Keuntungan dan Kerugian Investasi Emas yang Perlu Anda Tahu!
i1.wp.com

Keuntungan dan Kerugian Investasi Emas yang Perlu Anda Tahu!

Bukan rahasia lagi bahwa emas merupakan salah satu alat investasi yang dibutuhkan oleh banyak orang. Namun, sebelum memutuskan untuk berinvestasi, ada baiknya mengetahui kelebihan dan kekurangan investasi emas.

Berbagai macam bentuk emas dapat dijadikan sebagai alat investasi, kita sebut saja emas perhiasan, logam mulia atau emas antam, emas perhiasan, emas batangan, dinar emas dan masih banyak lagi. Apapun bentuk emasnya, hampir semua bentuk emas bisa didapatkan dengan mudah.

Selain itu, harga emas yang stabil cenderung naik setiap tahun, yang membuat emas cocok sebagai investasi jangka panjang.

Salah satu manfaat paling nyata dari berinvestasi emas di Antam adalah emas merupakan alat investasi yang pasti memberikan keuntungan. Berbeda dengan saham atau reksa dana yang memiliki kemampuan memberikan risiko kerugian.

Apa kelebihan dan kekurangan berinvestasi emas? Mari kita coba pahami penjelasan berikut.

Keuntungan investasi emas

1. Bersifat Likuiditas

Manfaat pertama berinvestasi emas di Pegadaian atau berinvestasi emas Antam atau investasi emas lainnya adalah sifat likuiditas dari emas tersebut. Artinya, kita akan mudah mencairkan emas dengan menjualnya.

Semua orang di dunia akan dengan senang hati menukarkan sebagian uangnya dengan emas sehingga penukarannya bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja walaupun kita berada di luar negeri.

Emas memiliki nilai, jadi dimanapun kita menjualnya harga jualnya akan tetap sama.

Berbeda dengan sarana investasi lain yang kurang fleksibel dalam pencairan investasinya. Dalam banyak kasus, pada kenyataannya, perlu berada dalam situasi tertentu untuk melakukan disinvestasi.

2. Sebagai cara untuk melindungi nilai kekayaan

Manfaat investasi emas selanjutnya adalah emas dapat digunakan sebagai salah satu cara untuk melindungi nilai kekayaan. Apalagi ketika inflasi terjadi ketika ada devaluasi mata uang, nilai emas meningkat.

Rekomendasi:  Catat nih ! Apa itu Saham Blue Chips, Gorengan, IPO hingga Treasury

Untuk melestarikan uang yang kita miliki, kita bisa menyimpannya dengan berinvestasi emas. Nilainya meningkat setiap tahun dan harga jual kembali yang menarik inilah yang akan melindungi nilai kekayaan kita.

3. Bisa dibeli dalam jumlah banyak sesuai keinginan kita

Jumlah emas yang akan kita beli untuk digunakan sebagai investasi, jumlahnya tergantung keinginan atau kebutuhan kita.

Meski dengan modal kecil, kita sebenarnya bisa membeli emas. Ada banyak platform atau toko emas yang menawarkan untuk membeli emas batangan serendah 0,1 gram.

Begitu juga dengan perhiasan emas. Kebebasan menentukan berapa gram emas yang akan kita beli adalah keuntungan kita karena dengan modal kecil kita tetap bisa berinvestasi.

4. Bebas pajak

Keuntungan berinvestasi emas ini hanya bisa didapatkan jika kita berinvestasi melalui emas. Karena emas adalah satu-satunya kendaraan investasi bebas pajak.

Berbeda dengan sarana investasi lain seperti saham karena kita harus membayar pajak ketika kita mendapatkan keuntungan dari investasi.

Kerugian investasi emas

1. Tidak dapat digunakan sebagai pendapatan pasif

Di balik semua kelebihan ada kekurangan berinvestasi emas. Pertama, emas tidak bisa dijadikan sebagai passive income, baik berupa bunga maupun dividen kepada pemiliknya.

Kita dapat merasakan manfaat berinvestasi emas hanya jika kita memutuskan untuk menjual emas ketika nilainya meningkat.

2. Ketika ekonomi stabil, harga emas melambat

Saat kondisi ekonomi sedang tidak stabil, emas menjadi alat untuk melindungi kekayaan individu karena pada saat itu nilai dan harga emas pasti akan naik.

Sebaliknya, saat kondisi ekonomi stabil, harga emas cenderung melambat.

Pasalnya, ketika perekonomian stabil, dorongan yang dirasakan masyarakat merupakan kekuatan alami untuk mengkonsumsi atau membeli sesuatu.

3. Lebih mudah kehilangan atau mencuri orang

Kelemahan berikutnya dari berinvestasi emas adalah bahwa emas adalah satu-satunya kendaraan investasi yang dapat dengan mudah hilang. Entah karena dicuri oleh orang lain atau karena kelalaian kita sebagai pemilik untuk menyimpannya.

Rekomendasi:  Raih Keuntungan Besar dengan Investasi di Tengah Kondisi Perekonomian saat Ini

Dalam banyak kasus kita mendengar bahwa ada pencurian perhiasan emas. Ini karena kami sebagai pemilik sangat blak-blakan tentang penggunaan emas sehingga membayar orang lain untuk mencurinya. Akibatnya, kita kehilangan alat investasi kita.

Lain halnya dengan emas batangan atau emas sebagai logam mulia. Perlu dicatat bahwa volume satu gram emas atau batangan logam mulia cukup kecil sehingga mudah hilang saat disimpan di mana saja.

Karena ukurannya yang kecil, mudah bagi kita untuk kehilangan emas batangan atau logam mulia. Bagaimana jika emas batangan atau logam mulia dalam jumlah banyak? Kemungkinan kerugian karena kelalaian masih rendah.

4. Lokasi penyimpanan khusus harus disediakan

Oleh karena itu, ketika kita memutuskan untuk berinvestasi emas, kita juga harus mempertimbangkan tempat yang paling aman untuk menyimpannya.

Saat ini sudah banyak perusahaan yang menyediakan safety deposit box tempat penyimpanan barang atau barang berharga lainnya. Salah satunya adalah safe deposit box milik bank swasta.

Selain itu, kami juga dapat mengasuransikan aset investasi berharga kami dengan asuransi swasta. Asuransi ini biasanya bertepatan dengan saat kita menyimpan emas di tempat penyimpanan khusus atau brankas.

5. Diperlukan biaya tambahan

Yang perlu diingat adalah menyewa private deposit atau brankas yang disediakan oleh jasa tersebut tentunya membutuhkan biaya sewa.

Untuk perhiasan emas juga diperlukan biaya tambahan lain seperti jasa pembuatan emas. Oleh karena itu, kelemahan terakhir dari investasi emas adalah kita harus menyimpan uang ekstra untuk biaya-biaya tertentu.

 

 

 

 

dailyfx.id