Review OnePlus Nord CE 2 5G : HP Mid-Range dengan 65W SuperVOOC charging
Techadvisor.com

Review OnePlus Nord CE 2 5G : HP Mid-Range dengan 65W SuperVOOC charging

Review singkat OnePlus Nord CE 2

“CE” mungkin berarti “Edisi Inti”, tetapi OnePlus Nord CE 2 bukan hanya OnePlus Nord 2. Desainnya mirip dengan Oppo seperti OnePlus, memiliki beberapa takik lebih rendah dari pendahulunya kelas menengah, dan tidak memiliki sensor kamera utama dari Nord 2.

Sulit untuk menunjuk OnePlus Nord CE 2 sebagai uang untuk tether lama, tetapi ini adalah kesan awal yang kami tinggalkan. Layar ponsel dan sistem kamera identik dengan OnePlus Nord CE sebelumnya dan desain plastiknya hanya sedikit ditingkatkan.

Pada dasarnya, ponsel ini tetap menyenangkan untuk digunakan sehari-hari. Habiskan waktu berkualitas dengan OnePlus Nord CE 2 5G dan keajaiban tersembunyinya akan mulai menarik perhatian Anda.

Kinerjanya telah mengambil langkah maju yang sederhana namun disambut baik, dan OxygenOS OnePlus tetap menjadi salah satu antarmuka pengguna Android paling gesit di pasar. Dampak dari poin terakhir tidak boleh diremehkan di pasar kelas menengah yang dipenuhi dengan antarmuka pengguna yang mencolok, pilihan aplikasi khusus yang luas, dan layar beranda yang penuh sesak.

Ini adalah rasa keseimbangan dan efisiensi umum yang dapat mewakili ciri khas Nord CE 2 daripada spesifikasi individu apa pun. Ada ponsel dengan layar, prosesor, dan layar yang lebih baik dengan harga yang sama, tetapi hanya sedikit yang menyatukannya dengan begitu kohesif.

Jika kami memilih komponen yang pantas mendapatkan pujian khusus di sini, kemungkinan besar itu adalah pengisi daya SuperVOOC 65W Nord CE 2. Dengan kemampuan untuk mengisi penuh hanya dalam waktu 30 menit, Anda dapat berhenti mencolokkannya dalam semalam.

Desain OnePlus Nord CE 2 5G

  • Desain dan ukuran mirip dengan OnePlus Nord CE
  • Modul kamera melengkung secara menarik menunjukkan pengaruh Oppo
  • Tidak ada speaker stereo atau penggeser peringatan

OnePlus tidak banyak mengubah desain ponsel kelas menengah terbarunya yang terjangkau. Ini adalah ponsel plastik lain dengan nuansa solid dan tampilan yang agak biasa-biasa saja.

Dengan ketebalan 7.8mm, ini sedikit lebih tipis dari pendahulunya. Faktanya, ini adalah ponsel tertipis merek sejak OnePlus 6T hari. Ini juga sedikit lebih panjang dan lebih sempit dari sebelumnya, tetapi kita berbicara tentang pecahan milimeter di sini.

Techadvisor.com

Ponsel baru ini memiliki berat 173 gram, tiga gram lebih banyak dari ponsel aslinya. Namun, ini relatif ringan untuk smartphone modern.

Anda masih bisa mendapatkan jack headphone 3.5mm pada model generasi kedua ini, dan belum ada penggeser peringatan. Kelalaian terbaru masih agak memalukan, karena selalu menjadi faktor pembeda yang disambut baik di ponsel OnePlus yang lebih mahal.

Kelalaian lain yang mengecewakan adalah segala jenis suara stereo, jadi Anda harus bersaing dengan amplifier mono yang lemah. Ini bukan prasyarat untuk memiliki ponsel dengan harga ini, tetapi membayar lebih sedikit untuk Realme 9 Pro Plus atau Poco F3 akan memastikan pengalaman audio yang lebih lengkap dan mendalam.

Rekomendasi:  Review Xiaomi Black Shark 3 : Mungkin hanya untuk para Gamer

Pada catatan yang lebih positif, kami adalah penggemar desain modul kamera baru OnePlus Nord CE 2 5G. Di antara kedua perusahaan.

Sampel uji kami tiba di bayangan Cermin Abu-abu, judul yang sangat deskriptif tentang hal ini. Ini agak monoton dalam beberapa hal, tetapi sangat bijaksana. Terlihat sangat murah di tangan, karena terbuat dari plastik, bukan kaca.

Masih merasa seperti “ponsel murah”, tidak ada peringkat IP untuk dibicarakan. Ini mungkin menunda hujan lebat, tetapi kami tidak akan bersedia membagikan reputasi kami untuk itu.

Techadvisor.com

Tepi kiri ponsel memiliki slot SIM yang dapat menangani SIM ganda dan kartu microSD secara bersamaan, yang merupakan fitur yang bagus.

Display OnePlus Nord CE 2 5G

  • AMOLED 6,43 inci
  • Kecepatan refresh 90 Hz

OnePlus Nord CE 2 5G tumpang tindih dengan apa yang tampak seperti layar AMOLED FHD + 6,43 inci yang sama seperti sebelumnya. Sekali lagi, monitor ini mampu menghasilkan kecepatan refresh 90Hz, yang layak jika bukan yang terbaik di kelasnya.

Salah satu perubahannya adalah kali ini layarnya dilapisi dengan Gorilla Glass 5, yang lebih kuat dari kaca DragonTrail di OnePlus Nord CE 5G.

Terlepas dari kesamaan yang melekat, ini tetap menjadi layar yang menyenangkan untuk digunakan. Ini benar-benar datar, memiliki bezel yang cukup minimal (tetapi untuk dagu yang sedikit lebih besar), dan menjadi bagus dan cerah hingga 800 nits.

Mode tampilan default Vivid P3 memunculkan sedikit warna, tetapi tidak mengganggu. Anda dapat mengubahnya ke mode sRGB Lembut, dan Anda dapat mengubah pengaturan lebih lanjut menggunakan penggeser panas di menu pengaturannya.

Sertifikasi HDR10 + berarti Anda juga dapat menikmati berbagai warna di Netflix, YouTube, dan Amazon Prime Video.

Techadvisor.com

Opsi Always-On Display OnePlus masih merupakan salah satu opsi terlezat di pasar, memberikan informasi yang jelas tanpa membuang masa pakai baterai yang tidak perlu.

Fitur penting lainnya di sini adalah sensor sidik jari dalam layar daripada alternatif yang dipasang di samping yang sering kali dapat ditemukan di ponsel yang lebih terjangkau. Ini bagus, cepat dan dapat diandalkan.

Kamera OnePlus Nord CE 2 5G

  • Sistem tiga kamera yang sama seperti sebelumnya
  • Sensor utama 64MP mengambil foto yang layak meskipun tidak signifikan

Melanjutkan tema perubahan bertahap, OnePlus Nord CE 2 5G mempertahankan sistem tiga kamera yang sama dengan OnePlus Nord CE. Ini didorong oleh layar 64MP yang sudah dikenal, didukung oleh layar lebar 8MP 119 derajat dan makro 2MP yang tidak berguna.

Perbaikan apa pun di sini harus berasal dari chip Dimensity 900 baru, dan OnePlus mengklaim bahwa mode potret dan malam dioptimalkan secara algoritme.

Rekomendasi:  Review OnePlus 10 Pro : 'Flagship-killer' adalah flagship itu sendiri

Namun, peningkatannya belum bisa dikatakan signifikan. OnePlus Nord CE 2 mengambil foto yang cukup kompeten, tetapi tertinggal di belakang Realme 9 Pro Plus dengan sensor Sony IMX766 andalannya, terutama saat memotret dalam kondisi cahaya rendah.

Techadvisor.com

Sebagian dari kami berharap OnePlus akan menghapus sensor yang sama dari OnePlus Nord 2, tetapi tidak berhasil.

Selain mode malam, masih belum ada OIS untuk menjaga semuanya tetap stabil. Bidikan cahaya rendah kurang tajam dan jelas, meskipun mereka menangkap suasana pemandangan dengan cukup akurat dan tidak hanya mencoba menerangi semuanya secara tidak wajar.

Anda mungkin telah memperhatikan bahwa tidak ada lensa telefoto yang tersedia, tetapi mode zoom 2x melakukan pekerjaan pemotongan yang bagus dengan sensor utama ini. Anda mungkin tidak ingin membuat snapshot ini lebih besar dari ukuran layar ponsel Anda, tetapi mereka bagus untuk dibagikan di jejaring sosial.

Kamera sudut ultra lebar 8MP adalah langkah mundur yang besar dari sensor utama, tidak memiliki detail dan jangkauan dinamis, tetapi melakukan pekerjaan yang kompeten.

Memang, kompeten adalah semboyan di sini untuk sistem kamera OnePlus Nord CE 2 5G. Tidak ada yang mewah dan tidak ada yang keterlaluan untuk ponsel dengan harga dan posisi pasarnya. Tetapi Anda dapat melakukan sedikit lebih baik dengan sedikit uang.

Sampel kamera OnePlus Nord CE 2 5G

Foto 1 dari 10
Bidikan dalam ruangan yang menunjukkan kekuatan kamera utama. (Kredit gambar: Masa Depan)
Foto 1 dari 10

Performa dan spesifikasi OnePlus Nord CE 2 5G

  • Dimensi teknis multimedia 900
  • OxygenOS 11 di Android 11

OnePlus mengklaim bahwa chip 6nm MediaTek Dimensity 900 yang digunakan di Nord CE 2 20% lebih cepat dan lebih efisien daripada chip Snapdragon 750G 8nm yang digunakan di Nord CE asli.

Ini sejalan dengan pengujian kami, di mana Nord CE 2 mencetak 720 dalam benchmark single-core Geekbench 5 dan 2133 dalam benchmark multi-core. Sebaliknya, Nordik mencetak masing-masing 633 dan 1.812.

Ini didukung oleh RAM 8GB sebagai standar, yang cukup untuk menjalankan Android tanpa kelambatan atau keterbatasan memori yang mencolok.

Dalam hal bermain game, ponsel ini mampu menjalankan Genshin Impact pada pengaturan sedang dengan frame rate yang dapat dimainkan, meskipun jauh dari mulus. Namun, jangan salah, ini bukan spesialis game, bahkan dengan harga yang begitu murah.

Techadvisor.com

Poco F3 secara khusus disantap sebagai perangkat gaming, dengan performa unggulan dari prosesor Snapdragon 870, suara stereo dari dua speaker, dan respons laju sampel sentuh 360Hz.

Ketika datang ke perangkat lunak, OnePlus menawarkan OxygenOS 11 di Android 11. Ini sedikit mengecewakan, karena ini adalah perangkat lunak dasar yang sama yang diluncurkan pada OnePlus Nord CE 5G setahun yang lalu.

Rekomendasi:  Review OnePlus Nord 2T : Sang maestro HP Mid-Range

Terlepas dari kurangnya kemajuan, OxygenOS tetap menjadi salah satu bentuk Android paling ramping dan paling lancar dalam bisnis ini. Pendekatan OnePlus menampilkan rasa bakat dan pengendalian yang sangat langka di luar upaya Motorola dan Nokia, dan kurangnya bloatware yang tidak perlu sangat memuaskan.

Menyediakan penyimpanan internal 128GB bukanlah terobosan dari Nord CE, tetapi slot microSD ini pasti melakukannya. Anda juga mendapatkan konektivitas 5G sebagai standar.

Spesifikasi OnePlus Nord CE 2 5G

  • Android 11 with Oxygen OS 11
  • 6.43in Full HD+ (1080×2400) Fluid AMOLED, 20:9, 90Hz, HDR10+
  • MediaTek Dimensity 900 processor
  • 6/8GB RAM
  • 128GB internal storage (UFS 2.2)
  • 64Mp, f/1.8 main, PDAF
  • 8Mp, f/2.2 ultrawide
  • 2Mp, f/2.4 macro
  • 16Mp, f/2.4 selfie camera
  • Fingerprint scanner (in-screen)
  • Gorilla Glass 5
  • Wi-Fi 6
  • Bluetooth 5.2
  • GPS
  • NFC
  • 5G
  • Dual-nano SIM
  • microSD slot
  • USB-C
  • 4500mAh non-removable battery
  • 65W SuperVOOC wired charging
  • 160.6 x 73.2 x 7.8mm
  • 173g

Daya tahan baterai OnePlus Nord CE 2 5G

  • Baterai 4500mAh
  • 65W SuperVOOC

Seperti OnePlus Nord CE tahun lalu, OnePlus Nord CE 2 5G menawarkan baterai 4.500mAh, di sini terdiri dari dua sel yang lebih kecil untuk memungkinkan pengisian lebih cepat. Tapi kita akan membicarakannya sebentar lagi.

Techradar.com

Daya tahan ponsel umumnya kuat, dengan pengisian daya yang cukup untuk penggunaan berat sehari penuh dan bahkan mungkin dua hari penggunaan ringan hingga sedang. Kami menemukan bahwa kami bisa mendapatkan 15 jam sehari yang panjang, dengan sekitar 3 jam dan 30 menit waktu layar, dan masih memiliki lebih dari 50% baterai tersisa.

Dalam uji baterai TechRadar klasik, yang terdiri dari video 720p selama 90 menit dengan kecerahan layar diatur ke maksimum, Nord CE 2 hanya kehilangan 4% dayanya. Ini adalah hasil yang solid, terutama untuk ponsel murah dengan prosesor kelas menengah.

Seperti yang telah disebutkan, OnePlus Nord CE 2 5G telah mengambil langkah maju yang besar dalam kecepatan pengisian daya. OnePlus telah menyertakan pengisi daya SuperVOOC 65W di dalam kotak, yang merupakan peralihan ke pengisi daya cepat buatan perusahaan induk Oppo, bukan Warp Charge standar OnePlus.

Ini tampaknya hanya latihan branding, karena kedua standar tersebut terbukti sebagian besar dapat dipertukarkan.

Terlepas dari labelnya, OnePlus mengklaim Anda dapat mengisi daya dari 1% hingga 100% hanya dalam 32 menit. Perusahaan mengatakan EC Utara yang asli akan mencapai 70% pada waktu yang bersamaan, jadi itu adalah terobosan nyata.

Cukup cepat sehingga pada dasarnya Anda dapat mengubah gaya pengisian daya, dengan 15-30 menit di pagi hari cukup untuk membantu Anda menjalani hari.

 

 

 

 

Techradar.com