melalui penggunaan teknologi blockchain. Banyak transaksi bitcoin terjadi pada saat yang bersamaan. Setiap transaksi adalah “blok” yang “dirantai” dalam kode, menghasilkan catatan permanen dari setiap transaksi yang terjadi. Teknologi Blockchain adalah jantung dari operasi Bitcoin.

c. Apakah Bitcoin Aman?

Transaksi Bitcoin sangat aman, tidak dapat diubah, dan tidak mengandung informasi pelanggan pribadi atau sensitif. Hal ini dapat menguntungkan pelanggan dan dapat melindungi penjual dari kerugian yang disebabkan oleh penipuan atau terjadinya penipuan. Meskipun tidak ada organisasi atau individu yang mengontrol bitcoin, bitcoin aman meskipun tidak ada pengguna yang dapat dipercaya.

d. Apakah Bitcoin Halal?

Pertanyaan ini sangat umum, terutama bagi para penambang bitcoin Indonesia. Khusus untuk pertanyaan ini, MUI mengeluarkan 11 poin terkait bitcoin. Dari semua argumentasi yang dikemukakan oleh MUI, kesimpulannya MUI menyampaikan bahwa bitcoin secara legal mudah sebagai alat tukar bagi yang mau menggunakannya, tetapi berinvestasi bitcoin adalah ilegal karena hanya digunakan alat spekulatif. bukan investasi. Ini seperti permainan untung dan rugi.

e. Apa itu Penambang Crypto?

Crypto Miner adalah kata atau istilah lain untuk penambang bitcoin. Ini memiliki arti dan cara kerja yang sama dengan bitcoin, hanya istilah yang digunakan yang berbeda. Crypto miner adalah istilah yang digunakan di berbagai negara dan wilayah terkait dengan penambangan bitcoin itu sendiri. Namun, Crypto Miner juga merupakan nama aplikasi Android untuk menambang bitcoin melalui smartphone.

f. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan 1 Bitcoin?

Waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan 1 bitcoin adalah sekitar 10 menit per blok. Dalam 10 menit itu juga dapat melibatkan pencetakan sejumlah bitcoin baru per blok. Setiap blok saat ini diberi nilai 6,25 BTC.

g. Bagaimana cara menggunakan Bitcoin?

Pada kenyataannya, menggunakan bitcoin lebih mudah daripada menggunakan kartu kredit. Kita bisa menggunakan pembayaran bitcoin melalui dompet bitcoin atau dompet bitcoin yang sudah dibuat. Melalui dompet bitcoin kita bisa menggunakan bitcoin untuk melakukan pembayaran.

h. Apakah penambangan Bitcoin dan Bitcoin legal di Indonesia?

Pertanyaan apakah menambang bitcoin legal, tentu sering ditanyakan, terutama oleh penambang pemula. Berdasarkan keputusan Dewan Pengawas Bursa Berjangka di Indonesia, bitcoin telah dinyatakan legal. Dewan Pengawas Bursa Berjangka Indonesia juga telah merilis dokumen ringkasan bitcoin dan peraturan lengkapnya.

Berkaitan dengan Islam yang merupakan agama mayoritas di Indonesia, MUI sendiri telah mengemukakan pendapatnya, sebagaimana dinyatakan pada poin 4 pertanyaan sebelumnya.

i. Bisakah Bitcoin ditambang di perangkat seluler?

Sekarang Anda dapat dengan mudah menambang cryptocurrency di ponsel Anda. Anda tidak memerlukan peralatan mahal di balik penambangan bitcoin ini untuk bekerja. Anda hanya membutuhkan smartphone yang cukup kuat dan beberapa aplikasi penambangan bitcoin gratis atau aplikasi / apk penambang bitcoin gratis yang tersedia di Google Play Store.

 

 

Qoala.app