dailyfx.id

Tips dan Strategi untuk Trading Emas Online

Istilah trading emas tentu memiliki arti yang berbeda dengan investasi emas. Investasi emas lebih berorientasi pada jangka menengah atau panjang. Namun, perdagangan emas lebih berorientasi jangka pendek. Seperti namanya, trading berarti memperdagangkan emas. Namun, keuntungan tidak mudah diraih karena harga emas naik dan turun begitu cepat sehingga para pedagang harus sangat berhati-hati. Untuk sukses dalam trading emas online, Anda memerlukan tips atau strategi yang tepat dan efektif agar Anda merasakan keuntungan dan dapat memangkas kerugian Anda.

Adakah tips sukses trading emas online?

Prinsipnya, setiap kali harga emas naik, para pedagang emas akan menjual dan sebaliknya saat harga emas turun. Dapat dikatakan bahwa perdagangan emas online tidak jauh berbeda dengan perdagangan valas pada umumnya dan emas menawarkan peluang keuntungan yang besar dibandingkan dengan pasangan mata uang asing atau pasangan mata uang tradisional.

Seperti yang sudah dibahas di atas, trading emas juga merupakan investasi, namun berbeda dengan investasi emas pada umumnya. Berinvestasi emas adalah kegiatan membeli emas kemudian menahannya dalam waktu lama, biasanya bertahun-tahun, sehingga ketika dijual kembali harganya naik dan lebih tinggi dari sebelumnya. Namun trading emas berbeda karena di sini Anda bisa membeli dan menjual emas berkali-kali dalam waktu yang lebih singkat.

Kerangka waktu dapat dimulai dari beberapa hari, hitungan jam atau bahkan menit. Sedangkan cara berinvestasi emas yang sering dianggap sebagian orang kurang praktis adalah karena sangat lambat dan tidak bisa digunakan untuk investasi jangka pendek. Menyimpan emas dalam bentuk fisik juga akan melibatkan penyimpanan dan pengujian. Tetapi perdagangan emas berbeda karena Anda dapat mendengar keuntungan lebih sering dan besar tetapi Anda masih perlu memiliki pedoman yang sangat spesifik.

Rekomendasi:  Perbedaan antara Investasi dan Trading saham, mana yang lebih Profit

Strategi scalping untuk trading emas online jangka pendek

Untuk bisa sukses di bidang trading emas online, Anda membutuhkan strategi yang tepat dan salah satunya adalah strategi Scalping Gold yang biasanya digunakan dalam jangka pendek. Teknik scalping ini biasanya bertujuan untuk mendapatkan keuntungan yang kecil, tetapi cukup sering. Trader akan menggunakan teknik ini dengan menerapkan short time frame antara 1 menit hingga 15 menit, dimana target profit adalah 5-10 pips untuk setiap penutupan posisi.

Berikut adalah beberapa metode untuk membuat kulit kepala emas, di antaranya:

  • Buka chart emas dalam time frame 1 menit lalu pasang indikator bernama Stochastic pada pengaturan 5, 3, 3 pada chart. Kemudian pasang juga 2 indikator EMA atau Exponential Moving Average yang nilainya masing-masing 50 dan 100. Baik EMA maupun Stochastic sebelumnya ditemukan dengan sangat mudah di sebagian besar platform trading.
  • Maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan trader adalah memperhatikan chart atau pergerakan chart selama sesi New York dan London, yaitu antara pukul 2 siang hingga 8 malam WIB. Ketika garis EMA 50 diposisikan tepat di atas garis EMA 100, Anda dapat membeli atau membeli setelah Stochastic menembus level 20 mulai dari bawah ke atas. Di sisi lain, ketika garis EMA 50 berada di bawah EMA 100, Anda dapat menjual atau menjual setelah Stochastic melewati level 80 mulai dari atas ke bawah.
  • Untuk menghindari kerugian yang tidak terduga, sebaiknya Anda memasang SL atau Stop Loss dengan nilai antara 2 dan 3 pips dari nominal harga pembukaan. Sementara itu, Anda dapat mengambil TP atau Take Profit dengan nilai antara 5 dan 10 pips dari harga pembukaan nominal atau setelah pergerakan harga mendekati level Stochastic 20 dan 80 lagi.
Rekomendasi:  Belajar Cryptocurrency : Perbedaan antara Play-to-Earn vs. Move-to-Earn

Teknik jual kembali emas ini sangat menguntungkan bila digunakan dalam jangka pendek, meski perlu disiapkan modal yang cukup besar untuk itu. Ini karena keuntungannya hanya 5-10 pips per posisi perdagangan, dan keuntungan itu dapat terkuras karena biaya seperti komisi atau koneksi internet, terutama jika Anda hanya menggunakan sedikit modal. Selain itu, Anda mungkin juga kelelahan baik secara fisik maupun psikologis karena pedagang harus terus memantau pergerakan grafik.

Agar keuntungan seimbang, trader umumnya disarankan untuk membuka posisi senilai 1 lot dan leverage maksimum adalah 1: 100. Untuk itu, modalnya juga harus besar. Trader juga harus berlatih sebelum menggunakan metode ini karena jika sederhana Anda bisa menderita kerugian karena tidak mengerti apa-apa. Platform trading yang Anda pilih biasanya memiliki akun demo dan menggunakannya sebelum menerapkannya pada akun live.

Analisis fundamental dalam strategi trading emas online yang sukses

Teknik selanjutnya adalah menggunakan analisa fundamental agar sukses dalam trading emas online. Tidak seperti saham dan komoditas lainnya, emas memiliki nilai intrinsik yang lebih rendah karena memiliki begitu banyak kegunaan praktis. Namun, hal itu jarang terjadi dan manusia sangat menyukainya bahkan mengasosiasikan nilai emas dengan konsensus. Tidak mungkin mengukur fluktuasi kecil dalam persepsi manusia setiap hari, tetapi analisis fundamental memiliki nilai yang terbatas dalam kasus ini.

Hal lain yang membedakan emas dari mata uang seperti Dolar Amerika adalah pasokannya yang terbatas. Ini artinya Anda harus menerima kenyataan bahwa sesungguhnya emas itu cukup langka. Masalah dengan analisis ini adalah emas yang begitu terkenal oleh seluruh dunia dan dipegang oleh pemerintah maupun bank. Akan tetapi, sama sekali tidak ada yang tahu berapa jumlahnya. Nampaknya bank yang besar sudah berkolusi bertahun-tahun untuk selalu mematok harga dari emas ini melalui perbaikan dua kali sehari sehingga bisa memanipulasi persepsi dan penawaran.

Rekomendasi:  Membongkar Resiko Saham: Apa yang Harus Anda Ketahui

Beruntungnya analisis fundamental itu juga dapat diaplikasikan lewat analisis ekonomi makro dan contohnya adalah menilai emas secara tradisional dari berbagai kondisi berikut ini antara lain:

  • Suku bunga riil yang nilainya negatif
  • Dolar AS mengalami kejatuhan
  • Krisis ekonomi dan juga ketidakstabilan
  • Inflasi tinggi

Salah satu contohnya adalah hubungan emas dengan krisis dan ketidakstabilan ekonomi. Krisis ekonomi sangat sulit diukur secara objektif, tetapi jika ada keraguan di mana suatu negara akan memasuki krisis besar, itu cenderung terlihat dari depresiasi mata uangnya. Tidak hanya itu, krisis ekonomi terparah di Amerika Serikat terjadi pada tahun 1970-an dan ini merupakan masa dimana nilai emas meningkat pesat. Bahkan Amerika Serikat belum pernah mengalami inflasi tahunan setinggi itu.

Pada awal 1980-an, tidak ada inflasi nominal di atas 6%. Amerika Serikat mengalami inflasi yang tinggi pada akhir 1970-an dan harga emas meningkat. Setelah melalui krisis, harga emas turun seperti biasa. Harga emas bisa naik jika inflasi setinggi itu. Meski emas tidak berpengaruh, namun Anda yang berdagang emas secara online harus mewaspadai hal ini karena berkaitan dengan harga dan juga potensi keuntungan dari investasi yang menjanjikan ini.

 

 

 

 

dailyfx.id