WOW 7 Khasiat LuarBiasa Mengkonsumsi Minyak Ikan

Ada Tujuh Manfaat Mengagumkan Dari Minyak Ikan

Minyak ikan berasal dari jaringan beberapa spesies ikan. Ini dapat dikonsumsi sebagai bagian dari diet harian atau sebagai suplemen makanan. Ikan “berlemak” seperti salmon, tuna, herring, dan mackerel dikenal sebagai sumber makanan yang dapat diandalkan. Dalam beberapa tahun terakhir, banyak penelitian dan penulisan telah dilakukan tentang manfaat minyak ikan. Tapi pertama-tama, mari kita coba memahami apa yang ada di balik efek menguntungkan dari minyak ikan.

Apa yang Membuat Minyak Ikan Sehat? Sementara “gemuk” adalah kata yang buruk akhir-akhir ini, kita dapat dengan aman mengatakan bahwa tidak semua “gemuk” adalah kata yang buruk. mungkin “gemuk” buruk bagi kita. Contohnya adalah minyak ikan. Kehadiran asam lemak Omega-3 yang kaya membuat minyak ikan sehat. Asam lemak omega-3 adalah asam lemak esensial yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh manusia sendiri. Dua asam lemak omega-3 utama adalah asam docosahexaenoic (DHA) dan asam eicosapentaenoic (EPA).

Tetapi mengapa omega-3 sangat diperlukan? Tubuh manusia tidak dapat memproduksi asam lemak omega-3; kita harus mengandalkan sumber eksternal asam lemak esensial ini, dari makanan kita atau dari suplemen makanan. Penelitian menunjukkan bahwa Omega-3 membantu tubuh membuat bahan kimia yang pada gilirannya membantu mengatur peradangan dalam tubuh. Sifat anti-inflamasi Omega-3 adalah apa yang selanjutnya dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan dari minyak ikan.

Saus vegetarian Omega 3 termasuk biji rami, kenari, brokoli, dan bayam edamame (sejenis kedelai hijau).

Manfaat Minyak Ikan

1. Mengurangi Depresi dan Kecemasan

Sejumlah penelitian menunjukkan kadar Omega-3 yang lebih rendah dalam aliran darah orang yang depresi. Oleh karena itu, dianjurkan untuk memperbanyak asupan asam lemak Omega-3 bagi penderita depresi. Sementara lebih banyak penelitian sedang dilakukan di bidang ini, hasil awal menunjukkan bahwa Omega-3 juga meningkatkan efektivitas beberapa antidepresan. (Diet kaya Omega-3 menjaga kesehatan sendi)

Rekomendasi:  Evaluation Realme GT Neo 3: Spesifikasi, Performa dan Fast C...

2. Membantu mencegah resiko penyakit jantung

Salah satu manfaat besar minyak ikan adalah meningkatkan kesehatan jantung dan melindungi dari penyakit jantung. Omega 3 juga menyeimbangkan efek negatif asam lemak omega-6. Omega-6 ditemukan dalam makanan seperti telur, ayam, dan biji-bijian. Jika ada terlalu banyak asam lemak omega-6 dalam tubuh, darah menjadi lebih kental dari yang diperlukan dan mendorong pembentukan gumpalan darah yang berhubungan dengan penyakit jantung. Memiliki cukup omega 3 dalam tubuh Anda dapat membantu mengaturnya.

3. Mencegah asma


Asma adalah suatu kondisi di mana saluran udara menyempit dan menjadi meradang. Itu membuat sulit bernapas dan menyebabkan batuk, mengik dan sesak napas. Sementara untuk beberapa asma mungkin merupakan masalah kecil, bagi yang lain bisa menjadi masalah serius yang mengganggu aktivitas sehari-hari dan dapat menyebabkan serangan asma yang mengancam jiwa. Karena Omega-3 dapat membantu mengurangi peradangan saluran napas, para ahli percaya bahwa diet yang kaya akan asam esensial ini mungkin bermanfaat bagi pasien asma.

4. Baik untuk Perawatan Rambut

Karena omega-3 memiliki sifat anti-inflamasi, minyak ikan membantu membuka folikel rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut, sehingga mengkompensasi kerontokan rambut setiap hari. Selain itu, karena Omega-3 adalah lemak sehat, ia mencegah dehidrasi dan pengelupasan kulit kepala.

5. Meningkatkan Penglihatan

Minyak ikan dikenal untuk meningkatkan penglihatan dan membantu mencegah pengecilan otot di usia tua. Asam lemak omega-3 membuat pembuluh darah kecil di mata lebih kuat dan sehat. Mengkonsumsi minyak ikan juga membantu mengeringkan mata.

6. Dapat Mencegah Nyeri Peradangan Pada Sendi

Studi menunjukkan omega-3 dapat mengurangi rasa sakit dan kekakuan yang disebabkan oleh rheumatoid arthritis. Diet kaya minyak ikan juga dapat meningkatkan efektivitas obat anti-inflamasi.

Rekomendasi:  Osom OV1 - Smartphone baru dari mantan Insinyur dan Desainer...

7. Baik untuk Penderita ADHD

Anak-anak dengan ADHD mengalami kesulitan berkonsentrasi dan kurang perhatian. Meskipun omega-3 tidak menyembuhkan ADHD, Omega 3 pada Minyak ikan tentu nya penting untuk fungsi dan perkembangan otak.

 

 

 

Sumber : https://food.ndtv.com/food-drinks/7-amazing-fish-oil-benefits-from-heart-health-to-gorgeous-hair-1666560