10 tips Berinvestasi Saham agar cepat untung di Tahun 2022
pengalamanku.com

10 tips Berinvestasi Saham agar cepat untung di Tahun 2022

Orang yang berinvestasi saham jelas mengharapkan keuntungan. Namun, untuk mendapatkan hasil maksimal dari investasi saham, Anda memerlukan langkah-langkah yang tepat. Sebaiknya Anda mengetahui tips berinvestasi saham sebelum memulai.

Setiap keputusan selama pelaksanaan investasi ekuitas akan mengakibatkan hilangnya uang yang diinvestasikan. Oleh karena itu, para investor khususnya para pemula jangan sampai salah dalam mengambil tindakan saat berinvestasi saham.

Ada banyak tips investasi saham yang perlu diperhatikan agar investasi tersebut menghasilkan keuntungan yang signifikan. Apa yang harus diperhatikan untuk mencegah kerugian? Berikut tips berinvestasi saham.

Tips berinvestasi saham

1. Pahami saham dan cara kerja investasi saham

Tips pertama untuk berinvestasi saham adalah memahami apa itu saham dan bagaimana cara kerja investasi saham.

Langkah ini penting agar investor tahu bagaimana berinvestasi di saham untuk mendapatkan keuntungan atau menyebabkan kerugian.

Investor juga harus memahami apakah pengembalian yang lebih tinggi yang ditawarkan oleh investasi ekuitas disertai dengan risiko kerugian.

Dengan cara ini, investor dapat menghindari kerugian dan mendapatkan keuntungan sebanyak mungkin.

2. Pilih perusahaan publik yang andal

Setelah Anda memahami cara kerja dan tips investasi saham, langkah selanjutnya adalah memilih perusahaan saham yang memiliki reputasi baik.

Pastikan Anda memilih perusahaan pialang yang terdaftar dan memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan divisi anggota (Bursa Efek Indonesia).

Mereka tidak mudah terpengaruh oleh korporasi yang menawarkan berbagai keuntungan yang menguntungkan, tetapi mereka tidak memiliki izin yang jelas.

Hal ini penting untuk menghindari kerugian atau penipuan dengan dalih berinvestasi saham atau saham

Juga, pilih perusahaan terkemuka yang menawarkan aplikasi termudah untuk digunakan.

Saat ini, hampir semua korporasi menyediakan aplikasi digital yang memudahkan investor untuk melakukan transaksi investasi saham.

Rekomendasi:  Strategi Investasi Saham yang perlu dipahami bagi Pemula

3. Baca laporan keuangan saham

Saat ingin membeli saham, carilah saham yang akan dibeli terlebih dahulu.

Hal ini dapat dilakukan dengan membaca laporan keuangan perusahaan penerbit. Investor dapat melihat laporan keuangan mulai dari laba, penjualan, dan catatan modal hingga hutang perusahaan, terlepas dari apakah kategorinya lancar atau tidak.

Setelah melihat laporan keuangan, investor dapat mengevaluasi perusahaan mana yang berkinerja baik dan layak menjadi pilihan untuk berinvestasi di saham.

Hal ini karena kunci untuk memilih emiten yang baik adalah dari laporan keuangannya. Untuk itu, tips berinvestasi saham ini tidak boleh dilewatkan sebelum memutuskan untuk membeli saham.

4. Saham dengan area bisnis yang bagus

Tips berinvestasi saham selanjutnya adalah memilih saham dengan area trading yang bagus. Bagaimana Anda memilih judul kelas bisnis yang baik? Caranya adalah dengan mencari saham di sektor-sektor yang menguntungkan di berbagai kondisi ekonomi.

Oleh karena itu, jika ekonomi sedang tidak stabil atau menurun, nilai saham tidak akan turun banyak dan mencegah investor merugi.

5. Pembagian Kelas Premium

Selain memilih saham di bidang bisnis yang bagus, investor juga harus memilih saham preferen. Bagi pemula yang masih bingung mau membeli saham yang mana, sebaiknya pilih saham yang termasuk dalam kategori saham preferen.

Saham premium adalah saham paling berharga dan paling laris di bursa efek. Saham unggulan ini umumnya dikenal memiliki reputasi yang baik dalam memberikan keuntungan, baik berupa capital gain maupun dividen.

6. Perusahaan yang menguntungkan dan stabil

Karena tujuan utama berinvestasi saham adalah mengejar keuntungan, maka perusahaan penerbit yang akan dipilih harus menguntungkan dan memiliki sumber keuangan yang stabil.

Rekomendasi:  Catat 15 Rasio Keuangan Saham Penting yang harus Dipahami Pemula

Perusahaan yang menguntungkan dan stabil ini dapat dilihat setelah melihat laporan keuangan perusahaan. Investor dapat mengevaluasi sendiri emiten yang sehat secara finansial dan yang dapat menawarkan keuntungan.

Jangan pernah memilih emiten yang sejak awal menderita kerugian, meski harga saham yang ditawarkan rendah. Hal ini untuk menghindarkan investor dari risiko kerugian sejak awal investasi.

7. Perusahaan dengan catatan kepemimpinan yang baik

Selain rasio keuangan dan reputasi yang baik, saran investasi ekuitas lainnya adalah memilih perusahaan dengan track record yang solid atau track record mengemudi dari perusahaan yang sahamnya akan dibeli, dari direksi hingga komisaris.

Pilih perusahaan yang kepemimpinannya jujur dan terhormat.

8. Diversifikasi investasi ekuitas Anda

Tips berinvestasi saham selanjutnya adalah jangan memasukkan semua reksa dana Anda ke dalam satu investasi saham.

Tips ini penting bagi investor terutama pemula untuk menghindari kerugian jika pergerakan saham sewaktu-waktu tidak stabil.

Investor perlu menyisihkan uang untuk berbagai investasi, baik itu saham, reksa dana, atau emas.

Selain itu, investor juga dapat membagi investasi ekuitas mereka menjadi beberapa saham. Diversifikasi saham ini mampu meminimalkan risiko kerugian saat pasar sedang jatuh dan juga meningkatkan keuntungan.

9. Memantau pergerakan pasar saham

Tips investasi penting berikutnya adalah memantau pergerakan pasar saham secara berkala.

Dengan mengetahui pergerakan pasar saham, investor dapat mengetahui kapan harus membeli atau menjual saham untuk mendapatkan modal dan menghindari kerugian modal.

Selain itu, investor juga perlu mengetahui sentimen pasar yang juga mempengaruhi naik turunnya saham.

Biasanya sentimen pasar atau sentimen investor adalah akibat dari situasi saat ini yang menyebabkan perubahan posisi pasar saham.

10. Sabar dan disiplin stop loss

Setelah melalui berbagai langkah tersebut di atas, tips terakhir bagi investor khususnya investor adalah bersabar dan disiplin.

Rekomendasi:  Alternatif Lain untuk Investasi yang Dapat Dipertimbangkan

Ingatlah bahwa berinvestasi di saham adalah jenis investasi jangka panjang yang membutuhkan kesabaran. Keuntungan tidak dapat diperoleh dalam waktu singkat.

Selain itu, kesabaran juga dapat mencegah investor bertindak gegabah saat pasar sedang tidak stabil, yakni panik dengan menjualnya saat saham turun.

Investor yang mengetahui cara kerja investasi saham tidak akan mudah panik jika saham tiba-tiba turun.

Namun, investor juga harus menetapkan stop loss atau batas kerugian saham untuk meminimalkan kerugian. Jika saham yang jatuh melebihi batas kerugian yang ditentukan, investor bisa langsung menjualnya.

Oleh karena itu, berikut  adalah 10 tips berinvestasi saham yang harus diperhatikan investor sebelum berinvestasi. Semoga bermanfaat!

 

 

 

 

dailyfx.id