digitaloceanspaces.com

7 faktor yang mempengaruhi investasi untuk menghasilkan keuntungan

Ketika mulai berinvestasi, hal utama yang harus dipikirkan selain memilih alat investasi yang tepat adalah faktor-faktor yang mempengaruhi investasi untuk menghasilkan keuntungan yang maksimal.

Faktor-faktor yang mempengaruhi investasi antara lain usia investor, industri dan perekonomian negara, besaran suku bunga, situasi politik dalam negeri dan stabilitas.

Ada banyak alat investasi yang bisa dipilih oleh investor berpengalaman dan pemula, seperti reksadana, saham, deposito, obligasi, saham dan masih banyak lagi. Namun, semuanya bisa berjalan lancar jika kita memiliki cara kita sendiri untuk menanganinya.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui dan mempelajari faktor-faktor yang mempengaruhi investasi agar mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Pilih jenis investasi yang tepat untuk usia Anda

Apakah usia mempengaruhi pertumbuhan investasi? Jawabannya mungkin, tetapi tidak memiliki efek langsung.

Jika dianalisis lebih lanjut, investor pada kelompok usia 25-45 tahun cenderung memilih jenis investasi yang menawarkan imbal hasil yang tinggi meskipun tingkat risiko yang akan dihadapinya juga tinggi.

Berbeda dengan investor yang berusia antara 45 dan 65 tahun. Seiring bertambahnya usia, investor yang termasuk dalam kelompok usia ini cenderung memilih jenis investasi atau aset yang stabil dan memiliki risiko minimal.

Investor juga telah matang pada usia ini sehingga ketika berinvestasi mereka cenderung lebih berhati-hati dalam memutuskan jenis investasi yang akan dipilih.

Kondisi ekonomi dan politik lokal saat ini

Indonesia termasuk dalam kategori negara yang mampu melewati masa krisis ekonomi global. Tak terhitung berapa kali, Indonesia telah bertahan dari krisis ekonomi. Misalnya, krisis ekonomi yang terjadi dalam waktu dekat akibat pandemi Covid-19.

Semua ini tidak terlepas dari peran pemerintah dalam menjaga kondisi perekonomian agar dunia investasi tetap dapat beroperasi meski tersendat.

Rekomendasi:  10 Hal Yang Harus Anda Ketahui Tentang Bitcoin

Kondisi politik dalam negeri yang stabil juga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi investasi. Peran pemerintah dalam meredam gejolak guna menciptakan dan memelihara kondisi ekonomi yang sehat sangat dapat diprediksi.

Kemana pemerintah mengalokasikan dana APBN?

Mengapa penting untuk mengetahui kemana pemerintah akan mengalokasikan dana APBN? Pasalnya, ketika pemerintah fokus pada satu bidang, maka akan menjadi kawasan investasi yang menguntungkan. Tidak hanya investor lokal yang datang, tapi juga investor asing.

Untuk itu, penting untuk terus mengikuti perkembangan ekonomi terkini di Indonesia. Ambil contoh, pemerintah yang fokus pada pariwisata. Jadi industri yang bergerak di bidang pariwisata seperti restoran, akomodasi dan agen perjalanan adalah tempat yang tepat untuk berinvestasi.

Sektor mana yang sedang tren?

Salah satu cara untuk mengetahui tren dan perkembangan industri apa yang lebih awal adalah sektor yang pemerintah mengalokasikan berbagai dana anggaran pemerintah. Cara lain adalah mencari tahu langsung melalui CSO.

Sebagai contoh, tren industri yang sedang tren pada triwulan I-2020 menurut Badan Pusat Statistik adalah industri informasi dan komunikasi, jasa pendidikan, jasa keuangan, jasa kesehatan atau asuransi, dan kegiatan sosial.

Faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan tren industri ini biasanya karena tekanan sosial atau mungkin karena titik jenuh. Bahkan, ayunan saham biasa terjadi.

Oleh karena itu, penting juga untuk memperhatikan tren dan perkembangan industri saat ini sehingga Anda dapat memprediksi pergerakan aset di masa depan.

Likuiditas

Kemampuan suatu perusahaan untuk memenuhi kewajibannya atau besarnya likuiditas yang dihasilkan dari suatu investasi yang kita pilih merupakan faktor yang mempengaruhi investasi selanjutnya. Faktor kelima ini menjadi penting jika investasi yang kita kelola adalah investasi jangka pendek.

Rekomendasi:  Tips dan Strategi untuk Trading Emas Online

Semua investor yang menginvestasikan modalnya dalam jangka pendek mengharapkan pengembalian investasi atau keuntungan sesegera mungkin.

Oleh karena itu, pilihlah kendaraan investasi yang likuid dan mudah dilikuidasi. Namun, jika Anda berinvestasi untuk jangka panjang, Anda tidak perlu khawatir dengan likuiditas.

Selalu perhatikan perkembangan suku bunga

Faktor terakhir dan terpenting yang mempengaruhi investasi adalah memantau tren suku bunga. Karena suku bunga adalah hal terpenting untuk mendapatkan hasil maksimal dari investasi Anda.

Salah satu faktor yang mempengaruhi nilai suku bunga adalah kondisi global. Jika tingkat bunga menghasilkan pengembalian yang buruk, investor biasanya segera meninggalkan semua modal mereka.

Perbaikan birokrasi

Dulu, birokrasi terkait investasi dan pembukaan usaha rumit dan memakan waktu, sehingga banyak investor yang akhirnya fokus pada satu sektor saja. Namun seiring perkembangan zaman dan kemudahan teknologi, proses birokrasi di Indonesia sendiri telah mengalami perubahan menjadi lebih baik.

Untuk menilai apakah suatu negara layak dan mudah dari segi birokrasi, akan dievaluasi oleh Bank Dunia dan International Finance Corporation.

 

 

 

 

dailyfx.id