Review Xiaomi Mi 11 : Flagship Xiaomi di 2021, Lebih dari sekedar pembaruan

Xiaomi Mi 11 adalah salah satu ponsel premium terbaik yang harus Anda pertimbangkan untuk dibeli karena memiliki spesifikasi yang bagus di hampir semua departemen – ia memiliki pemrosesan super cepat, layar resolusi tinggi dengan mode tampilan tambahan, dan beberapa mode dan fitur kamera. . Itu hilang. Sayang sekali bahwa masa pakai baterai di bawah rata-rata, dan pemindai sidik jari yang tidak dapat diandalkan merusak pengalaman.

Kelebihan

  • kinerja cepat
  • Beberapa mode foto terbaik
  • layar yang terlihat bagus

Kekurangan

  • Pemindai sidik jari temperamen
  • Kurangnya masa pakai baterai
  • Tidak ada lensa telefoto

Two-minute review

Persaingan Xiaomi dengan Samsung tidak pernah begitu menonjol: tahun yang sama ketika perusahaan terakhir menurunkan spesifikasi ponsel andalan generasi sebelumnya (dan harganya sesuai), Xiaomi tiba dan mengubah semua spesifikasi yang sama menjadi (Me) sebelas.

Pada peluncuran Xiaomi Mi 11, perusahaan mengumumkan senang baru-baru ini menjadi penjual smartphone terbesar ketiga di dunia; Samsung masih berada di puncak, jauh di depan Apple juga, tetapi Xiaomi berkembang pesat. Posisi ketiga ini tidak bertahan lama: beberapa bulan kemudian, Xiaomi bahkan telah mengungguli Apple, untuk perolehan medali perak.

Xiaomi Mi 11 adalah ponsel andalan Xiaomi pada tahun 2021: ini adalah anggota utama keluarga yang dilengkapi dengan anggaran Xiaomi Mi 11 5G, Xiaomi Mi 11T dan mid-range 11T Pro (keduanya diluncurkan enam bulan setelah Mi 11) . dan Mi 11 Ultra kelas atas.

Namun, Mi 11 duduk di bagian atas grafik – ponsel ini membawa banyak peningkatan dari pendahulunya, Mi 10, sebuah langkah besar yang merupakan kebalikan dari penurunan versi Samsung Galaxy S21 dari S20.

Pembaruan ini paling terlihat ketika Anda mempertimbangkan tampilan ponsel. Mi 11 memiliki resolusi 2.5K, lebih tinggi dari 2K Mi 10 dan Galaxy S21, tetapi ada banyak peningkatan lainnya seperti resolusi video otomatis dan peningkatan kecepatan bingkai, mode tampilan HDR dan berbagai mode tampilan, kecerahan dan pembacaan.

Ada banyak cara lain telepon mengungguli pendahulunya dan kompetisi juga. Ini telah memperbarui speaker yang disetel oleh Harman Kardon, prosesor yang lebih cepat yang melampaui peringkat benchmark kami, mode video baru yang menyenangkan untuk dimainkan, dan kecepatan pengisian super cepat.

Fitur baru yang menonjol dari Xiaomi Mi 11 adalah telemacro kakap 5MP, untuk mengambil subjek dari dekat. Mudah digunakan, mengambil foto yang bagus, dan melampaui mode serupa di perangkat lain.

techradar.com

Sejauh ini ulasan dua menit ini sebagian besar positif dan melukiskan Xiaomi Mi 11 dalam cahaya yang jauh lebih baik daripada unggulan terbaru Samsung; tetapi ini sama sekali tidak terjadi karena telepon juga memiliki beberapa masalah.

Yang utama yang kami temukan selama pengujian kami adalah bahwa masa pakai baterai Xiaomi Mi 11 tidak normal: kami harus menonaktifkan beberapa fitur ponsel jika kami ingin bertahan sehari. Jika Anda ingin menikmati semua fitur unik yang Anda bayar, ingatlah bahwa Anda harus mengunggah fitur ini lebih dari sekali sehari.

Dalam review Xiaomi Mi 10 Pro kami, kami mengeluhkan pemindai sidik jarinya yang lambat, dan masalah ini juga ada di sini, dan terlebih lagi, sensor terkadang tidak mendeteksi sidik jari kami pada awalnya, yang membuatnya sulit untuk digunakan. membuat frustrasi.

Jadi Xiaomi Mi 11 adalah smartphone yang hebat, tetapi tentu saja tidak sempurna. Bagi banyak orang, ini mungkin pilihan terbaik di pasaran saat ini, berkat kamera, layar, dan kinerjanya, tetapi kedua masalah itu, yang akan muncul setiap hari Anda menggunakan ponsel ini, adalah hal-hal yang perlu Anda waspadai. . bahkan pikiran

Desain

Xiaomi Mi 11 bukan smartphone andalan terbesar perusahaan, Mi 10T mengambil mahkota itu, tetapi masih cukup besar, dengan dimensi 164.3 x 74,6 x 8.1mm. Dengan berat 196g, cukup ringan untuk ponsel seukurannya.

Mi 11 sepanjang dan setipis ponsel – ini bukan Sony Xperia, tapi jaraknya tidak sejuta mil. Dengan demikian, terlepas dari ukurannya, cukup nyaman untuk dipegang dan digunakan dengan satu tangan, meskipun orang dengan jari yang lebih kecil mungkin kesulitan mencapai bagian atas layar.

Di bagian bawah, ponsel memiliki port USB-C (tidak ada jack headphone 3.5mm untuk kipas audio kabel), tombol power dan volume rocker di tepi kanan, dan pemancar inframerah di bagian atas. Alat yang terakhir digunakan untuk mengirim sinyal inframerah dan paling sering digunakan dengan aplikasi Mi Remote, yang mengubah ponsel cerdas Anda menjadi pengganti remote control TV (atau AC atau smart box).

Rekomendasi:  Review Xiaomi Poco X3 NFC : Spesifikasi yang Mengesankan

Mi 11 memiliki kaca depan dan belakang dan bingkai aluminium – kaca itu disebut Gorilla Glass Victus, dan perusahaan yang membuatnya (dan sebagian besar bodi ponsel kaca) mengklaimnya sebagai pelindung ekstra. Karena sebagian besar ponsel kaca bisa tipis, kekokohan ini disambut baik, dan ponsel tetap bebas dari goresan dan penyok selama pengujian kami. Namun, jatuh atau pukulan keras masih bisa mematahkannya.

techradar.com

Benjolan kamera belakang ponsel menampilkan desain yang belum pernah kita lihat sebelumnya – itu diimbangi, dengan setiap lensa menonjol dalam jumlah yang berbeda. Ini benar-benar baru dan membantu membedakan Mi 11 dari yang lain, kecuali Xiaomi memutuskan untuk menggunakan desain ini untuk sisa smartphone 2021-nya, yang tidak akan mengejutkan kami. Bahkan lensa yang paling menonjol tidak terlalu menonjol dari ponsel, setidaknya tidak dibandingkan dengan yang ada di flagship Xiaomi sebelumnya.

Display

Dengan layar 6,81 inci, Xiaomi Mi 11 adalah perusahaan unggulan terbesar dalam hal ukuran layar dan mengungguli hampir semua pesaingnya. Layar melengkung di tepinya, meskipun tidak sedramatis itu, dan dipisahkan oleh “lubang berlubang” kecil untuk kamera selfie di sudut kiri atas.

Dalam hal resolusi, layar Mi 11 adalah 1440 x 3200, yang lebih tajam daripada kebanyakan flagships dengan harga yang sama (termasuk Mi 10 dan Galaxy S21). Ini adalah panel AMOLED, jadi warnanya sangat cerah dan juga kompatibel dengan HDR10 +.

Layar memiliki kecepatan refresh 120Hz, yang sekarang digunakan oleh banyak flagships, meskipun Xiaomi juga memiliki ponsel 144Hz di pasaran. Ini berarti bahwa gambar diperbarui 120 kali per detik, menggandakan 60Hz “standar” dan membuat gambar bergerak lebih halus. Namun, tidak semua orang peduli dengan fitur tersebut, dan Anda dapat mengurangi kecepatan refresh menjadi 60Hz jika Anda mau, sehingga menghemat masa pakai baterai.

Ponsel ini juga memiliki kecepatan input sentuh 480Hz, yang berarti layar mencari jari Anda 480 kali per detik, yang delapan kali lebih cepat dari rata-rata smartphone. Ini sangat berguna untuk bermain game, karena sentuhan Anda terdeteksi dengan sangat cepat, membuat game lebih responsif.

techradar.com

Salah satu spesifikasi yang sangat berguna adalah kecerahan puncak 1.500 nits, yang jauh di atas rata-rata sekitar 500 nits yang kita lihat di smartphone. Akibatnya, Mi 11 bisa menjadi sangat terang jika diperlukan – sempurna jika Anda berada di bawah sinar matahari atau tidak dapat melihat dengan baik. Ini juga meningkatkan kontras gambar di layar.

Spesifikasi ini harus melukiskan gambaran yang bagus dari layar Mi 11, dan memang seharusnya begitu, karena ini adalah tampilan yang punchy dan tajam. Namun, “mesin imajinasi AI” perusahaanlah yang melakukan pekerjaan nyata. Ini adalah serangkaian fitur AI yang secara digital menyempurnakan konten yang Anda tonton di ponsel cerdas Anda: menambahkan bingkai ke video untuk meningkatkan kecepatan bingkai, menambahkan HDR ke foto, meningkatkan resolusi video.

Kami menemukan ini tidak selalu berhasil, kadang-kadang kami akan menonton video di layanan streaming dan tidak melihat peningkatan kualitas yang nyata, tetapi pada saat itu memicu, itu bagus untuk melihat video dengan resolusi lebih tinggi daripada milikmu. jika tidak, saya mendapatkan.

Kamera

Sementara kamera mewakili peningkatan sederhana atas Mi 10 – setidaknya dibandingkan dengan peningkatan besar di departemen lain – ada beberapa perubahan penting yang meningkatkan pengalaman fotografi di sini.

Kakap utama adalah 108 MP f / 1.9 – ini adalah ponsel Xiaomi kelima yang menggunakan sensor resolusi tinggi dan semuanya menggunakan Samsung yang sama. Itu tidak berarti foto terlihat persis sama seperti sebelumnya, karena hasil pengujian kami terlihat sedikit lebih baik, dengan kontras yang ditingkatkan dan nada yang lebih jelas secara keseluruhan. Ini kemungkinan merupakan hasil dari pengoptimalan AI yang lebih baik.

Kami mengambil bidikan terbaik dari Mi 11 di lingkungan yang cukup terang, dan bidikan cahaya rendah sedikit bising, meskipun tentu saja masih dapat digunakan. Ini kemungkinan karena “pixel binning”, di mana empat piksel sebenarnya digabungkan menjadi satu, untuk membuat kamera 27MP yang “melihat” lebih banyak cahaya. Kami telah menyusun panduan terperinci tentang pixel binning jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang cara kerjanya.

techradar.com

Kamera kedua adalah kamera ultra lebar 13MP f / 2.4, yang telah kami lihat digunakan Xiaomi di smartphone-nya sejak awal waktu (well, awal 2020). Seperti sebelumnya, ini berguna untuk menangkap lebih dari satu subjek dan kami menemukan bahwa itu juga mengambil foto yang lebih cerah. Namun, foto-foto tersebut memiliki resolusi yang lebih rendah dan seringkali kurang kontras dengan bidikan kamera utama.

Rekomendasi:  Inovasi Terbaru di Dunia Smartphone 2019

Kamera terakhir adalah kamera 5MP f / 2.4 “telemacro”, dan itu jelas merupakan bintang pertunjukan. Lensa makro digunakan untuk fotografi subjek dari dekat, tetapi awalan “tele-” menunjukkan bahwa lensa dirancang untuk memotret objek yang jauh; Secara keseluruhan, ini adalah kamera yang dirancang untuk mengambil gambar objek kecil dari (relatif) jauh: aktif saat Anda mengaktifkan mode Super Makro.

Ini memecahkan masalah utama dengan lensa makro pada ponsel cerdas, yaitu ketika Anda cukup dekat untuk melihat detail objek yang rumit, Anda telah memblokir semua cahaya alami dengan telepon.

Kami bersenang-senang mengambil foto close-up yang bagus dari hal-hal seperti tanaman, makanan, dan tekstil; sebenarnya, kami menulis seluruh artikel tentang itu. Gambarnya cerah dan detailnya cukup baik (setidaknya, dibandingkan dengan gambar macrosnapper lainnya di ponsel) dan modenya sangat mudah digunakan.

Xiaomi biasanya mencadangkan kamera telefoto atau zoom untuk model “Pro”, dan hal ini terjadi karena tidak ada lensa zoom optik. Anda dapat memperbesar secara digital hingga 30x, tetapi semakin banyak Anda memperbesar, semakin rendah kualitas gambarnya, dan lebih dari 5x gambarnya sedikit berbintik.

Bagian depan ponsel memiliki kamera 20MP f / 2.2 untuk selfie, dan itu adalah kamera lain yang pernah kita lihat di ponsel Xiaomi sebelumnya. Gambar terlihat bagus, tetapi Anda mungkin harus menggunakan mode Potret dengan kamera ini karena kamera ini menyesuaikan kontras, meningkatkan sorotan, dan menggelapkan bayangan untuk menciptakan bidikan yang lebih tajam. Pemburaman latar belakang “bokeh” dalam mode ini secara umum tampak akurat, meskipun terkadang bagian rambut kita juga buram.


Selfie yang diambil dengan Xiaomi Mi 11 dan mode Potret. techradar.com

Slogan Xiaomi Mi 11 adalah “Movie Magic”, dan kami akan segera beralih ke videografi, tetapi ada cara menarik yang memanifestasikan dirinya dalam fotografi: rasio aspek default foto adalah 20: 9, sangat tipis perbandingan. mengingatkan pada layar film dan memberikan efek dramatis dan sinematik pada foto lanskap dan subjek lainnya. Anda dapat mengubahnya jika mau, tetapi hanya sedikit ponsel yang memungkinkan Anda memotret dalam format besar ini, apalagi secara default.

Perekaman video standar pada Xiaomi Mi 11 cepat dan mudah, karena prosesor (lebih lanjut tentang itu segera) memungkinkan Anda merekam video 8K (atau 60fps hingga resolusi 4K) dengan mudah. Ulasan video kami di bagian atas artikel ini mencakup gambar yang diambil dengan kamera depan dan belakang ponsel, dan kami menyarankan untuk melihatnya sebagai contoh video standar terbaik.

Penggemar telepon yang berpikiran seni kemungkinan akan menghargai berbagai mode film yang disertakan dengan telepon. Ini memungkinkan Anda memotret dengan cara baru: satu, yang disebut “Zoom Ajaib”, meniru efek sinematik “Zoom Pergelangan Tangan” klasik, sementara yang lain, “Dunia Paralel”, mencerminkan bagian bawah layar ke atas. Sekali lagi, ulasan video kami berisi contoh dari banyak mode ini.

Selain mode perekaman video, ada beberapa “filter film” yang dapat Anda terapkan saat merekam video atau yang lebih baru; ini tampaknya meniru tingkat warna yang akan dicapai film – yaitu, ketika gamut warna, kontras, kecerahan, atau pengaturan serupa disesuaikan untuk menciptakan gaya seni yang konsisten. Namun, semua opsi yang tersedia tampak cukup kaku dan kami ingin melihat beberapa filter yang lebih halus atau kemampuan untuk membuatnya sendiri.

Meskipun mode film ini menyenangkan untuk dimainkan, beberapa di antaranya sulit digunakan. “Magic Zoom” membutuhkan subjek manusia dan banyak ruang, jadi Anda tidak dapat melakukannya dengan karakter Lego di rak atau teman di ruang terbatas. Kami tidak pernah bisa mendapatkan Time Freeze, di mana objek bergerak dibekukan sehingga subjek manusia dapat berpura-pura berinteraksi dengannya, berfungsi, karena telepon tidak akan pernah bisa melacak atau mengingat subjek dalam bidikan.

techradar.com

Performa dan spesifikasi

Xiaomi Mi 11 mengemas chipset Snapdragon 888 – ini adalah chipset paling kuat yang dimiliki ponsel Android, setidaknya pada saat peluncuran ponsel, dan mencatat skor pemrosesan yang mengesankan.

Ponsel ini mengembalikan skor multi-core 3.569 dalam tes benchmark Geekbench 5, yang sebenarnya merupakan ponsel tertinggi yang pernah kami peringkatkan, mengalahkan 3.424 iPhone 11 Pro Max dan 3.401 OnePlus 8, meskipun kami harus mencatat iPhone 12 series belum menjalani tes ini.

Rekomendasi:  Pelajaran Menarik dari Anime "Isekai Wa Smartphone To Tomo Ni"

Skor itu mendukung pengalaman kami dalam penggunaan sehari-hari: ponsel ini cepat di semua departemen. Bermain dengan mode film aplikasi kamera, telepon dengan santai melewatkannya; Saat mengedit foto atau video, Anda dapat memilih filter atau mode yang berbeda dengan mengunggah dalam sepersekian detik.

Bermain game khususnya sangat menyenangkan, berkat prosesor yang cepat dan laju sampel sentuh yang lebih cepat yang disebutkan di atas. Kami merasa memiliki keunggulan dalam permainan berkat kecepatan ini, meskipun kami hanya dapat membayangkan seberapa jauh hal itu sebenarnya terjadi, atau apakah itu hanya bias konfirmasi.

techradar.com

Dalam ulasan Xiaomi Mi 10 kami, kami memuji “suara yang sangat bagus” dari speaker dan mereka hanya meningkat pada Mi 11, dengan penyetelan dari spesialis audio Harman Kardon. Jika Anda terbiasa dengan speaker ponsel yang melakukan panggilan, film, atau musik dengan suara nyaring, speaker Mi 11 akan memanjakan Anda karena suaranya lebih rendah dan bisa menjadi lebih keras tanpa terdistorsi, setidaknya dibandingkan dengan smartphone rata-rata Anda.

Perangkat lunak

Xiaomi Mi 11 menjalankan perangkat lunak Google Android 11 dengan perangkat lunak MIUI 12 Xiaomi diposisikan di atas. Biasanya, MIUI bisa seperti kaktus saguaro – enak dilihat, tapi sangat menyengat saat didekati. Meskipun ini tetap terjadi pada Mi 11, colokannya relatif sedikit dan jarang.

MIUI dikenal dengan bloatware pra-instal atau aplikasi pihak ketiga (reputasi mungkin diperoleh dari keluhan kami yang terus-menerus tentangnya). Untungnya, bloatware di Xiaomi Mi 11 jauh lebih sedikit daripada yang kami lihat di Redmi Note 9T, yang diluncurkan sebulan sebelumnya, meskipun masih ada beberapa aplikasi yang kami hapus dengan cepat.

Selain bloatware, MIUI sebenarnya adalah hamparan Android yang hebat, menawarkan banyak opsi penyesuaian, beberapa di antaranya tidak dimiliki ponsel lain. Ada beberapa wallpaper hidup (wallpaper animasi), widget, efek transisi menu, tata letak aplikasi layar beranda yang berbeda, berbagai tata letak layar yang selalu aktif, perubahan cepat pada menu pengaturan, dan banyak lagi.

Saat menyiapkan Xiaomi Mi 11, kami menghabiskan banyak waktu untuk menggali opsi ini untuk sepenuhnya menyesuaikan pengalaman kami dengan telepon, dan jika Anda ingin ponsel cerdas Anda benar-benar terlihat “milik Anda”, Anda mungkin akan menghargai semua opsi yang Anda miliki di sini . .

techradar.com

Terlepas dari perubahan yang dapat dibuat, MIUI masih memiliki tampilan yang khas (seperti kebanyakan garpu Android dari produsen ponsel). Kami telah menyertakan beberapa tangkapan layar dari menu mulai di bawah ini, untuk memberi Anda gambaran tentang seperti apa tampilan antarmukanya.

Namun, tampaknya ada bug perangkat lunak yang mengganggu yang secara acak mengatur ulang penyesuaian ke nilai defaultnya. Beberapa kali, wallpaper animasi yang kami pilih berhenti muncul di layar beranda dan diganti dengan wallpaper statis default; Demikian pula, kami memilih tampilan astronomi yang selalu aktif, tetapi kembali ke kaktus.

Tidak jelas mengapa ini terjadi, tetapi itu terjadi berulang kali setelah kami mengonfigurasi ulang pengaturan preferensi kami dan pembaruan tidak memperbaiki masalah.

Daya tahan baterai

Xiaomi Mi 11 dikemas dengan fitur, dan fitur-fitur ini memengaruhi masa pakai baterai, menyebabkan ponsel kehilangan daya dengan cepat.

Dengan catu daya 4600mAh, kami berharap Xiaomi Mi 11 bertahan sehari, tetapi ini hanya berlaku untuk penggunaan ringan; jika kami mengambil banyak foto dan bermain game, kami harus menyalakan ponsel dari waktu ke waktu untuk membuatnya berfungsi di siang hari.

techradar.com

Layar ponsel yang besar, kecepatan refresh yang tinggi, tampilan yang selalu aktif, dan fitur serupa lainnya kemungkinan besar bertanggung jawab atas masa pakai baterai yang kurang baik ini, dan meskipun Anda dapat menonaktifkan satu atau lebih fitur ini jika Anda menginginkannya, jika melakukan. jadi Anda tidak benar-benar mendapatkan hasil maksimal dari smartphone unggulan yang kaya fitur.

Setidaknya pengisiannya cepat. Anda mendapatkan daya kabel 55W dan nirkabel 50W di sini, jadi jika Anda lebih suka colokan atau pad, Anda akan beralih dari kosong ke penuh dalam waktu sekitar setengah jam atau kurang.

Anda juga dapat memanfaatkan pengisian nirkabel terbalik, yang mengubah ponsel Anda menjadi bantalan pengisian nirkabel terbalik yang dapat Anda nyalakan pada perangkat lain. Pengisian daya di sini adalah 10W, jadi tidak cepat dan sedikit menghangatkan ponsel. Namun, jika Anda hanya menyalakan smartwatch atau headphone, Anda tidak perlu lama-lama menggunakan fitur ini.

 

 

 

 

techradar.com