Penjelasan tentang Decentralized Autonomous Organization (DAO)
blog.liquid.com

Penjelasan tentang Decentralized Autonomous Organization (DAO)

Dorongan tanpa dasar kami untuk pengetahuan dan peningkatan adalah apa yang membuat kami tetap berada di puncak rantai makanan. Seiring berkembangnya teknologi, begitu pula cara kita melakukan sesuatu. Kami menjalani hari-hari kami dan bekerja secara harmonis dengan semua orang, dipimpin oleh pejabat hierarki.

Namun, hal-hal akan berubah karena penemuan Decentralized Autonomous Organization. Jadi bersabarlah saat kita menyelam lebih dalam dan melihat kemungkinan masa depan yang menanti kita.

Decentralized Autonomous Organization (DAO)
hongkiat.com

Apa itu Decentralized Autonomous Organization (DAO)?

Dao atau organisasi otonom terdesentralisasi sebanding dengan perusahaan dan organisasi besar lainnya seperti Walmart, Google, dan Amazon. Satu-satunya perbedaan adalah bahwa DAO mandiri, yang berarti DAO independen dan dapat beroperasi tanpa memerlukan administrator atau campur tangan manusia.

DOA tidak memiliki pemimpin untuk membimbing mereka, tetapi mereka memiliki minat dan tujuan yang sama. Mereka akan menerapkan aturan dan instruksi kontrak pintar yang akan mereka ikuti. Dan inilah organisasi yang benar-benar terdesentralisasi.

Lewatlah sudah hari-hari ketika pialang, pialang, dan manajer mendikte seluruh sistem untuk keuntungan mereka sendiri. Faktanya, manusia tidak akan memengaruhi DAO, menjadikannya dapat diandalkan dan transparan.

Namun, beberapa kritikus berpendapat bahwa sifat DAO yang tidak diatur menghadirkan risiko yang tidak diketahui dan dapat menyebabkan lebih banyak kerugian daripada kebaikan. Sulit untuk memprediksi dan melihat potensi DAO yang sebenarnya karena masih dalam tahap awal.

Bagaimana cara kerjanya?

DAO beroperasi mengikuti serangkaian program yang dibuat oleh orang-orang yang merancangnya. Kode dan perintah dikodekan dalam kontrak pintar dalam blockchain terbuka seperti Ethereum, menjadikannya platform atau sistem yang sepenuhnya otomatis yang dapat digunakan oleh siapa saja.

Untuk pemahaman yang lebih baik, pertimbangkan restoran cepat saji tradisional seperti McDonald’s. McDonald’s dikelola dan diarahkan oleh karyawannya. Setiap detail dan proses di restoran dikelola secara mikro. Dan mereka menjalankan bisnis mereka dengan melakukan semua pekerjaan sendiri, seperti memasak, membersihkan, dan menyajikan makanan kepada pelanggan mereka.

hongkiat.com

Mereka juga menangani pesanan dan pengiriman, serta inventaris dan penjualan selama seminggu. Ini adalah proses yang lambat yang membutuhkan koordinasi tenaga kerja hanya untuk bekerja.

Sebagai perbandingan, DAO bekerja tanpa memerlukan manajer dan karyawan yang aktif. Jadi, alih-alih digunakan oleh manusia, semuanya akan sepenuhnya otomatis, mulai dari memasak hingga menyajikan makanan panas kepada pelanggan Anda.

Rekomendasi:  Manfaat Keuntungan dari Perdagangan Saham: Panduan dari Pakar untuk Pembaca

Ketika saatnya tiba ketika Anda perlu mengisi kembali bahan-bahan Anda, membayar tagihan, dan mengumpulkan uang, Anda akan mengirim perintah ke server Anda dan program akan datang dan melakukan semua pekerjaan.

Saya tahu ini terdengar agak tidak masuk akal di dunia nyata, tetapi ini adalah inti dari organisasi otonom yang terdesentralisasi.

Manfaat DAO

DAO adalah organisasi berbasis komunitas dengan janji untuk mengutamakan komunitas mereka daripada keuntungan. Yang dengan sendirinya merupakan investasi, karena lebih banyak orang akan mempercayai mereka dan mau menjadi bagian dari komunitas mereka. Ada banyak manfaat menjanjikan yang dapat ditawarkan DAO dan sorotannya diberikan di bawah ini:

1. Tidak ada pengaruh pemerintah

Di Amerika Serikat, organisasi diwajibkan untuk mematuhi setiap permintaan yang dibuat oleh pemerintah Amerika Serikat. Namun tidak seperti organisasi tradisional, pemerintah tidak dapat begitu saja mencegah DAO beroperasi atau memerintahkannya untuk merilis informasi pribadi tentang seseorang. Satu-satunya cara yang mungkin untuk melakukan ini adalah dengan membeli sebagian besar DAO itu sendiri, yang sangat tidak mungkin.

2. Kemampuan beradaptasi

DAO dapat ditingkatkan dan dimodifikasi untuk beradaptasi dengan evolusi konstan masyarakat kita. Dan pemegang saham, yang juga merupakan komunitas yang mendapat manfaat dari DAO, dapat memberikan suara untuk perkembangannya di masa depan, memungkinkannya untuk mengikuti masyarakat modern kita yang bergerak cepat.

3. Terpercaya

Terakhir, dan mungkin salah satu manfaat terpenting DAO, adalah struktur uniknya yang membatasi intervensi manusia yang tidak perlu, membuatnya aman dan tidak terlalu rentan terhadap pengabaian internal dan korupsi.

Kekurangan DAO

DAO adalah open source, yang berarti tersedia untuk umum dan dapat dilihat, dilihat, dan berinteraksi dengan siapa saja. Meskipun ini bagus karena memberikan transparansi dan kekuatan kepada komunitas, ini juga memiliki beberapa kelemahan.

1. Rentan terhadap serangan online

Fakta bahwa DAO adalah open source membuat mereka rentan terhadap serangan hacker. Jika peretas cukup berpengetahuan untuk melewati program keamanan terenkripsi DAO, mereka dapat membuat kode yang dapat memanipulasinya. Dan ini merupakan risiko serius bagi semua yang terlibat. Pada akhirnya, DAO hanya sebaik orang yang menetapkan kode mereka.

Rekomendasi:  3 Token Crypto Potensial Teratas untuk Dibeli pada April 2022

2. Rahasia dagang bocor

Kelemahan lain dari DAO yang open source adalah bahwa setiap rahasia dagang dan keuntungan lain yang mungkin mereka miliki atas pesaing mereka tidak akan lagi menjadi rahasia. Karena siapa pun dapat melihat bagaimana DAO Anda telah dikonfigurasi, waktu dan upaya perusahaan yang dicurahkan untuk berinovasi memecahkan masalah dapat dicuri atau dimanfaatkan oleh siapa saja yang dapat membaca kode dan program.

Contoh DAO

Banyak organisasi otonom yang terdesentralisasi telah dibangun dalam beberapa tahun terakhir. Dan menurut Deepdao.io, ada lebih dari 180 DAO saat ini.

Saat itu, DAO hanyalah jargon cryptocurrency sampai tiba-tiba tumbuh dan mengumpulkan hampir $ 10 miliar tunai. Untuk memberi Anda gambaran yang jelas tentang apa itu DAO, berikut adalah beberapa contoh dan ikhtisar DAO singkat.

BitDAO

Salah satu DAO terbesar yang ada saat ini, dengan lebih dari $2,5 miliar diinvestasikan di dalamnya. Melalui platform BitDAO, Anda dapat berinvestasi dalam berbagai proyek Defi seperti AAVE, Convex Finance, Curve, dan sejenisnya.

Desentraland

Decentraland mungkin adalah salah satu pengalaman game metaverse terbaik yang dapat Anda miliki hari ini. Ini adalah permainan blockchain mandiri di mana orang dapat mengumpulkan dan memperdagangkan NFT, mendirikan bisnis, memiliki real estat virtual, bersosialisasi dengan orang lain, dan banyak lagi.

RaidGuild

RaidGuild adalah platform untuk pemasaran dan desain freelancer Web 3.0. Jika Anda ingin membangun bisnis Anda di Web 3.0, Anda akan membutuhkan orang-orang dengan keterampilan, alat, dan pengalaman yang tepat untuk mempersiapkan Anda menghadapi teknologi web yang akan datang ini.

Mirror

Mirror adalah platform untuk penulis dan blogger yang ingin memonetisasi keterampilan mereka dengan mengonversi konten tertulis mereka ke NFT.

BeetsDAO

Apakah Anda orang dengan hasrat yang membara untuk musik? Jika demikian, BeetsDAO adalah platform yang pantas untuk dicoba. Di sinilah Anda dapat mengumpulkan NFT berbasis musik dan mendapatkan uang dari kecintaan orang-orang terhadap musik.

Ini hanya beberapa DAO yang beroperasi di blockchain hari ini. Dan seperti yang Anda lihat, DAO dapat dibangun sebagai platform khusus untuk game, musik, buku digital, dan apa saja yang menarik minat publik.

Rekomendasi:  5 Investasi Jangka Pendek khusus kaum Muda untuk dapat Cuan

Kemungkinan di Masa Depan

Bayangkan jika semuanya dilakukan secara mandiri. Kita bisa hidup dan menikmati hidup kita, hanya melakukan pekerjaan minimal, karena masyarakat otonom kita memberi kita segalanya. Hal-hal seperti ini hanya terlihat di film-film fiksi ilmiah, tetapi mungkin lebih mendekati kenyataan daripada yang kita pikirkan sebelumnya.

Ini akan benar-benar mengubah cara kita hidup dan mendefinisikan kembali esensi keseimbangan kehidupan kerja, memungkinkan kita untuk lebih fokus pada keluarga, teman, dan orang yang kita cintai.

Menurut pendapat saya, DAO adalah jalan yang harus ditempuh. Dan saya dengan tulus percaya bahwa organisasi dan kelompok otonom yang terdesentralisasi akan menjadi pemberi kerja baru dalam waktu dekat, memungkinkan orang di seluruh dunia untuk bekerja dari jarak jauh dari kenyamanan rumah mereka. Kemajuan teknologi kita akan memberi kita hak istimewa yang dapat kita semua rangkul.

Dan jika kita mendorong diri kita lebih jauh, mungkin akan datang suatu hari ketika kita akhirnya bisa bangun, melakukan hal-hal yang belum pernah kita lakukan, dan memanfaatkan hidup kita yang singkat. Kemungkinan ini mungkin taruhan panjang bagi kita, tapi hei, jika itu menjadi kenyataan, itu akan menjadi neraka bagi kita semua!

Kesimpulan

DAO adalah teknologi revolusioner yang akan mengubah cara kita bekerja di dunia modern saat ini. Masa depan di mana semuanya dikelola oleh AI dan program untuk melakukan tugas bagi kita manusia. Tapi apakah itu masa depan? Dengan potensi DAO untuk memberi manfaat bagi komunitasnya, banyak juga yang dapat dikatakan tentang risiko yang dapat ditimbulkannya bagi semua orang.

Namun, masih terlalu dini untuk mengatakannya dan kami mungkin menemukan cara untuk menerapkan DAO tanpa mengambil risiko apa pun. Dan ketika saat itu tiba, kita akan menjadi makhluk yang sepenuhnya otonom yang akan memiliki kendali penuh atas hidup kita di luar imajinasi kita.

Siapa yang tahu seberapa jauh kemampuan teknologi kita akan membawa kita? Saya kira kita tidak akan pernah tahu sampai kita menyeberangi jembatan itu, jadi saya akan menyerahkannya pada imajinasi Anda.

 

 

 

 

hongkiat.com