6+ Cara Efektif untuk Menghilangkan Iklan di HP Anda
1.bp.blogspot.com

6+ Cara Efektif untuk Menghilangkan Iklan di HP Anda

Ketika sebuah iklan tiba-tiba muncul di ponsel Anda, Anda pasti merasa bingung bukan? Untuk itu, Anda mungkin akan segera menemukan cara untuk menghilangkan iklan di ponsel favorit Anda. Tetapi apakah metode yang Anda gunakan sejauh ini aman dan efektif?

Tidak dapat disangkal bahwa aplikasi penghapus iklan pop-up yang diunduh benar-benar membawa masalah baru. Entah karena aplikasi memakan memori telepon atau karena mengandung perangkat lunak berbahaya, karena diunduh dari tempat yang tidak resmi.

Tidak hanya mengganggu, iklan yang muncul di ponsel juga bisa mengandung malware yang mengganggu keamanan ponsel Anda. Untuk itulah, kali ini kami memberikan tips cara menghilangkan iklan dari ponsel tanpa aplikasi atau cara menggunakan aplikasi dengan aman dan efektif.

Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan iklan di ponsel, termasuk malware atau virus. Setidaknya iklan yang muncul di ponsel adalah iklan sistem pada notifikasi dan aplikasi yang telah ditentukan.

Cara Menghilangkan Iklan di HP Tanpa Aplikasi

Ada beberapa cara untuk memblokir iklan pop-up yang tiba-tiba muncul di ponsel Anda. Berikut penjelasannya:

1. Pengaturan browser Google Chrome

Banyak jenis iklan yang muncul akibat aktivitas internet menggunakan Google Chrome. Beberapa orang tidak menyadari bahwa mereka telah mengunjungi situs web yang menampilkan iklan yang mengganggu. Ada dua cara untuk menghapus iklan dari Google Chrome:

Metode 1

  • Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuka Google Chrome lalu pilih tiga titik di kanan atas
  • Kemudian klik Pengaturan, temukan dan klik sembulan dan pengalihan
  • Kemudian pilih sakelar untuk menonaktifkan tampilan dan memblokir iklan pop-up

Metode 2

  • Jika Anda menerima iklan dari Google Chrome karena Anda telah mencapai situs web tertentu. Anda dapat menghapus iklan dengan menghapus riwayat atau
  • riwayat penelusuran Anda. Dengan menghapus riwayat pencarian Anda, iklan Google Chrome akan hilang.

Mengenai clearing history di Google Chrome yaitu sebagai berikut :

  • Buka Google Chrome dan klik tiga titik di pojok kanan atas
  • Kemudian gulir ke bawah hingga Anda menemukan History
  • Klik pada riwayat dan hapus data penjelajahan Anda.

2. Aktifkan fungsi Play Protect

Google Play Protect dapat melindungi ponsel Anda dari aplikasi yang berisi iklan berbahaya. Anda bisa mengaktifkan fitur ini untuk menghapus iklan di Android. Berikut langkah-langkah untuk mengaktifkannya:

  1. Buka aplikasi Google Play Store dari Google Play
  2. Klik ikon profil di sudut kanan atas
  3. Pilih Play Protect dan klik Pengaturan
  4. Aktifkan pencarian aplikasi dengan Play Protect

3. Manfaatkan pengaturan keamanan

Iklan yang muncul di ponsel paling ditakuti oleh virus atau malware. Beberapa iklan di ponsel dapat mengelabui pengguna agar memasang aplikasi tertentu. Beberapa aplikasi ini memiliki peringkat rendah di Play Store dan pengguna tidak membutuhkannya.

Jika Anda ingin mencegah ponsel Anda menginstal aplikasi dari sumber yang tidak dikenal, Anda dapat memblokir akses ke aplikasi dari luar Play Store di Pengaturan Keamanan. Cara mengakses menu Setting atau Setting. Lalu masuk ke menu Security, lalu ke menu Privacy. Jangan izinkan HP untuk menginstal aplikasi dari sumber yang tidak dikenal (unknown origin).

4. Bayar biaya berlangganan aplikasi

Seperti yang Anda ketahui, sebagian besar aplikasi Android menampilkan iklan untuk memperoleh pendapatan dari pengguna. Ini adalah cara paling umum bagi pengembang aplikasi untuk menghasilkan uang. Pendapatan iklan digunakan untuk biaya operasional, pengembangan aplikasi, dan keuntungan pengembang.

Rekomendasi:  Review OnePlus 10 Pro : 'Flagship-killer' adalah flagship itu sendiri

Sebagian besar pengembang menawarkan kemampuan untuk menghapus iklan di perangkat seluler dengan membayar biaya berlangganan. Dengan sistem berlangganan, bisnis masih bisa mendapatkan keuntungan dari pengguna yang tidak ingin melihat iklan di ponsel mereka setiap bulan atau tahun. Pendapatan developer juga lebih stabil dibandingkan menawarkan sistem akuisisi.

Saat ini memang banyak sekali aplikasi yang menawarkan skema akuisisi. Di satu sisi, Anda harus membayar untuk menggunakan aplikasi terlebih dahulu. Namun, sebagian besar aplikasi ini jarang mendapatkan konten yang diperbarui, sehingga terlihat membosankan untuk waktu yang lama.

5. Matikan Wi-Fi atau jaringan seluler

Cara terakhir untuk menghilangkan iklan di ponsel Anda adalah dengan mematikan jaringan seluler atau Wi-Fi. Cara ini cukup efektif untuk menghilangkan iklan dari aplikasi yang bisa digunakan secara offline.

Saat Anda menayangkan iklan, aplikasi akan mengunduh materi iklan terlebih dahulu di internet. Jika koneksi internet terputus, aplikasi tidak dapat lagi mengunduh materi iklan. Aplikasi atau game offline dapat berjalan meskipun tidak terhubung ke internet. Selanjutnya, cara ini cukup efektif untuk mencegah ponsel Anda menerima malware atau menginstal aplikasi yang tidak memiliki sumber yang jelas.

Untuk game, Anda bisa mencoba trik menghilangkan iklan di ponsel ini. Hampir semua iklan seluler dimuat secara dinamis dari web, ponsel Anda harus online untuk menampilkan iklan. Jika game yang Anda mainkan dapat dibuka dalam mode offline, Anda cukup menutup akses internet untuk menghilangkan iklan dari ponsel Anda.

Anda hanya perlu mengatur ponsel Anda ke mode pesawat saat Anda mulai bermain. Jika Anda melakukannya, sebagian besar iklan spanduk akan hilang dan iklan video tidak akan ditampilkan. Anda mungkin masih melihat placeholder iklan, tetapi itu hanya titik kecil. Selain mode pesawat, Anda juga dapat mencoba mematikan koneksi internet Anda untuk menghilangkan iklan di ponsel Anda. Untuk Wi-Fi, Anda juga dapat membaca cara memperbaiki Wi-Fi yang tidak dapat terhubung, yang akan berguna ketika saatnya tiba.

Penghapusan iklan dari ponsel melalui aplikasi

Untuk mengetahui cara menghapus iklan di perangkat Anda dengan aplikasi pop-up, Anda harus mengikuti langkah-langkah di bawah ini. Nantinya kamu bisa menghilangkan berbagai iklan dari handphone kamu baik itu Samsung, Xiaomi, HP vivo, Oppo, Advan. Untuk aplikasi, baca juga cara memblokir aplikasi di ponsel Anda, yang berguna untuk melindungi data pribadi Anda.

1. Gunakan Adguard

Adguard adalah aplikasi yang melindungi ponsel Android Anda dari iklan. Aplikasi ini juga akan memindai semua aplikasi yang diinstal dan menimbulkan ancaman.

Aplikasi ini memiliki antarmuka modern dan desain sederhana. Cara menggunakannya cukup mudah, ikuti saja langkah-langkah di bawah ini.

  • Unduh dan instal Adguard.
  • Klik ikon daya untuk memulai fitur pemblokiran iklan.
  • Periksa semua konfigurasi di aplikasi.
  • Iklan akan diblokir secara otomatis.

Versi Adguard tersedia di Play Store, tetapi untuk mendapatkan versi lengkap Anda perlu mengunduhnya secara gratis dari situs web Adguard: https://adguard.com/en/adguard-android/overview.html

Setelah Anda memiliki versi lengkap dan diinstal, Anda dapat memblokir iklan di ponsel Anda. Anda juga dapat menyesuaikan sejauh mana setiap aplikasi memblokir iklan dan menyetel filter untuk sepenuhnya mengontrol pemblokiran iklan di perangkat Anda.

Rekomendasi:  7 Kebiasaan Sehat untuk Hidup Sehat

2. Gunakan aplikasi Adclear

Cara selanjutnya adalah dengan bantuan aplikasi bernama AdClear. AdClear sendiri adalah aplikasi yang memblokir iklan saat Anda menjelajah atau menggunakan aplikasi yang dapat menyematkan iklan.

  • Unduh dan buka AdClear.
  • Konfigurasikan AdClear dengan browser terkait.
  • Selesai, semua iklan akan diblokir.

3. Aktifkan aplikasi Adblock

Iklan biasanya muncul secara tiba-tiba saat kita menjelajah dunia maya. Ada banyak aplikasi atau plugin yang dapat digunakan untuk mengatasi hal ini.

Adblock adalah salah satu cara terbaik untuk memblokir iklan saat pengguna menjelajahi web menggunakan browser Chrome. Cara menggunakannya cukup mudah, ikuti saja langkah-langkah di bawah ini.

  1. Buka browser Chrome
  2. Masuk ke situs AdBlock di https://getadblock.com/
  3. Klik tombol biru DAPATKAN ADBLOCK SEKARANG di tengah halaman web.
  4. Halaman instalasi ekstensi browser yang sesuai akan ditampilkan.
  5. Klik tombol Tambahkan ke Chrome untuk menambahkan ekstensi ke browser Chrome.
  6. Klik tanda berhenti berwarna merah.
  7. Klik daftar centang opsi dan pengaturan yang diinginkan dan simpan pengaturan tersebut.

Jika Anda menggunakan ponsel Samsung dan Samsung Internet untuk browser Anda, Anda dapat memanfaatkan aplikasi AdBlock Plus untuk Samsung Internet. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis dari Google Play Store.

AdBlock Plus untuk Samsung Internet akan secara otomatis membawa Anda ke pengaturan perangkat di mana Anda perlu mengaktifkan pemblokiran iklan. Jika Anda memilih opsi “Blok Lain”, Anda dapat menonaktifkan atau mengaktifkan opsi seperti pemantauan tombol media sosial dan lainnya. Anda juga dapat melihat opsi untuk menambahkan daftar filter lain di bawah.

Ada juga browser AdBlocker gratis yang memblokir iklan tanpa membayar dan efektif. Aplikasi ini sangat mudah digunakan karena memblokir iklan segera setelah Anda mulai menggunakannya.

Jika Anda ingin melihat sendiri bahwa browser memblokir iklan, ketuk ikon Perisai dan Anda dapat melihat berapa banyak iklan yang diblokir aplikasi di sudut kiri bawah aplikasi.

Browser juga dapat memblokir spanduk, iklan video, dan popup. Selain menjauhkan iklan, aplikasi ini juga melindungi Anda dari ancaman seperti phishing, malware, virus, dll. Aplikasi ini juga kompatibel dengan baterai, jadi Anda tidak perlu khawatir aplikasi akan menguras baterai Anda.

4. Gunakan browser UC

Selain Chrome, Anda juga bisa menggunakan UC browser untuk browsing lebih aman. UC Browser memiliki U4 Engine untuk penjelajahan yang lebih lancar, unduhan file yang lebih cepat, dan tampilan video yang lebih lancar. UC Browser juga memiliki fitur Ad Block yang dapat memblokir berbagai bentuk iklan yang mengganggu saat browsing.

  • Pertama, buka aplikasi Chrome dan klik tiga titik di sudut kanan atas.
  • Kemudian pilih “Pengaturan Situs”, lalu “munculan dan pengalihan” dan klik “ubah”.
  • Jika tampilan berubah menjadi abu-abu, itu berarti iklan atau pop-up akan diblokir.
  • Tidak hanya menghapus iklan dari ponsel Anda, tetapi Anda juga dapat memblokir notifikasi dari situs web tertentu.

Selain UC Browser, ada Brave Browser, yang menawarkan fitur perlindungan pelacakan yang membuat Anda tetap aman. Jika Anda ingin mengikuti karena alasan tertentu, fitur tersebut dapat diaktifkan hanya dengan mengetuk ikon singa oranye di bagian atas.

Anda dapat mengaktifkan atau menonaktifkan “Pemblokiran dan Pelacakan Iklan” di Kontrol Kustom. Jika diaktifkan, Anda juga dapat mengubah pengaturan untuk HTTPS Everywhere, pemblokiran cookie pihak ketiga, pemblokiran skrip, dan perlindungan sidik jari.

Rekomendasi:  TOP 10 VIP Tips Mobile Legends, Buat Pemula Jadi Pro!

5. Jangan gunakan aplikasi Root Firewall

Cara terakhir adalah dengan bantuan aplikasi bernama AdClear. AdClear sendiri adalah aplikasi yang memblokir iklan saat Anda menjelajah atau menggunakan aplikasi yang dapat menyematkan iklan.

  • Unduh dan buka AdClear.
  • Konfigurasikan AdClear dengan browser terkait.
  • Selesai, semua iklan akan diblokir.

Munculnya iklan tersebut tentunya dapat mengganggu aktivitas browsing pengguna dan berpotensi berbahaya karena dapat mencuri informasi pribadi.

Bukan kebetulan bahwa adware dari berbagai sumber biasanya muncul karena aktivitas pengguna, seperti menginstal aplikasi ilegal atau mengklik iklan di halaman web.

Menurut akun Instagram resmi Kemenkominfo, berikut beberapa tips menghindari adware:

  • Pengguna dilarang mengklik secara sewenang-wenang pada iklan atau tautan di situs web mana pun.
  • Pastikan Anda menginstal aplikasi dari sumber resmi seperti Google Play Store dan App Store.
  • Hapus aplikasi yang mencurigakan dari ponsel Anda.

Berdasarkan tips di atas, Anda mungkin harus lebih berhati-hati saat mengklik iklan atau menginstal aplikasi untuk menghindari bahaya adware.

Pada dasarnya, iklan pop-up di ponsel adalah bentuk iklan online yang muncul di World Wide Web, dan terkadang mengklik iklan pop-up yang salah dapat menyebabkan kerusakan serius. Berikut adalah tiga iklan pop-up yang harus dihindari:

Malware

Malware, kependekan dari perangkat lunak berbahaya, adalah perangkat lunak berbahaya yang dirancang khusus untuk menyusup dan merusak perangkat keras. Malware dapat mengambil banyak bentuk, seperti Trojan, spyware, worm, adware, ransomware, virus, dan banyak lagi. Di Internet, malware dapat dengan mudah menyusup ke sistem hanya dengan mengklik iklan pop-up di situs web. Malware diinstal secara otomatis yang dapat mencuri informasi pribadi dan data bisnis rahasia Anda. Sulit untuk mengenali program jahat di iklan pop-up, jadi gunakan internet dengan bijak, jangan klik iklan lama, spanduk, atau iklan pop-up. Secara khusus, hindari tautan yang mempromosikan penawaran khusus, kupon, atau konten meragukan lainnya.

Multiple pop-up

Bagi mereka yang memiliki paket data terbatas, iklan pop-up pasti sangat berbahaya. Misalnya, halaman web mungkin menampilkan empat atau lebih iklan pop-up yang berisi gambar atau video. Bisakah Anda bayangkan berapa banyak data yang digunakan setiap kali Anda membuka halaman baru? Selain itu, iklan pop-up dapat memperlambat browser Anda karena memuat banyak gambar dan video.

Konten dewasa

Internet tidak hanya untuk orang dewasa, anak-anak juga dapat dengan mudah mengakses internet dari mana saja. Sayangnya, mengendalikan konten Internet merupakan tantangan tersendiri, dan iklan pop-up yang berisi elemen konten “dewasa” sering muncul entah dari mana. Iklan mungkin tampak tidak berbahaya pada awalnya, tetapi jika Anda mengkliknya, halaman tersebut akan membawa Anda ke halaman dewasa. Setelah mengklik pop-up dengan konten dewasa, cookie tertinggal di browser Anda. Di masa depan, itu akan kembali untuk menampilkan konten dewasa di browser Anda. Untuk itu, peran orang tua sangat penting dalam hal ini.

Sekarang Anda sepenuhnya memahami cara menghilangkan iklan gadget tanpa aplikasi atau menggunakan aplikasi. Anda juga harus mendapatkan asuransi untuk ponsel favorit Anda. Karena jika nanti HP rusak, kamu bisa meminimalisir biaya yang dikeluarkan.

 

 

 

 

Qoala.app