5+ Aplikasi Trading Saham Online Terpercaya Terbaik untuk Pemula 2022
e3.365dm.com

5+ Aplikasi Trading Saham Online Terpercaya Terbaik untuk Pemula 2022

Apa aplikasi perdagangan saham terbaik? Berinvestasi dalam saham membutuhkan aplikasi perdagangan yang andal, tepercaya, dan mudah digunakan. Saya sudah mencatat 10. Di bawah ini adalah review dari masing-masing aplikasi dan kriteria untuk memilih aplikasi standar terbaik.

Investor membutuhkan aplikasi perdagangan saham online untuk melakukan berbagai hal yang berkaitan dengan jual beli saham, mulai dari pendaftaran rekening, pelacakan setoran uang, analisis fundamental saham, analisis teknikal hingga semua” eksekusi transaksi, pembelian dan penjualan saham. Untuk membeli dan menjual saham, Anda memerlukan broker yang memiliki reputasi baik. Broker yang tidak hanya murah tapi juga mudah, tidak hanya mudah tapi juga terpercaya.

Daftar aplikasi trading saham online terbaik untuk pemula adalah sebagai berikut:

1. Indopremier IPOT Trading Saham

Kami telah menggunakan aplikasi perdagangan saham ini untuk waktu yang lama sejak saya mulai bermain dengan saham. Awalnya saya masuk dengan membeli reksa dana, kemudian lama kelamaan saya menggunakan aplikasi perdagangan saham IPOT.

IPOT dikenal di banyak kalangan karena merupakan salah satu pelopor perdagangan saham online dan mendorong kliennya untuk berinvestasi saham dalam jangka panjang melalui kursus pelatihan dan seminar.

Ketentuan pembelian dan penjualan saham di Indopremier:

  • Tidak ada minimal deposit saat membuka rekening, hanya deposit jika berniat melakukan transaksi
  • Biaya penjualan saham: 0,29% per transaksi dan biaya pembelian saham: 0,19% per transaksi

Tarifnya sedikit lebih mahal, tetapi beberapa hal yang menurut saya bagus tentang IPOT adalah:

  • Tidak ada setoran minimum saat membuka rekening saham. Deposit baru diberikan jika kita akan memulai trading saham untuk nilai transaksi yang ingin kita lakukan
  • Pendaftaran akun bisa dilakukan secara online, tidak perlu datang langsung, tidak perlu datang ke cabang, cukup melalui aplikasi IPOT
  • Terdapat CS yang online pada jam kerja melalui Telegram. Bantuan jika pertanyaan atau masalah muncul.
  • Aplikasi IPOT menawarkan banyak fitur untuk perdagangan atau investasi, yang mudah digunakan untuk semua jenis investor.
  • Integrasi saham dengan Reksa Dana, sehingga uang yang tidak diinvestasikan dapat dipindahkan sementara ke dalam Reksa Dana dan selanjutnya, jika perlu, dapat dialokasikan kembali ke saham.

Fitur terbaru Indopremier adalah Robo Trading, yaitu sistem perdagangan yang secara otomatis akan mengeksekusi semua instruksi beli dan jual saham serta harga yang ditetapkan klien sehingga Anda tidak ketinggalan momen.

Data Bursa Efek Indonesia

  • Nama Anggota: INDO PREMIER SECURITY
  • Keadaan perusahaan: Lokal
  • Status pengoperasian: Aktif
  • Perizinan Komersial: Manajer Investasi, Penjamin Emisi
  • Nilai MKBD terakhir: Rp 320.244.655.005
  • Kantor Pusat : Gedung Pacific Century Place Lantai 16 Jl Jenderal Sudirman Kav 52-53 SCBD Lot 10 Jakarta Selatan 12190,

2. Most Mandiri Aplikasi Trading

Mandiri Sekuritas (Mansek) merupakan salah satu pialang saham terbesar di Indonesia yang merupakan cabang dari Bank Mandiri.

Aplikasi trading saham Mansek PALING – Mandiri Online Stock Trading.

Saya suka antarmuka pengguna PALING, yang mudah dan nyaman digunakan untuk semua investor, terutama pemula.

Juga tentunya Mansek adalah milik pemerintah, BUMN, jadi salah satu modal yang paling kuat. Karena bagi saya, dalam hal berinvestasi, kita membutuhkan institusi yang memiliki modal yang kuat untuk memastikan bahwa uang kita dikelola secara adil dan hati-hati.

Namun, PALING sedikit lebih mahal, yaitu:

  • Setoran awal minimum untuk pembukaan rekening: Rp 2.000.000 pelajar, Rp 5.000.000 umum dan Rp 100.000.000 full service
  • Komisi minimal untuk beli atau jual adalah Rp 5 ribu, berapa pun jumlah transaksi sahamnya.
  • Biaya penjualan saham: 0,28% per transaksi dan biaya pembelian saham: 0,18% per transaksi

Biaya yang sedikit mahal tersebut diimbangi dengan keunggulan PALING, antara lain:

  • Pendaftaran nasabah dapat dilakukan secara online, cukup dengan menyiapkan e-KTP, selfie dengan e-KTP dan NPWP di tangan.
  • Mandiri Sekuritas menawarkan rangkaian lengkap produk investasi pasar modal, termasuk saham konvensional, saham syariah, reksa dana, obligasi dan obligasi pemerintah, serta IPO. Jumlah produk membantu konsumen mendiversifikasi investasi mereka.
  • Pengumpulan Reksa Dana PALING sangat lengkap, berbagai jenis Reksa Dana ditawarkan tidak hanya oleh Mandiri Investasi, tetapi juga oleh Manajer Investasi lainnya.
  • Fasilitas pelatihan tatap muka yang luas, dibagi menjadi 3 tingkat berdasarkan pemahaman pelanggan.
  • Fasilitas pelatihan online lengkap di website Mandiri Sekuritas
  • Akses ke hasil riset dan update harian tentang pasar dan perkembangan ekonomi oleh analis ahli dari Mandiri Sekuritas.

Salah satu fiturnya adalah pembukaan rekening tanpa batas di Mandiri Sekuritas, Anda bahkan tidak perlu mendaftar.

Metode pembukaan akun di PALING lebih baik karena judul lain sudah online, tetapi formulir masih perlu ditandatangani, dicetak dan diserahkan, belum lagi menunggu lebih dari seminggu untuk aktivasi.

Rekomendasi:  5+ Kesalahan Investasi Saham yang Dilakukan Pemula di Tahun 2022

Sebagian besar layanan pembukaan rekening online dapat diakses menggunakan smartphone dalam tiga langkah, yaitu mengisi data pribadi, mengunggah dokumen yang diperlukan untuk transaksi pasar modal, seperti KTP, selfie dengan identitas kartu kredit dan NPWP.

Dan langkah terakhir adalah membuat tanda tangan digital untuk membuka rekening investasi dan sekuritas.

Data Bursa Efek Indonesia

  • Nama Anggota: MANDIRI SEKURITAS
  • Keadaan perusahaan: Lokal
  • Status pengoperasian: Aktif
  • Perizinan Komersial: Manajer Investasi, Penjamin Emisi
  • Nilai MKBD terakhir: Rp396.594.372.659
  • Kantor Pusat: Menara Mandiri I, lantai 24-25, Jl Jenderal Sudirman, Kav. 54-55, Jakarta

3. Stockbit Aplikasi Saham

Tidak seperti aplikasi saham lainnya, Stockbit awalnya muncul sebagai komunitas forum perdagangan investasi ekuitas. Bahasa yang menarik adalah “Perdagangan Sosial”.

Kami para pedagang saham membutuhkan tempat untuk bertukar informasi, berbagi tips dan bocoran tentang emiten saham.

Berbagi forum komunitas itu penting. Mengapa?

Saham adalah alat investasi yang sensitif dengan berita, analisis, dan bahkan rumor. Jadi jika ada kesempatan untuk saling berdiskusi, bertukar pikiran, akan sangat bermanfaat.

Banyak investor yang memiliki pengalaman bertahun-tahun di dunia investasi dan perdagangan saham ingin berbagi komunitas Stockbit, gratis.

Berbagi itu sangat berharga, terutama bagi saya yang masih belajar.

Walaupun sebagai forum terbuka, semua member bisa berkomentar, tanpa kita tahu identitasnya, banyak komentar yang terkadang tidak masuk akal, tidak berdasar dan lain-lain.

Namun menurut pengalaman saya selama ini mengikuti Stockbit, seiring berjalannya waktu kami akan dapat memfilter anggota mana yang memiliki ulasan bagus dan mana yang tidak.

Stockbit tidak hanya sebagai forum tetapi juga menyediakan berbagai data untuk analisa fundamental dan analisa teknikal. Penyajian datanya lengkap dan mudah dilihat.

Misalnya, indeks penilaian PBV dan PER 10 tahun terakhir disajikan. Saya hanya perlu mengacu pada grafik untuk menilai apakah suatu saham murah atau tidak berdasarkan peringkat PBV dan PER.

Laporan keuangan historis juga disajikan lengkap dengan rasio keuangan yang signifikan.

Satu hal yang menjadi keunggulan Stockbit adalah desain aplikasinya segar, bersih, dan mudah digunakan. Stockbit dapat merangkum data informasi saham Stockbit yang luas dan terperinci dengan cara yang mudah dilihat dan dianalisis oleh investor.

Ada tiga bagian di Stockbit yang layak untuk dilihat:

  1. Forum obrolan yang saya jelaskan sebelumnya. Saya mendapat banyak informasi tangan pertama dari sini yang mungkin sulit saya dapatkan dari tempat lain.
  2. Data perdagangan teknis dan fundamental Stockbit yang komprehensif, disajikan dengan indah oleh stockbit, memudahkan investor untuk menggunakannya.
  3. Struktur jual beli saham, Stockbit saat ini bermitra dengan Sinarmas Sekuritas.

Namun, Stockbit bukanlah broker yang memiliki lisensi untuk membeli dan menjual saham, mereka hanyalah sebuah platform. Untuk ini Stockbit bekerjasama dengan Sinarmas Sekuritas.

Ketika mereka membeli dan menjual saham di Stockbit, pelanggan melakukannya melalui Sinarmas Sekuritas. Tidak perlu membuka dua aplikasi karena Stockbit mengintegrasikan kedua sistem ini ke dalam backend, investor hanya perlu tahu bahwa tidak apa-apa.

Untuk membuka akun, prosedurnya ada di Stockbit online, tetapi Anda perlu membawa beberapa dokumen untuk dikirim di atas kertas ke Sinarmas. Proses yang memakan waktu lebih dari seminggu, apalagi jika RDN dibuka di rekening non Sinarmas, akan memakan waktu lebih lama.

Selain itu, dari pengalaman saya, mungkin karena proses integrasi kedua sistem, terkadang kita harus bersiap dengan kondisi sistem yang tidak dapat diakses, perawatan yang sering (lebih sering daripada aplikasi stok lainnya), saldo perdagangan yang tidak sesuai antara Stockbit dan saldo rekening nasabah di Sinarmas Securities.

Meskipun masalah ini jarang terjadi, namun tetap saja menimbulkan perasaan jengkel, terutama ketika kita benar-benar ingin berdagang saham.

4. Sinarmas Aplikasi Trading Terpercaya

Saya mengenal Sinarmas Sekuritas secara kebetulan, ketika Anda membuka akun di Stockbit, Anda juga harus membukanya di Sinarmas Sekuritas.

Saya cek, ternyata Sinarmas punya aplikasi jual beli saham sendiri dan fitur-fiturnya lumayan keren.

Omong-omong, karena baru-baru ini pengaturan perdagangan di Stockbit tidak berfungsi dengan baik beberapa kali, saya segera memesan di Sinarmas.

Beberapa ketentuan penting dari Sinarmas:

  • Ada tiga opsi RDN: Bank Sinarmas, Bank Niaga, dan BCA
  • Komisi perdagangan online adalah membeli 0,15% dan menjual 0,25%
  • Akun biasa saja, belum ada akun Syariah
  • Minimal deposit Rp 500 ribu

Sedangkan untuk user interface isinya sangat lengkap, namun desain aplikasi sinarmas agak rumit dan tidak terlalu friendly.

Biayanya cukup rendah dan terkait dengan Stockbit yang membuat saya mempertimbangkan untuk menggunakan Sinarmas.

Rekomendasi:  Panduan Lengkap Cara Investasi Emas untuk Pemula

Jadi jika menurut Anda tampilan Sinarmas ‘kuno, bukan baru, saya dapat melihat portofolio melalui Stockbit karena portofolio saham Sinarmas dicerminkan di Stockbit.

Selanjutnya, jika dalam jangka waktu 6 bulan atau 180 hari, total uang dan investasi tidak mencapai batas saldo minimum, kurang dari Rs 500.000, Sinarmas akan menonaktifkan akun kami.

Data Bursa Efek Indonesia

  • Nama Anggota: SINARMAS SEKURITAS
  • Keadaan perusahaan: Lokal
  • Status pengoperasian: Aktif
  • Perizinan Komersial: Manajer Investasi, Penjamin Emisi
  • Nilai MKBD terakhir: Rp623.586.513.876.29
  • Lokasi : Plaza BII Torre III Lantai 5 Ruang 501 Jln. MH Thamrin n. 51, Jakarta

5. BNI Sekuritas Saham Online

Sejujurnya, nama BNI awalnya di belakang BNI Sekuritas yang membuat saya memilih nilai ini. Karena saya ingin salah satu gelar saya menjadi BUMN, milik pemerintah.

BNI melakukan perubahan signifikan dengan meluncurkan aplikasi BIONS yang terlihat baru, bersih dan mudah digunakan untuk mobile trading.

Berbeda dengan aplikasi BNI sebelumnya, BIONS memiliki akun uji coba, sehingga pelanggan dapat mengujinya tanpa mengeluarkan uang. Menurut pengalaman saya, akun percobaan ini penting untuk membiasakan diri Anda dengan cara kerja aplikasi, terutama bagi mereka yang baru pertama kali bermain saham.

Fitur-fitur BIONS cukup lengkap yaitu Watchlists, Business Sector, Research, Fundamentals, Auto Orders, Auto Order Lists dan Saham Perusahaan, serta berita-berita dengan informasi terkini.

Ketentuan perdagangan saham di BNI Sekuritas adalah:

  • Setoran minimum adalah Rp 1 juta (dibandingkan dengan Rp 5 juta hybrid).
  • Akun Syariah Online: komisi pembelian 0,15%, komisi penjualan 0,25%
  • Akun online reguler: komisi pembelian 0,17%, komisi penjualan 0,27%
  • Akun hybrid reguler: komisi pembelian 0,27%, komisi penjualan 0,37%.

Salah satu kelemahan BNI adalah setoran minimum yang cukup besar yaitu Rp 1 juta, di tengah banyak nilai tanpa setoran lainnya.

Aplikasi saham BNI terbagi menjadi dua produk yaitu produk regular dan pasar syariah, dimana perbedaannya dari segi data yaitu data saham-saham yang tidak termasuk dalam pasar syariah seperti saham perbankan akan muncul dengan tipe dicoret atau dicoret untuk pasar Syariah.

Di BNI Sekuritas, nasabah rekening saham dapat membeli dan menjual reksa dana secara otomatis, dengan mengisi formulir yang diisi bersamaan dengan pendaftaran rekening saham.

Dengan juga membuka rekening reksa dana, jika nasabah tidak ingin berinvestasi saham, alih-alih menarik uangnya, ia bisa memarkirnya di reksa dana. Dan jika diperlukan nanti, dana bisa langsung ditarik.

Jika Anda membutuhkan bantuan penjualan untuk melakukan order beli dan jual, BNI tetap akan menyediakannya, yang namanya bukan rekening online, melainkan rekening hybrid, dengan minimal setoran lebih tinggi.

Satu hal yang menurut saya kelemahan BNI Sekuritas adalah RDN harus dibuka di Bank BNI, bukan bank lain. Implikasinya adalah biaya transfer setiap kali Anda mengirim uang saat membeli dan menjual saham.

Data Bursa Efek Indonesia

  • Nama Anggota: BNI SECURITY
  • Status perusahaan: Usaha Patungan
  • Status pengoperasian: Aktif
  • Perizinan Komersial: Manajer Investasi, Penjamin Emisi
  • Nilai MKBD terakhir: Rp 361.085.288.583
  • Kantor Pusat: Sudirman Plaza Indofood Tower, 16, Jenderal Sudirman, Kav. 76-78, Jakarta

6. CIMB Aplikasi Investasi Saham

Saya membuka rekening dengan rekening CIMB karena saya membutuhkan penelitian Anda, yang menurut saya bagus, lengkap dan gratis bagi siapa saja yang memiliki rekening saham di sana.

Saya membandingkan studi penelitian di berbagai aplikasi perdagangan saham dan menemukan bahwa penelitian di CIMB dilakukan lebih serius dan mencakup tidak hanya saham individu, tetapi juga penelitian ekonomi dan sektor.

Jika Anda tertarik dengan analisis fundamental, penelitian ini sangat berguna untuk memberikan wawasan tentang kinerja perusahaan dan prediksi saham di masa depan.

CIMB telah mengembangkan aplikasi untuk investor ritel, sekarang rekening saham Anda dapat dibuka secara online, meskipun Anda masih perlu menyerahkan dokumen kertas setelah melengkapi detail di aplikasi.

Aplikasi dapat dibuka tidak hanya melalui ponsel, tetapi juga melalui Internet tanpa mengunduh.

Pembukaan aplikasi ke CIMB tidak sepenuhnya online, nasabah harus mengisi formulir pada saat pendaftaran, menyerahkan dokumen, membasahi tanda tangan dan menyerahkan dokumen dan formulir ke CIMB. Dan temui CIMB saat Anda menandatangani pembukaan rekening.

Ketentuan transaksi saham di CIMB:

  • Komisi beli 0,18%, komisi jual 0,28%
  • Setoran minimal Rp 1 juta

Fungsi SMART order di CIMB menyediakan fungsi untuk purchase order dan sales order.

Beli – Smart Order 2 Opsi, yaitu:

  • Stop Loss untuk menahan order yang telah dicocokkan pada hari tersebut agar dapat dijual dengan kerugian yang telah kita tentukan dan berlaku selama 1 hari.
  • Take Profit untuk menahan order yang telah dicocokkan pada hari tersebut agar dapat dijual dengan profit yang telah ditentukan dan berlaku untuk jangka waktu 1 hari.
Rekomendasi:  5+ Cara untuk mengelola Risiko Investasi Saham bagi Investor Pemula

Sell: Smart order memiliki 1 opsi buyback, di mana terdapat dua opsi untuk menentukan harga, yaitu (1) harga yang telah ditentukan atau (2) order yang masuk ke pasar menggunakan penawaran terbaik.

Untuk rekening dana nasabah, CIMB hanya menyediakan rekening BCA untuk online trading. Tidak ada opsi akun lain.

CIMB belum memiliki layanan rekening syariah.

Data Bursa Efek Indonesia

  • Nama Anggota: CGS-CIMB SEKURITAS INDONESIA
  • Status perusahaan: Usaha Patungan
  • Status pengoperasian: Aktif
  • Perizinan Komersial: Manajer Investasi, Penjamin Emisi
  • Nilai MKBD terakhir: Rp 474.577.855.040
  • Kantor Pusat : Gedung Bursa Efek Indonesia Tower 2, 20, Jl Jenderal Sudirman Kav. 52-53, Kav 52-53, Jakarta Selatan

7. Mirae HOST Broker Saham

Mirae merupakan salah satu saham yang cukup populer dilihat dari nilai dan frekuensi transaksi BEI yang cukup tinggi. Sistem aplikasi perdagangan saham Mirae adalah HOST untuk laptop dan NEO HOST untuk ponsel.

Ketentuan perdagangan saham di Mirae Sekuritas adalah:

  • Komisi untuk penjualan saham: 0,25% dan komisi untuk pembelian saham: 0,15%
  • Tidak ada biaya minimal
  • Setoran minimal 10 juta

Dalam aplikasi ini, pelanggan dapat memilih dari 4 bank untuk membuka rekening dana pelanggan, sehingga pelanggan memiliki banyak pilihan untuk mentransfer uang mereka.

Yang sedikit berbeda adalah setoran minimum dengan Mirae, yaitu Rp 10 juta untuk mulai jual beli saham.

Jumlahnya cukup tinggi mengingat banyak aplikasi stok lainnya dapat diluncurkan tanpa setoran.

Namun, berdasarkan testimoni yang saya baca, banyak pengguna yang puas dengan layanan tim analisis dan pemasaran teknis Mirae untuk membantu pelanggan.

Juga, biaya perdagangan Mirae adalah salah satu yang terendah di antara aplikasi perdagangan lainnya. Tidak mengherankan, jumlah investor ritel di Mirae tinggi.

Data Bursa Efek Indonesia

  • Nama Anggota: MIRAE ACTIVE SEKURITAS INDONESIA
  • Status perusahaan: Usaha Patungan
  • Status pengoperasian: Aktif
  • Perizinan Komersial: Manajer Investasi, Penjamin Emisi
  • Nilai MKBD terakhir: Rp 924.551.257.677
  • Lokasi: Torre del Tesoro, 50, District 8, SCBD Lot 28, Jl Jenderal Sudirman, Kav. 52 – 54, Jakarta Selatan

8. Phillips POEM

Meskipun dia baru-baru ini berada di media karena terlibat dalam kasus perencanaan keuangan, Philips Securities memiliki aplikasi perdagangan saham yang cukup bagus. Dikenal sebagai favorit di mata para pedagang saham.

Philips Securities memiliki aplikasi perdagangan POEM – Phillip’s Online Electronic Mart System (POEMS), yang memungkinkan investor memainkan saham tanpa memerlukan aplikasi, cukup melalui browser internet.

Deposit minimal POEM adalah Rp 500.000 untuk membuka rekening saham.

Rekening dana nasabah (RDN) yang disediakan adalah BCA, Mandiri, Permata dan Sinarmas untuk rekening reguler dan BCA Syariah untuk rekening syariah.

Biaya perdagangan di POEM adalah:

  • Komisi untuk penjualan saham: 0,30% dan komisi untuk pembelian saham: 0,20%
  • Tidak ada biaya minimal
  • Minimal deposit Rp 500 ribu

Tarifnya relatif lebih tinggi dibandingkan nilai lainnya.

Untuk layanan CS, Philip menyediakan nomor WA, sehingga relatif mudah untuk menghubunginya.

Saya telah memverifikasi bahwa fitur aplikasi perdagangan POEM adalah:

  • Filter Saham, yang menampilkan 3 kategori: teknikal, fundamental, dan candlestick. Sangat berguna untuk memilih judul secara efisien berdasarkan kriteria yang telah kita tetapkan.
  • Bermitra dengan Sekolah Pasar Modal BEI, agar sepulang sekolah bisa segera mendaftar POEM.
  • Pelatihan berupa Philip Webinar yang berlangsung 3 kali seminggu setiap hari Rabu, Kamis dan Jumat pukul 08.00, selama 30 menit.

Salah satu keunggulan Philip adalah untuk menyimpan saham, disediakan saham SMARTPlan, yang memungkinkan pelanggan untuk membeli saham secara teratur berdasarkan kriteria yang telah ditentukan.

Cara kerja SMARTPlan adalah dengan memasang trigger untuk membeli saham jika (1) harga turun dengan persentase yang telah ditentukan atau (2) sesuai dengan jadwal yang Anda tetapkan, meskipun harga tidak turun di bawah target.

Misalnya, Anda memutuskan untuk membeli saham BBCA seharga Rp5 juta di SMARTPlan berdasarkan fakta bahwa harga turun rata-rata 2% dan Anda membeli setiap tanggal 25 (bayaran).

Artinya dengan kriteria ini, ketika harga saham BCA turun 2% walaupun tanggalnya belum ditentukan maka sistem SMARTPlan akan membeli saham, sebaliknya jika harga saham tidak turun setiap 25 maka sistem akan otomatis beli saham BCA berapapun harga saat ini.

Data Bursa Efek Indonesia

  • Nama Anggota: PHILLIP SECURITAS INDONESIA
  • Status perusahaan: Usaha Patungan
  • Status pengoperasian: Aktif
  • Lisensi komersial: pelanggan, agen broker
  • Nilai MKBD terakhir: Rp 197.910.171.912
  • Kantor Pusat: [email aman], 23B, Jl Jenderal Sudirman Kav. 33A, -, Jakarta

 

 

 

Duwitmu.com