Jenis-jenis Penipuan dalam Kripto dan Bagaimana cara menghindarinya
cdnaz.cekaja.com

Jenis-jenis Penipuan dalam Kripto dan Bagaimana cara menghindarinya

Cryptocurrency adalah investasi yang sedang booming. Untung bisa sangat besar, bahkan mencapai ratusan persen. Namun, cryptocurrency tidak sedikit.

Cara mengenali penipuan dalam kripto dan cara menghindarinya. Kami akan membicarakannya nanti

Jenis penipuan crypto adalah Exit scam, Rug Pull, Hacking, dan ketidakmampuan untuk menarik secara kriptografis dari platform. Cara memerangi penipuan crypto adalah dengan memeriksa use case, mempelajari studi dan ekosistem, memeriksa latar belakang pendiri, pengembang.

Dalam dunia cryptocurrency, risiko yang dihadapi investor tidak hanya terkait dengan fluktuasi harga koin, tetapi juga dengan risiko penipuan atau scam.

Selama ini banyak investor yang belum berpengalaman hanya fokus pada fluktuasi harga, tetapi tidak memperhatikan risiko penipuan yang mengintai.

Penipuan bisa menimbulkan kerugian puluhan bahkan ratusan miliar.

Jenis penipuan dalam Kripto

Ada beberapa jenis penipuan kripto, yaitu:

1. Exit Scam

Exit Scam adalah penipuan pengembang proyek kriptografi. Penipuan ini terjadi ketika pengembang mengambil uang investor dari hasil penawaran koin awal (ICO).

Metode yang biasanya digunakan adalah bagi pengembang untuk meluncurkan aset kripto baru dan menghadirkan konsep yang menjanjikan kepada investor.

Setelah proses ICO, pengembang mengumpulkan dana investor dan kemudian menghilang tanpa jejak saat mengambil uang investor.

2. Rug Pull

Rug Pull adalah scam atau penipuan melalui jaringan Decentralized Finance (defi).

Pengembang membuat token kriptografi dan mencantumkan aset kripto di Defi. Yang pasti, developer akan memasangkan koin baru dengan koin lama dan terkenal seperti Ethereum ETH.

Setelah banyak investor menukar ETH mereka dengan token yang baru terdaftar, pengembang menarik semua likuiditas dan mendorong harga koin ke nol.

Menariknya, pengembang telah membuat promosi hoax di komunitas Telegram, Twitter, dan platform media sosial lainnya. Pada saat yang sama, pengembang juga menyuntikkan dana untuk meningkatkan likuiditas guna meningkatkan kepercayaan investor.

Proyek Rug Pull ditampilkan di platform DEX karena mencantumkan koin di DEX gratis, mudah, dan tidak diatur. Pemeriksaan DEX tidak seketat CEX – Centralized Exchange.

Acara ekstraksi karpet biasanya ditandai dengan meroketnya harga token dalam jangka waktu singkat beberapa jam, dari 0 hingga 50 kali dalam waktu kurang dari 24 jam.

Tujuan dari taktik ini adalah untuk mendorong FOMO, yang membuat orang berinvestasi dalam token palsu.

Squid Game (SQUID) adalah salah satu cryptocurrency yang mengalami kenaikan harga yang signifikan hanya dalam beberapa hari.

Pengakuan ini didukung oleh animo yang besar terhadap film Squid Game, yang juga menjadi inspirasi pembuatan token SQUID.

Token ini memperoleh 83,533% hanya dalam 11 hari dan terus meningkat di atas 10000% hanya dalam empat jam.

Sayangnya, setelah apresiasi, harga SQUID turun menjadi hampir $0 atau tidak ada nilainya.

Banyak orang menderita kerugian saat berinvestasi di cryptocurrency SQUID.

3. Hacking system kripto

Pencurian cryptocurrency terbesar terjadi di MT Gox. Itu adalah peretasan skala besar pertama di bursa dan masih merupakan pencurian Bitcoin terbesar dari bursa.

Rekomendasi:  Rahasia Trading Forex Supaya Konsisten Profit

Selama beberapa tahun, peretas mencuri 100.000 Bitcoin dari bursa dan 750.000 Bitcoin dari pelanggan bursa. Bitcoin saat itu masih bernilai $470 juta, bisa dibayangkan betapa kayanya hacker saat ini.

MT Gox dilikuidasi tak lama setelah peretasan, dengan likuidator memulihkan sekitar 200.000 Bitcoin yang dicuri.

Insiden lain terjadi di dompet Bitmart. Pada Desember 2021, hampir $ 200 juta dicuri selama peretasan dompet panas Bitmart.

Awalnya, $ 100 juta dicuri melalui blockchain Ethereum, tetapi penyelidikan lebih lanjut mengungkapkan bahwa $ 96 juta lainnya dicuri melalui blockchain Binance Smart Chain.

Pada Desember 2021, seorang peretas berhasil mencuri dana dari berbagai dompet cryptocurrency di platform DeFi BadgerDAO.

Investigasi masih berlangsung, tetapi masalah diyakini muncul setelah skrip berbahaya disuntikkan ke UI situs pada 10 November.

Saat skrip aktif, transaksi pengguna dapat dicegat. Dalam satu kasus, penyerang mengambil 896 bitcoin senilai sekitar $50 juta.

4. Cryptocurrency tidak dapat ditarik dari platform

Pada Juni 2022, platform pinjaman Celsius mengumumkan bahwa investor tidak dapat menarik atau menjual mata uang kripto di platform Celsius.

Anda dapat membayangkan bahwa kami menyimpan uang di bank, dan kemudian bank memberi tahu kami bahwa tidak mungkin untuk menarik uang sampai tanggal yang tidak ditentukan. Ini terjadi dalam Celcius, tetapi dalam bentuk cryptocurrency.

Dalam sistem perbankan hal ini sangat jarang terjadi, karena bank sentral dan pemerintah harus turun tangan untuk melindungi kepentingan nasabah. Lagi pula, pemerintah pasti berusaha membuat pelanggan menarik uang mereka.

Dalam kasus cryptocurrency, karena sektor ini masih baru dan terdesentralisasi, tanpa intervensi pemerintah atau peraturan, risiko sepenuhnya ada di tangan investor.

Tips untuk menghindari jebakan penipuan dalam kripto

Karena industri cryptocurrency masih baru dan terdesentralisasi, di mana peran regulator minimal, investor harus sangat berhati-hati. Tidak ada jaring pengaman dari regulator seperti bank sentral, SEC untuk melindungi Anda atau menyelamatkan Anda jika terjadi penipuan kripto.

Untuk menghindari penipuan, investor cryptocurrency dapat:

a. Cari tahu apakah proyek kripto menarik

Apa tujuan dari proyek tersebut? Masalah apa yang coba dipecahkan oleh proyek crypto?

Cryptocurrency yang dibeli oleh investor harus dianalisis untuk kasus penggunaan, ekosistem, dan keunggulan dibandingkan proyek cryptocurrency lainnya. Karena proyek ini bagus dan bermanfaat, koin ini layak dibeli.

Misalnya, Bitcoin adalah cryptocurrency generasi pertama yang hanya dapat digunakan sebagai emas digital atau penyimpan nilai. Kasus penggunaan Bitcoin masih relatif terbatas.

Ethereum adalah cryptocurrency generasi kedua yang berupaya meningkatkan dan menambah nilai pada teknologi Blockchain dengan menawarkan kontrak pintar. Kontrak pintar memungkinkan cakupan kasus penggunaan kripto yang lebih luas, seperti keuangan terdesentralisasi, nft, dan game.

Cardano adalah proyek kripto generasi ketiga yang diharapkan melampaui Bitcoin dan Ethereum karena menawarkan teknologi kontrak pintar yang lebih cepat, lebih murah, dan lebih hemat energi.

Kecepatan, biaya transaksi, dan konsumsi daya adalah faktor yang selalu menjadi dasar untuk mengevaluasi proyek kripto. Lebih cepat, lebih murah, dan lebih hemat energi, ini menjadi crypto-blockchain.

Rekomendasi:  Mengenali Pentingnya Pembagian Dividen dalam Investasi

Informasi tentang proyek crypto dapat ditemukan di YouTube atau forum Reddit. Hampir selalu ada youtuber atau forum reddit yang membahas proyek crypto.

Selain youtube dan reddit, dokumen Whitepaper tidak kalah pentingnya sebagai sumber informasi karena otentik untuk pengembang yang membangun proyek.

Apa itu whitpaper?

b. Lihat Whitepaper Proyek

Investor harus membaca buku putih tentang proyek kripto apa pun. Ini adalah dokumen penting.

Whitepaper seperti prospektus jika Anda memilikinya. Konten menjelaskan alasan proyek, masalah mana yang diselesaikan dan solusi apa yang ditawarkan.

Berdasarkan studi tersebut, investor dapat menilai apakah itu adalah proyek serius yang menawarkan teknologi inovatif dan prospek masa depan.

Investor dapat membandingkan isi buku putih dengan studi dari proyek sukses lainnya. Kita bisa melihat dan membandingkan kedalaman kertas putih.

Dokumen kertas putih tersedia di situs web Proyek Kriptografi. Tersedia secara gratis.

Masalahnya, pada kenyataannya, tidak mudah untuk membaca dan memahami isi Whitepaper. Isinya sangat teknis, terutama IT dan komputer.

c. Lihat pendiri, pengembang, investor

Penting untuk melihat siapa pendiri proyek ini. Orang di belakang pistol sangat mempengaruhi keberhasilan proyek.

Kami dapat memeriksa pengalaman pendiri dan CV di LinkedIn. Sudah berapa lama Anda berkecimpung di industri cryptocurrency, apa pengalaman kerja Anda, dari sekolah apa Anda lulus dan apa latar belakang Anda.

Kemudian, selain dari pendiri, kita harus melihat tim pengembangan ke. Pengalaman dan ukuran tim menunjukkan keseriusan proyek ini.

Proyek sebuha biasanya dianggap oleh pendiri dan pengembang tidak serius. Misalnya, ada kejadian ketika foto para pendiri dan pengembang yang diposting di situs diambil dari foto orang lain.

Membangun proyek crypto yang sukses membutuhkan cukup banyak uang. Dukungan pendanaan yang kuat dan berkelanjutan diperlukan untuk membangun tim dan teknologi yang solid.

Oleh karena itu, kita perlu melihat siapa investor besar di balik proyek tersebut. Investor dengan pengalaman luas dalam pengembangan proyek crypto Sebuha tentu saja merupakan keuntungan.

d. Apa yang ada di dalam kripto ekosistem?

Evolusi aset kripto ditentukan oleh evolusi atau tidak dari ekosistem kripto. Karena semakin banyak pengembang membangun aplikasi perangkat kripto, ekosistem akan berkembang.

Ekosistem yang baik akan mendorong adopsi cryptocurrency secara luas, yang pada gilirannya akan meningkatkan permintaan cryptocurrency tersebut. Harga secara alami akan naik jika permintaan untuk adopsi meningkat.

Oleh karena itu, investor harus menganalisis ekosistem. Triknya adalah:

  • Cari tahu berapa banyak pengembang yang berpartisipasi dalam pengembangan proyek
  • Berapa banyak yang diinvestasikan dalam proyek?
  • Bagaimana proyek baru muncul dalam ekosistem.

e. Diversifikasi portofolio

Diversifikasi portofolio Anda adalah langkah yang harus diambil. Ini menjadi tolak ukur untuk tidak menempatkan semua uang Anda dalam satu aset, terutama yang memiliki risiko sangat tinggi.

Bitcoin sangat menarik sebagai sarana investasi. Hasil tinggi, sangat cair, mudah didapat dan sangat populer.

Rekomendasi:  Apa itu Investasi Bodong? Berikut Jenis dan Tanda-tandanya.

Namun, risikonya juga sangat tinggi. Fluktuasi harga bitcoin bisa sangat ekstrim.

Bentuk kehati-hatian kami adalah untuk tidak memasukkan semua uang kami ke dalam Bitcoin. Kami melakukan apa yang kami mampu untuk kehilangan.

Dengan kata lain, masukkan “uang tunai dingin” ke dalam Bitcoin. Bersiaplah untuk kehilangan uang itu.

f. Diversifikasi exchange

Jual beli cryptocurrency bukanlah satu pertukaran, tetapi beberapa untuk memastikan bahwa jika salah satu memiliki masalah, masih ada pertukaran lainnya.

Juga, ketika cryptocurrency disimpan di dompet milik Exchange. Kita harus sangat yakin dengan sistem keamanan dompet bursa.

Jumlah kasus pertukaran yang diakui mengingatkan kita bahwa meskipun banyak tindakan telah diambil untuk melindungi pertukaran dari serangan peretas, masih ada kasus peretasan.

Daftar hibah hibah tidak ada habisnya, sesuatu telah terjadi dari 2011 hingga sekarang hingga 2020.

Salah satu cara untuk memerangi ini adalah dengan berinvestasi dalam cryptocurrency di beberapa bursa. Tidak terikat pada satu pertukaran.

Salah satu cara untuk memilih perdagangan adalah dengan melihat peringkat pertukaran dari situs web coinmarketcap. Semakin tinggi peringkat, semakin aktif pertukaran dan potensi arus kas mereka baik, jadi jika ada masalah, mereka memiliki cukup modal untuk mengatasi masalah seperti peretasan.

g. Memahami DYOR (Do Your Own Research)

Mantra dunia cryptocurrency adalah DYOR – Lakukan riset Anda. Lakukan penelitian Anda.

Kami meminta Anda untuk memahami dan mempelajari cryptocurrency dengan baik, terutama mengenai fungsinya dan risiko yang mungkin timbul. Jika kita memahaminya dengan baik, kita dapat mengevaluasi apakah aset ini memenuhi selera risiko kita atau tidak.

Karena cryptocurrency ini adalah jenis aset baru. Ada banyak hal yang tidak kita ketahui dan kita perlu belajar untuk memahaminya dengan baik.

Selain itu, sifat mata uang kripto yang terdesentralisasi memungkinkannya dibuat dengan mudah dari mana saja. Situasinya berbeda, misalnya dengan perangkat terpusat, di mana ada orang yang berwenang untuk melepaskan dan memantau jalur perangkat.

Jadi kemungkinan penipuan crypto cukup tinggi. Ini seperti barat liar liar di Amerika.

Tanpa riset yang kuat, kita mudah terombang-ambing dan terpengaruh ketika harga berfluktuasi. Akibatnya, Anda membeli cryptocurrency di masa-masa sulit dan menjual cryptocurrency dengan panik.

Jika Anda memiliki keyakinan kuat yang lahir dari DYOR, volatilitas harga cryptocurrency tidak akan memengaruhi keputusan investasi Anda. Padahal, ketika harga turun, kita justru membeli lebih banyak karena kita tahu yang baik itu layak untuk dituai.

h. Pilih bursa yang terdaftar resmi di Bappebti

Gunakan bursa yang sudah memiliki merek terdaftar Bappebti. Mereka yang terdaftar jelas merupakan perusahaan dengan modal yang memadai dan diseleksi secara ketat.

Faktanya, ada beberapa bursa Bitcoin terbesar di dunia yang tidak terdaftar di Bappebti. Anda dapat memilih mata uang ini, tetapi Anda perlu memastikan bahwa mereka memiliki izin yang jelas dari pihak berwenang.

 

 

 

 

duwitmu.com