Review Realme GT Neo 3 : Spesifikasi, Performa dan Fast Charging 150W
techradar.com

Review Realme GT Neo 3 : Spesifikasi, Performa dan Fast Charging 150W

Seperti halnya ponsel GT merek sebelumnya, Realme GT Neo 3 menawarkan beberapa spesifikasi unggulan dalam paket kelas menengah yang terjangkau.

Fitur utama, setidaknya dalam varian ini, adalah pengisi daya berkabel 150W yang dapat membuat Anda mendapatkan baterai 100% dalam 15 menit. Implementasinya tidak begitu meyakinkan (mengapa kita harus menjalankannya?), Dan sayang sekali ukuran baterainya sedikit berkurang karena trade-off, tapi itu hal yang bagus untuk ponsel pada titik harga ini.

Yang juga mengesankan adalah kamera utama 50MP Realme GT Neo 3, yang menampilkan sensor unggulan Sony IMX766. Akan lebih penting jika kita belum pernah melihat komponen ini di ponsel yang lebih murah seperti Realme 9 Pro Plus dan OnePlus Nord 2T, tetapi ia mampu mengambil foto yang layak dalam berbagai kondisi pencahayaan.

Kami kurang terkesan dengan dua kamera pelengkap ponsel, yang menghasilkan bidikan makro ultra lebar yang mudah dilupakan. Tidak ada lensa telefoto juga, meskipun jauh dari titik harga ini.

techadvisor.com

Performanya di sini tak terbantahkan. Meskipun benar bahwa Realme GT Neo 3 tidak memiliki prosesor andalan yang diakui, chip Dimensity 8100 yang digunakannya sangat mengesankan dalam segala hal penting.

Pada harga ini, Realme GT Neo 3 menghadapi persaingan ketat dari Google Pixel 6, yang mengunggulinya dalam desain premium, perangkat lunak bersih, penyediaan pengisian daya nirkabel, dan kamera terdepan di kelasnya. Tapi Realme GT Neo 3 mampu bersaing dengan baik sambil tetap menyediakan beberapa fitur hebatnya sendiri.

Jangan terpukau dengan apa yang dilakukan Realme 9 Pro Plus beberapa bulan lalu, baik untuk desain maupun proposisi nilainya, tetapi Realme GT Neo 3 adalah pilihan kelas menengah yang bagus.

Harga Realme GT Neo 3

Realme GT Neo 3 akan dibanderol seharga  $750  untuk satu-satunya versi 12GB/256GB yang diluncurkan di Inggris.

Pada harga ini di Inggris, Realme GT Neo 3 berjalan persis pada Pixel 6 dan Samsung Galaxy S21 FE (setidaknya pada harga saat ini), sementara dengan nyaman mengungguli iPhone 13 dan Samsung Galaxy S22.

techradar.com

Desain Realme GT Neo 3

  • Rasio layar-ke-tubuh tinggi
  • Mirip dengan GT Neo 2

Melanjutkan pendahulunya Realme GT Neo 2, GT Neo 3 terlihat sangat familiar. Ini memiliki dimensi yang sangat mirip pada 163,3 x 75,6 x 8,2mm, meskipun menyusut 12g untuk menimbang 188g yang lebih masuk akal.

Perbedaan utama ada pada panel belakang, yang memiliki hasil akhir yang lebih ringan daripada pendahulunya yang mulus. Masih agak licin, tapi itu peningkatan dalam penanganan. Tekstur baru juga membuat GT Neo 3 lebih tahan terhadap sidik jari.

Model kami tersedia dalam warna hitam aspal, tetapi kami mendeteksi sedikit kilatan hijau dari beberapa sudut. Model yang paling menarik perhatian adalah versi Nitro Blue yang hadir dengan dua garis lebih cepat dan logo Realme ‘Dare to Leap’ yang diembos di bagian belakang. Mil Anda dapat bervariasi tergantung pada mana yang Anda inginkan.

techadvisor.com

Perbedaan lainnya adalah modul kamera yang sedikit dikonfigurasi ulang dengan lebih menonjolkan sensor layar lebar ultra baru. Bagian depannya kurang lebih sama, namun dengan lekukan yang digeser dari sudut kiri ke tengah.

Rekomendasi:  'The Nothing smartphone' benar nyata dan akan tiba musim panas tahun ini

Rasio layar-ke-tubuh adalah 94,2% yang mengesankan, mencerminkan fakta bahwa bezelnya tipis secara merata. Yang paling tidak premium adalah bingkai plastik ponsel, meskipun tidak terlihat terlalu murah.

Layar ini terbuat dari Corning Gorilla Glass 5, yang membuatnya cukup tahan gores.

Sentuhan sambutan lainnya adalah ketersediaan speaker stereo, meskipun kita sekarang melihat dominan seperti itu muncul di semakin banyak ponsel kelas menengah dan bahkan anggaran. Ini keras dan jelas, meskipun agak pendek dibandingkan dengan ponsel yang lebih mahal.

Display Realme GT Neo 3

  • Layar 6,7 inci 1080 x 2412
  • Kecepatan refresh 120Hz

Realme telah memperkenalkan layar AMOLED 6,7 inci berukuran besar dan berkualitas tinggi untuk GT Neo 3. Ini memiliki resolusi 1080 x 2412 atau FHD + dan memanfaatkan kecepatan refresh 120Hz penuh.

Ini bukan jenis kartu LTPO yang Anda dapatkan dengan ponsel andalan, artinya kecepatan refresh ini tidak sepenuhnya fleksibel. Ini bukan berita bagus untuk efisiensi layar, tetapi tidak ada bedanya dalam hal responsivitas, yang merupakan intinya.

Pengaturan kecerahan maksimum GT 3 baik-baik saja, meskipun kurang dari flagships dalam hal pencahayaan luar ruangan yang kuat. Dalam semua keadaan lain, ternyata lebih dari cukup.

Sensor optik di layar yang responsif terletak di bagian bawah perangkat. Seperti Realme 9 Pro Plus sebelumnya, ini bisa digunakan sebagai monitor detak jantung jika Anda masuk ke bagian Realme Labs dari menu Pengaturan.

techadvisor.com

Kamera Realme GT Neo 3

  • Sensor utama 50MP yang layak
  • Tidak ada lensa telefoto

Meskipun tambahan utama pada Realme GT Neo 3 mungkin adalah pengisi daya 150W, peningkatan kamera mungkin yang paling signifikan.

Kamera 50 megapiksel ponsel yang besar ini didukung oleh sensor Sony IMX766. Ini bukan lagi sensor gambar terbaru atau paling mengesankan di pasar, tetapi masih merupakan komponen unggulan (atau setidaknya komponen penting yang berdekatan). Kamera utama ini menghasilkan bidikan yang tajam dan jelas di sebagian besar kondisi pencahayaan, membedakan dirinya dari kerumunan kelas menengah.

Namun, jika ini bukan sistem kamera yang sama yang ditemukan di Realme 9 Pro Plus yang jauh lebih murah, serta OnePlus Nord 2T, setidaknya itu sangat mirip. Sensor Sony IMX766 sendiri menjadi jantung dari ketiga ponsel tersebut.

Kami tidak memiliki masalah dengan sensor utama yang umum, tetapi kami mengharapkan beberapa peningkatan dari kamera sudut ultra lebar 8MP itu, yang merupakan langkah mundur yang menonjol dalam hal detail, rentang dinamis, dan keseimbangan warna. Perbedaan kualitas bukanlah aspek yang menyenangkan.

Sementara itu, kekurangan gabungan dari lensa telefoto khusus agak sulit dicerna di ponsel seharga £ 600 dibandingkan dengan ponsel seharga £ 400. Tidak, Pixel 6 juga tidak memilikinya, tetapi kami juga mengeluhkannya dalam ulasan itu. dan ponsel Google mengambil foto yang lebih mengesankan di tempat lain untuk menutupi kekurangan tersebut.

Rekomendasi:  Review Asus Zenfone 9 : Spesifikasi, Desain, Display dan Harga
techadvisor.com

Google bahkan tidak repot-repot memasukkan sensor makro 2MP yang tidak berguna pada ponsel kelas menengahnya. Kami memahami manfaat dari penandaan kotak untuk menggabungkannya ke dalam ponsel yang lebih murah, tetapi untuk tujuan pasar ini, penyertaannya tampaknya tidak terlalu menyinggung.

Realme telah menyertakan mode kamera AI opsional, yang dinonaktifkan secara default. Dalam fotografi umum, ini mencerahkan dan menstabilkan warna, yang juga membantu dalam beberapa situasi HDR yang sulit (seperti saat memotret di menara dengan langit cerah namun berawan) dan pemotretan makanan yang lebih gelap. Namun, dalam fotografi lanskap secara umum, AI dapat membuat pemandangan tampak sedikit berwarna artifisial dan kami lebih suka membiarkannya pergi.

Bidikan malam memiliki kualitas yang baik, berkat sensor utama 1/1,56 inci dan OIS yang besar. Mode malam Realme bekerja dengan baik pada adegan pencahayaan tanpa membuatnya terlihat terlalu salah.

Kamera depan 16MP mengambil selfie yang layak, selama tidak ada area yang terlalu terang untuk meledakkan sesuatu, bahkan jika ada kelembutan dan kurangnya kedalaman dalam bidikan.

Sampel kamera

techradar.com
techradar.com
techradar.com
techradar.com

Spesifikasi dan Performa Realme GT Neo 3

  • Chipset MediaTek Dimensity 8100
  • RAM 12 GB

Realme telah melengkapi perisai menengah atasnya dengan chipset MediaTek Dimensity 8100 yang semuanya baru. Dibangun menggunakan proses 5nm yang canggih, ia sangat dekat dengan ujung atas kelas prosesor kelas menengah dan bahkan menyebabkan masalah. dengan beberapa pesaing utamanya.

Hal ini dibuktikan dengan skor rata-rata Geekbench 5 sebesar 966 single-core dan 4.061 multi-core. Skor terakhir secara khusus dengan mudah mengalahkan ponsel andalan yang dilengkapi dengan Exynos 2200 dan Snapdragon 8 Gen 1 dengan 400 hingga 600 poin.

Dengan RAM 12GB sebagai standar, bersama dengan penyimpanan internal 256GB, ini pada dasarnya adalah spesifikasi utama.

techadvisor.com

Dalam praktiknya, kami dapat menjalankan Genshin Impact pada pengaturan tinggi dan 60 fps dengan hasil pemutaran tinggi. Sekali lagi, ini adalah area utama.

Untuk balap sehari-hari, Realme GT Neo 3 tidak ketinggalan apa pun. Semuanya terbang pada 120Hz secara maksimal, tanpa pemotongan yang nyata. Performanya benar-benar tidak bisa dibedakan dari ponsel yang dijual dengan harga dua kali lipat.

Software Realme GT Neo3

  • Bekerja di Android 12
  • Realme UI 3.0 hadir dengan sejumlah aplikasi pra-instal

Realme GT Neo 3 berjalan pada Android 12 dengan antarmuka pengguna 3.0 kustom Realme di atasnya. Ini adalah antarmuka yang sama yang kami gunakan pada Realme 9 Pro Plus, sehingga dilengkapi dengan peringatan bloatware yang sama.

Dapatkan penawaran pra-instal yang sama dari Amazon Shopping, Booking.com, TikTok, Facebook, dan LinkedIn. Akan lebih baik jika mereka ditawarkan sebagai opsi selama proses penyiapan, tetapi mereka jauh dari contoh aplikasi pemuatan depan yang paling mengerikan seperti yang pernah kita lihat.

Rekomendasi:  Review Xiaomi Redmi Note 10 Pro : Ponsel TOP dengan Harga Murah

Sisi hal-hal di Android 12 menawarkan elemen kustomisasi wallpaper terbatas, tetapi tidak cukup material seperti yang dialami dengan Pixel 6. Untuk semua opsi penyesuaiannya, Realme UI 3.0 bisa tampak hampir ketinggalan zaman dibandingkan dengan seri Android dan iOS.

techadvisor.com

Secara keseluruhan, bagaimanapun, tidak banyak yang bisa dikeluhkan dengan Realme UI 3.0 pada Realme GT Neo 3. Ini relatif bersih, bekerja dengan baik pada kecepatan refresh 120Hz penuh, dan meninggalkan Google Feed dan istilah taskbar tepat di tempat yang mereka butuhkan. .

Daya tahan baterai Realme GT Neo 3

  • Baterai 4500mAh menawarkan masa pakai yang wajar
  • Pengisi daya 150W memerasnya hanya dalam 15 menit

Secara konsisten memenuhi syarat sejauh ini, tetapi Realme telah membuat kesalahan perangkat keras yang jarang terjadi dengan baterai Realme GT Neo 3. Di ponsel jenis ini, Anda hanya mendapatkan sel 4500mAh.

Agar jelas, wilayah lain mendapatkan versi dengan sel 5000mAh yang jauh lebih besar. Ada keuntungan untuk ini, yang akan kita miliki dalam urutan yang benar, cukup untuk mengatakan bahwa kita tidak yakin apakah itu layak dilakukan.

Sementara daya tahan Realme GT Neo 3 sama sekali tidak buruk, itu gagal untuk mengesankan. Pada rata-rata 16 jam sehari dengan lebih dari 3 jam waktu layar – apa yang kami sebut penggunaan sedang – kami menemukan bahwa Neo 3 akan turun menjadi sekitar 35 – 40%.

Ini bukan alasan untuk membuat stasiun panggilan panik, tetapi tidak jarang ponsel Android yang dioptimalkan dengan baik dengan baterai 5.000mAh mencapai 50% dan lebih banyak lagi dalam kondisi serupa.

techadvisor.com

Pertukaran yang kami sebutkan berasal dari penawaran pengisian cepat 150W dalam model Barat. Wilayah lain mendapatkan biaya 80W.

Anda harus mengaktifkan pengisian cepat secara manual di menu pengaturan, yang memberi tahu Anda bahwa itu mungkin bukan solusi terbaik bagi mereka yang tertarik dengan masa pakai baterai atau penumpukan panas.

Setelah diaktifkan, kami dapat mengisi daya ponsel hingga 100% hanya dalam 15 menit, yang tidak diragukan lagi sangat mengesankan. Tapi kemudian model 80W mengisi Anda hanya dalam waktu 30 menit, yang hampir tidak lambat. Kami lebih suka stamina ekstra, terus terang.

Hal lain yang Anda lewatkan di sini adalah pengisian nirkabel. Meskipun ini bukan fitur biasa pada titik harga yang rendah dibandingkan dengan flagship, Google Pixel 6 memberi Anda pengisian nirkabel dengan uang yang sama.

Spesifikasi

  • Android 12 with Realme UI 3.0
  • 6.62in Full HD+ AMOLED, 120Hz, HDR10+
  • MediaTek Dimensity 8100 chipset
  • 8/12GB RAM
  • 256GB internal storage (UFS 3.1)
  • 50Mp, f/1.9 main camera with OIS
  • 8Mp, f/2.3 ultrawide
  • 2Mp, f/2.4 macro
  • 16Mp, f/2.5 selfie camera
  • Stereo speakers
  • Fingerprint scanner (in-screen)
  • Wi-Fi 6
  • Bluetooth 5.3
  • GPS
  • NFC
  • 5G
  • Dual-nano SIM
  • USB-C
  • 4500/5000mAh non-removable battery
  • 80/150W wired charging
  • 163.3 x 75.6 x 8.2mm
  • 188g

 

 

 

 

techradar.com