dchained.com

Belajar Cryptocurrency : Bagaimana menggunakan Block Explorer

Blockchain pada dasarnya menyediakan catatan digital transaksi. Saat ini, ini paling sering mengacu pada catatan transaksi untuk cryptocurrency seperti Bitcoin (BTC). Basis data catatan, yang disebut blok, sering diiklankan karena transparansi dan kekekalannya. Tapi apa sebenarnya arti dari karakteristik ini? Jika Anda ingin menganalisis transaksi blockchain, Anda harus terlebih dahulu mengetahui cara menggunakan penjelajah blok.

Apa itu Block Explorer?

Penjelajah blok adalah alat utama dalam kotak peralatan pengguna cryptocurrency dan blockchain. Mirip dengan browser web yang memungkinkan pengguna untuk menelusuri halaman web, blockchain atau block explorer memungkinkan pengguna untuk menelusuri blockchain.

Kadang-kadang disebut “Google kriptografi dan blockchain” di komunitas kripto, penjelajah blok memungkinkan pengguna untuk mengekstrak data penting yang terkait dengan transaksi kripto, seperti alamat dan biaya.

Browser blockchain adalah aplikasi web, biasanya diakses secara online melalui browser web, yang menyediakan berbagai data tentang blockchain tertentu.

Setiap blockchain memiliki block explorernya sendiri

Ada banyak penjelajah blok karena setiap cryptocurrency atau blockchain memilikinya sendiri. Ini berarti Anda tidak dapat melacak transaksi Ether (ETH) dengan penjelajah blok Bitcoin.

Beberapa cryptocurrency populer seperti Bitcoin dan Ether juga memiliki sejumlah penawaran deteksi blok. Misalnya, ada puluhan penjelajah Bitcoin, yang paling populer adalah Blockchain.com, Blockchair, BlockCypher, dan Tokenview. Demikian juga, ada banyak penjelajah Ethereum, termasuk Etherscan dan Ethplorer.

Jika Anda ingin menemukan penjelajah blok untuk mata uang kripto tertentu, Google “penjelajah blok” dan penjelajah blok untuk mata uang kripto tertentu, atau lihat saja bagian “penjelajah” dari aset kripto yang Anda inginkan di situs besar seperti CoinMarketCap atau CoinGecko .

Perlu dicatat bahwa ada penjelajah blockchain pribadi dan publik, berdasarkan jenis blockchain yang digunakan. Di blockchain publik atau tanpa izin seperti Bitcoin atau Ethereum, siapa pun dapat membaca dan menulis di buku besar. Tetapi pada blockchain pribadi atau resmi, hanya entitas tertentu yang dapat membaca dan menulis di buku besar.

Rekomendasi:  Bagaimana Anda menghasilkan uang dari Trading Forex?Berikut Penjelasannya

Apa yang dapat Anda lakukan dengan block explorer?

Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan dengan browser blok, termasuk memantau informasi tentang blok yang baru saja diekstraksi, riwayat transaksi, kapasitas jaringan, dan menemukan blok pertama pada blockchain tertentu, atau yang disebut blok genesis. .

Itu selalu lebih mudah jika Anda memiliki alasan khusus untuk menggunakan penjelajah blok, jadi mari kita lihat beberapa contoh sederhana tentang cara menggunakan penjelajah blok.

Gunakan block explorer untuk melacak dari mana cryptocurrency berasal

Riwayat transaksi mungkin adalah salah satu kemungkinan paling menarik yang dibuka oleh penjelajah blok. Sementara layanan pembayaran tradisional hanya memungkinkan Anda untuk melacak transaksi Anda, blockchain publik dapat melacak hampir semua dompet.

Untuk memeriksa alamat Bitcoin Anda, salin dan tempel alamat BTC Anda ke bilah pencarian penjelajah blok seperti Blockchain.com. Anda kemudian akan diarahkan ke halaman dengan semua informasi yang berkaitan dengan alamat Bitcoin Anda, termasuk jumlah total transaksi masuk dan keluar, total BTC yang diterima dan dikirim, dan saldo dolar akhir.

cointelegraph.com

Gulir ke bawah untuk memeriksa log semua transaksi yang terkait dengan alamat BTC Anda dan pelajari lebih lanjut tentang setiap transaksi, termasuk ID atau hash transaksi, jumlah, pengirim dan penerima. Klik alamat pengirim untuk mempelajari lebih lanjut tentang alamat asal enkripsi.

cointelegraph.com

Lacak status transaksi Anda

Melalui browser blok, dimungkinkan untuk memeriksa status transaksi yang tertunda dan selesai, yang menunjukkan jumlah konfirmasi jaringan. Konfirmasi berarti transaksi telah diproses oleh jaringan dan sangat tidak mungkin dibatalkan.

Untuk memeriksa status transaksi, cukup masukkan ID transaksi di kotak pencarian dan lihat berapa banyak transaksi yang ada.

Rekomendasi:  3 Altcoin Teratas yang Perlu Investor pertimbangkan pada Maret 2022

Setiap cryptocurrency memiliki jumlah konfirmasi sendiri yang diperlukan untuk menyelesaikan transaksi, yang dapat bervariasi. Misalnya, pertukaran mata uang kripto utama AS, Coinbase, memerlukan setidaknya tiga konfirmasi untuk menyelesaikan transaksi BTC dan setidaknya 35 konfirmasi untuk menyelesaikan transaksi ETH.

Dengan menggunakan penjelajah blok, Anda dapat melihat jumlah transaksi yang belum dikonfirmasi pada blockchain mana pun dengan melihat bagian “transaksi yang belum dikonfirmasi” dari penjelajah Blockchain.com atau bagian “transaksi yang tertunda” dari Etherscan.

cointelegraph.com

Periksa berapa banyak Bitcoin yang beredar saat ini

Penjelajah blok menyediakan semua data yang diperlukan tidak hanya pada transaksi dan alamat, tetapi juga pada status blockchain yang diberikan secara umum. Dengan demikian, penjelajah blok juga menyertakan beberapa grafik yang berguna dari kesulitan jaringan, ukuran mempool, ukuran blok rata-rata, dan total cryptocurrency yang beredar.

Untuk melihat berapa banyak Bitcoin yang saat ini beredar, lihat grafik “Total Circulating Bitcoin” Blockchain.com. Pada saat publikasi, ada 18.556 juta Bitcoin yang beredar, yaitu sekitar 88% dari 21 juta Bitcoin yang pernah ditambang.

Pantau biaya transaksi rata-rata pada kartu kripto Anda

Biaya jaringan BTC dan ETH tidak terbatas dan mungkin menjadi lebih mahal karena peningkatan kemacetan jaringan. Misalnya, biaya transaksi Bitcoin melonjak menjadi $50 pada tahun 2017, ketika Bitcoin mencapai titik tertinggi sepanjang masa sebesar $20.000. Jika Anda melampirkan biaya transaksi yang terlalu rendah, transaksi tersebut pada akhirnya dapat dikembalikan ke pengirim.

Untuk menghindari situasi seperti itu, selalu periksa tabel tarif kripto dengan bantuan penjelajah blok terkemuka. Biaya rata-rata USD Bitcoin dapat ditemukan di bagian “Biaya Per Transaksi” di Blockchain.com.

Untuk biaya Ether, periksa “Pelacak Gas Ethereum” Etherscan untuk melihat berapa banyak yang akan Anda bayarkan untuk melanjutkan transaksi ETH. “Gas” mengacu pada komisi yang diperlukan untuk berhasil menyelesaikan transaksi Ethereum, harga gas ditunjukkan sebagai Gwei – denominasi ETH adalah 0,000000001 ETH.

Rekomendasi:  10 tips Berinvestasi Saham agar cepat untung di Tahun 2022

 

 

 

cointelegraph.com