techradar.com

Review Xiaomi 11T Pro : Smartphone Mid-range yang layak

Xiaomi 11T Pro memiliki harga yang sangat kompetitif, dengan rangkaian kamera, chipset, dan kecepatan pengisian daya yang mengesankan untuk ponsel kelas menengah, dan akan mudah direkomendasikan jika bukan karena beberapa masalah kecil. Perangkat mudah panas, cukup besar, mudah mendeteksi sidik jari di bagian belakang, memiliki terlalu banyak bug perangkat lunak. Ini masih merupakan tambahan yang berharga untuk kisaran Mi 11, bahkan jika standar 11T lebih.

Pro

  • Lembut dan sensitif untuk digunakan.
  • Kamera berfungsi dengan baik
  • Sangat cepat untuk memuat

Contra

  • Bagian belakang adalah magnet sidik jari.
  • Pemindai sidik jari sulit dijangkau
  • masalah panas berlebih

Ulasan dua menit

Sementara jajaran nomor utama ponsel Xiaomi adalah tempat perusahaan memamerkan teknologi dan fitur barunya yang mencolok, garis T sering kali menjadi tempat aksi nyata.

Dirilis sekitar enam bulan setelah Xiaomi Mi 11, 11T Pro menawarkan banyak fitur ponsel premium itu di perangkat yang harganya lebih terjangkau, meskipun dengan beberapa sudut yang dipotong di sana-sini untuk menjaga harga tetap rendah.

Itulah tujuan dari keluarga Mi T, tetapi sementara Mi 10T Pro telah menjadi tandingan yang menarik untuk Mi 10 dan Mi 10 Pro, 11T Pro adalah perangkat yang mengesankan yang akan dengan mudah menarik pembeli menjauh dari Mi 11 standar.

Xiaomi 11T Pro – perhatikan kurangnya ‘Mi’ karena Xiaomi berhenti menggunakan duplikat merek Mi yang kami lihat di ponsel perusahaan – adalah ponsel unggulan di area yang diperhitungkan.

Ini memiliki set kamera yang hampir sama persis, chipset yang sama, baterai yang lebih besar, dan pengisian daya yang lebih cepat daripada Mi 11. Tentu, layarnya sedikit lebih kecil, tetapi karena layar memiliki tepi datar (tidak melengkung, seperti pada Mi 11). ) area yang terlihat pada dasarnya berukuran sama.

Pengisian cepat yang kami sebutkan jelas merupakan berita terbesar, datang dengan 120W yang menakjubkan dengan pengisi daya dalam kotak. Itu lebih dari dua kali lipat biaya 55W Mi 11 dan mengalahkan 25W Samsung Galaxy S21 atau 15W iPhone 12. Dibutuhkan lebih dari 15 menit (bukan salah ketik: lima belas) untuk menghidupkan telepon secara maksimal pada kecepatan itu.

Review Xiaomi 11T Pro
techradar.com

Banyak fitur lain yang diharapkan di sini di Mi 11, tetapi di sini mereka mengesankan karena harga yang lebih rendah. Chipset Snapdragon 888, misalnya, lebih umum ditemukan di ponsel premium, meskipun beberapa ponsel yang lebih murah memilikinya, dan memberikan banyak kekuatan pemrosesan untuk bermain game atau tugas lainnya.

Yah, secara teori memang begitu … tetapi masalah overheating 888 yang sering dilaporkan muncul di sini. Chipset diketahui memanas saat ditekan yang pada gilirannya dapat mengurangi kinerjanya hingga dingin, jadi jika Anda sering menggunakan ponsel, Anda mungkin mengalami masalah ini.

Ini bukan satu-satunya gangguan kecil yang dihadirkan Xiaomi 11T Pro; lainnya adalah bahan yang digunakan untuk punggungnya mudah mendeteksi sidik jari. Dalam beberapa menit setelah mulai menggunakan perangkat, unit ulasan kami tampak seperti lukisan impresionis seperti halnya smartphone.

Oh, dan orang-orang dengan tangan yang lebih kecil mungkin kesulitan menjangkau tombol samping ponsel, karena ini adalah perangkat yang cukup tebal.

Namun, secara keseluruhan, kami terkesan dengan Xiaomi 11T Pro selama pengujian kami. Sayang sekali itu bukan anggota teratas dari kisaran Mi 11T, karena versi non-Pro lebih murah dan memiliki kerugian yang relatif rendah.

Desain Xiaomi 11T Pro

Xiaomi 11T Pro bukan smartphone yang paling berbeda secara visual di dunia, tetapi ini adalah T-line perusahaan untuk Anda.

Desain Xiaomi 11T Pro
techradar.com

Ini adalah ponsel besar, mungkin terlalu besar bagi sebagian orang untuk digunakan dengan nyaman, karena itu berlebihan bagi kami dan kami memiliki sarung tangan berukuran sedang, tetapi itu karena Anda memiliki banyak ruang layar.

Di tepi kanan ponsel terdapat pemindai sidik jari, yang berguna bagi kami tetapi mungkin sulit dijangkau oleh sebagian orang. Ini adalah pemindai yang sangat responsif, dan kami tidak pernah mengalami masalah saat membuka kunci ponsel kami hanya dengan menggesekkan ibu jari.

Faktanya, kami terkadang menemukan sensornya sedikit terlalu sensitif: ketika kami memegang perangkat di tangan kami saat berjalan atau berlari, bahkan gesekan ibu jari ringan pada pemindai akan membuka kunci ponsel, yang berarti kami sering membuka kunci perangkat saat melakukannya. Kami ingin. Kami tidak dapat menilai telepon sebagai memiliki fungsionalitas yang terlalu baik, tetapi itu adalah sesuatu yang perlu diperhatikan.

Rekomendasi:  Review OnePlus Nord 2T : Sang maestro HP Mid-Range

Tepat di atas pemindai sidik jari adalah volume rocker. Ponsel ini memiliki port USB-C tetapi tidak ada jack headphone 3.5mm, jadi penggemar audio kabel memerlukan adaptor jika ingin mencolokkan kalengnya.

Peningkatan yang bagus dari Mi 10T Pro di sini adalah tonjolan kamera di bagian belakang, yang menonjol seperti pegunungan pada ponsel 2020, tetapi pada 11T Pro jauh lebih tidak mengesankan. Bagian belakang ponsel bukannya tanpa masalah, karena merupakan magnet sidik jari – memegang dan menggunakan perangkat untuk waktu yang lama akan mengubah plastik lunak, yang berwarna putih, biru, atau abu-abu, menjadi tambal sulam noda. dan tanda-tanda.

Display Xiaomi 11T Pro

Display Xiaomi 11T PRO
techradar.com

Di atas kertas, layar Xiaomi 11T Pro mungkin merupakan salah satu penurunan terbesar dibandingkan dengan Mi 11; Bukan berarti buruk, tapi layar Mi 11 telah menjadi salah satu nilai jual utamanya, sementara Xiaomi tampaknya fokus pada kamera untuk 11T Pro. Layar di sini benar-benar memadai untuk digunakan, Namun.

Ini adalah panel AMOLED 6,67 inci, sedikit lebih kecil dari layar Mi 11 6,81 inci, tetapi tidak seperti ponsel itu, layar 11T Pro tidak melengkung di sekitar tepi dan lubang untuk bagian depan. … tengah atas layar, bukan kiri atas.

Resolusinya adalah 2400 x 1080 yang merupakan standar untuk sebagian besar ponsel dengan harga berapa pun, meskipun ponsel Mi 11 maksimal pada 3200 x 1440. Namun, 1080p baik-baik saja untuk sebagian besar tugas, karena layanan streaming dan permainannya umumnya hanya akan meningkat hingga itu. resolusi, dan kami tidak pernah menemukan diri kami mendambakan lebih banyak piksel.

Ponsel ini juga memiliki kecepatan refresh cepat 120Hz, yang cocok dengan Mi 11, tetapi sebenarnya tidak mencapai 144Hz dari seri Mi 10T, meskipun itu adalah penurunan versi yang mudah untuk dilewatkan ketika Anda menganggap bahwa sangat sedikit aplikasi yang dapat memanfaatkan sepenuhnya. dari 144 Hz Ini adalah tema layar Mi 11T Pro: degradasi yang dapat Anda jalani.

Kamera Xiaomi 11T Pro

Kamera Xiaomi 11T Pro
techradar.com

Jika Anda terbiasa dengan kamera Xiaomi Mi 11, Anda akan menemukan bahwa kisaran 11T Pro cukup akrab – ia memiliki kamera telemacro utama 108MP dan 5MP yang sama, tetapi kamera ultra-lebar dan selfie-nya memiliki resolusi lebih rendah dari 8MP. dan 16MP masing-masing.

Kami menemukan bahwa kamera utama 108MP f / 1.75 berperforma mirip dengan Mi 11: mengambil foto yang sangat baik dalam kondisi pencahayaan yang baik, dengan kontras yang baik, warna yang mencolok, dan banyak detail. Secara default, kamera ini menggunakan “pixel binning,” sebuah proses di mana piksel, atau situs foto, pada sensor digabungkan untuk membuat piksel yang lebih sedikit, tetapi lebih besar (yang lebih baik dalam “melihat” cahaya), yang berarti bahwa gambar yang diambil adalah 27MP.

Jika mau, Anda dapat beralih ke mode resolusi tinggi yang menggunakan semua sensor 108 MP – foto yang diambil dalam mode ini beresolusi sangat tinggi, memberi Anda lebih banyak kebebasan untuk mengedit nanti, tetapi Anda tidak akan memperoleh banyak warna . dan informasi tentang kecerahan per piksel.

Dalam cahaya redup, 11T Pro menunjukkan tepi yang lebih kasar, karena ada beberapa noise pada gambar, tetapi pixel binning membantu menguranginya.

Foto selfie kamera xiaomi 11T PRO
techradar.com

Langkah selanjutnya adalah kamera ultra wide-angle, dengan aperture f/2.2 dan resolusi 8MP; Karena sensor resolusi yang relatif rendah ini, gambar dapat terlihat sedikit berbintik di beberapa area, tetapi tidak terlalu terlihat kecuali Anda sedang mencarinya. Warnanya mirip dengan foto yang diambil dengan kamera utama, tetapi terkadang kami melihat masalah pencahayaan berlebih.

Seperti pada Mi 11 standar, kamera telemakro 5 MP f / 2.4 adalah bintang di sini, karena sangat bagus untuk mengambil foto close-up atau makro; tidak ada pembuat ponsel lain yang memiliki kamera makro untuk menyaingi apa yang telah dikemas Xiaomi dalam beberapa. anggota keluarga Mi 11 Anda.

Rekomendasi:  Review Xiaomi Poco X3 NFC : Spesifikasi yang Mengesankan

Kamera memfokus dengan cepat dan mudah digunakan, memungkinkan Anda menangkap detail halus dan tekstur subjek kecil yang mungkin tidak Anda lihat dengan cara lain. Kami menikmati memotret tanaman dan makanan dari dekat, meskipun kami melakukan hal yang persis sama enam bulan sebelumnya dengan Mi 11.

Pindah ke depan, kami senang dengan selfie yang dibuat dengan Xiaomi 11T Pro; fakta bahwa kakap memiliki resolusi yang lebih rendah daripada banyak saingannya tidak masalah, karena 16 MP sudah lebih dari cukup.

Hasil Foto Xiaomi 11T PRO
techradar.com

Potret memiliki kontras yang luar biasa dan kami menemukan bahwa bayangan dan sorotan diubah dalam bidikan ini untuk membuat subjek lebih menonjol. Dalam foto-foto ini, efek buram latar belakang atau “bokeh” biasanya berfungsi dengan baik dalam memisahkan subjek dari latar belakangnya, meskipun terkadang juga dapat mengaburkan tepi bodinya.

Meskipun potret selfie terlihat bagus, gambar yang diambil dengan mode Portrait kamera utama sangat fantastis: penyesuaian yang diterapkan pada gambar sangat halus dan sulit untuk diperhatikan (kecuali jika Anda membandingkan snapshot dalam mode Portrait dan Photo. berdampingan), tetapi buat subjeknya menonjol dari latar belakang sedikit lebih.

Dilihat dari pemasaran Xiaomi, videografi merupakan aspek penting dari kemampuan kamera 11T Pro. Video hadir pada resolusi 8K atau 60fps (walaupun tidak keduanya secara bersamaan) dan berbagai mode tambahan seperti format layar lebar, video makro, pelacakan objek, dan zoom audio menyediakan alat tambahan yang berguna untuk membuat film.

Xiaomi telah membedakan dirinya dari kompetisi dengan serangkaian alat kamera tambahan yang menyenangkan di ponselnya, baik untuk foto maupun video, dan itu juga terjadi di sini – ada mode pengeditan langit yang sesuai untuk Anda. langit latar belakang foto; Mode Vlog, yang secara otomatis mengedit klip video yang berlangsung beberapa detik; clone, yang menunjukkan gambar cermin untuk foto atau video; efek sinematik yang pada dasarnya menambahkan filter warna ke video dan banyak lagi.

Tidak seperti kebanyakan ponsel Xiaomi baru, kami tidak dapat menemukan mode baru apa pun yang diperkenalkan dengan 11T Pro, tetapi pembaruan perangkat lunak sering kali membawa alat baru ke perangkat perusahaan.

sampel kamera

techradar.com
techradar.com

Spesifikasi dan Peforma Xiaomi 11T Pro

Xiaomi 11T Pro bekerja dengan chipset Snapdragon 888; Ini bukan chipset Android kelas atas yang tersedia, dengan versi Plus yang dirilis sesaat sebelum ponsel ini, tetapi ini masih merupakan prosesor super kuat yang secara teoritis seharusnya membuat ponsel ini. mudah digunakan dan bagus untuk dimainkan.

Seperti yang mereka katakan, ini dalam teori; namun, saat kami menguji ponsel dengan uji benchmark Geekbench 5, ponsel ini mengembalikan rentang skor multi-core yang sangat jarang, mulai dari terendah 2787 hingga tertinggi 3058. Kami biasanya melihat hasil dalam rentang kurang dari 100, tidak mendekati 300, seperti di sini.

Untuk konteksnya, Mi 11 dan Mi 11 Ultra dengan 888 secara konsisten mengungguli 3.500, dan hasil 11T Pro jauh dari ponsel Snapdragon 888 lainnya yang telah kami uji. Faktanya, banyak ponsel dengan chipset lawas, seperti Samsung Galaxy S20 FE dengan Snapdragon 865 dan OnePlus 8 Pro, mengungguli ini.

Spesifikasi Xiaomi 11T Pro
techradar.com

Mari kita asumsikan masalah pemanasan yang disebutkan di atas adalah masalah besar di sini. Salah satu keluhan terbesar pengguna mengenai Snapdragon 888 adalah masalah panas berlebih: saat menjalankan tugas intensif, ia dapat menjadi terlalu panas dengan mudah dibandingkan dengan versi sebelumnya atau chip saingan, yang terlihat saat bermain game di Xiaomi 11T Pro.

Ketika kami menjalankan tes Geekbench satu demi satu, skor tampaknya terus menurun, meskipun bahkan dalam cuaca dingin, ponsel mengembalikan skor rendah. Kami berasumsi bahwa panas ponsel mengurangi kinerjanya, masalah yang juga kami hadapi dengan Xiaomi Mi 11 Ultra, dan tampaknya perusahaan benar-benar perlu meningkatkan sistem pendingin ponselnya.

Meskipun demikian, game terasa cukup cepat di Xiaomi 11T Pro – bahkan skor Geekbench 3000 menjadi pertanda baik untuk bermain game – dan ketika kami menguji berbagai judul, kami menemukan bahwa ponsel dapat dengan mudah menangani pengaturan grafis maksimum. Ada kemungkinan bahwa waktu bermain yang sangat lama dapat memicu masalah panas berlebih dan berpotensi memengaruhi kinerja, tetapi kami belum melihat ini dalam sesi permainan hingga satu jam.

Rekomendasi:  Review Asus Zenfone 9 : Spesifikasi, Desain, Display dan Harga
techradar.com

Perangkat lunak Xiaomi 11T Pro

Seperti semua ponsel Xiaomi, 11T Pro menjalankan Android dengan garpu perusahaan, yang disebut MIUI. Perangkat ini hadir dengan Android 11 di luar kotak dan kemungkinan akan menerima beberapa tahun pembaruan.

MIUI memecah belah dan mudah untuk mengetahui alasannya. Muncul dengan banyak aplikasi pra-instal seperti eBay, LinkedIn dan AliExpress; itu bisa sangat cacat (kami mengalami masalah di mana itu akan mengubah latar belakang dan tampilan selalu aktif dari pilihan kami ke default); dan fitur keamanannya, yang memindai aplikasi baru, akan selalu menunjukkan tumpang tindih yang besar setiap kali aplikasi baru dipasang.

Jika Anda dapat melihat melampaui masalah ini dan harus menyipitkan mata untuk melihat melampaui beberapa dari mereka, MIUI memiliki beberapa hal positif yang lebih besar daripada yang negatif.

UI memiliki pusat kendali bergaya iOS yang dapat Anda aktifkan. Ini berarti bahwa alih-alih menggesek ke bawah untuk melihat ikon opsi dan daftar notifikasi, seperti pada ponsel Android lainnya, Anda dapat menggesek ke bawah dari kiri atas untuk melihat notifikasi atau dari kanan atas untuk melihat opsi seperti Bluetooth, Wi-Fi, dan perangkat seluler . data. Setelah Anda terbiasa dengan hal seperti ini, sulit untuk kembali ke opsi standar daftar di perangkat lain.

techradar.com

Semua wallpaper MIUI yang sudah dikemas tampak hebat, terutama yang live, dan menawarkan banyak opsi untuk menyesuaikan tampilan yang selalu aktif. MIUI juga menawarkan banyak opsi penyesuaian untuk menjadikan layar beranda benar-benar milik Anda, lebih dari garpu Android lainnya.

Tampaknya MIUI melakukan beberapa hal jauh lebih baik daripada overlay Android lainnya dan yang lainnya jauh lebih buruk; Menggunakan Xiaomi 11T Pro membuatnya sangat jelas dan meskipun kami berhasil mengatasi gangguan tersebut, kami tidak yakin semua orang melakukannya.

Daya tahan baterai Xiaomi 11T Pro

Sementara masa pakai baterai Xiaomi Mi 10T Pro adalah salah satu fitur terbaiknya, jelas 11T Pro mengikuti Mi 11 daripada sepupu satu tahun, karena masa pakai baterai tidak mengejutkan.

Itu mengejutkan mengingat catu daya 5.000mAh, yang cukup besar untuk sebuah telepon. Kombinasi layar besar, kecepatan refresh tinggi, chipset yang haus daya, dan modem 5G kemungkinan akan menguras baterai; namun, Anda dapat menonaktifkan beberapa jika diinginkan.

Battery Xiaomi 11T Pro
techradar.com

Kami menemukan bahwa dengan membatasi penggunaan kami, kami dapat membuat ponsel bertahan sehari di antara pengisian daya. Dengan “membatasi penggunaan kami” yang kami maksud adalah bertanya “apakah saya benar-benar memainkan permainan tingkat berikutnya?”, “Saya perlu memeriksa Instagram di kamar mandi” dan “mungkin saya tidak perlu mengambil gambar saat makan malam” .. .hal-hal yang sebagian orang otomatis akan menjawab “tidak”.

Pengguna telepon yang kurang intensif seharusnya memiliki hari yang nyaman di antara pengisian daya, tetapi jika Anda sering menggunakan perangkat, masa pakai baterai mungkin terbatas.

Lebih baik lagi, Xiaomi 11T Pro mendukung pengisian kabel yang sangat cepat, pada 120W (jika Anda menggunakan pengisi daya yang disediakan). Kecuali beberapa perangkat yang hanya dirilis di wilayah tertentu, ini adalah feed tercepat yang pernah kami lihat di smartphone.

Xiaomi mengklaim butuh 17 menit untuk menyalakan ponsel dari kosong hingga penuh dengan pengisi daya yang disertakan, dan berdasarkan pengujian kami, kami setuju. Ini sangat cepat – Anda dapat menggunakan sepanjang pagi dalam waktu yang diperlukan untuk membuat kopi sebelum bekerja (kecuali jika Anda menggunakan instan, tentu saja), dan itu berjalan jauh untuk mengimbangi masa pakai baterai yang buruk.

Tidak ada pengisian nirkabel atau nirkabel terbalik di sini, jadi Anda harus menggunakan kabel untuk menghidupkan telepon, tetapi itu mungkin karena harga telepon yang lebih rendah.

 

 

 

 

techradar.com