i0.wp.com

Syarat dan Ketentuan Gadai Saham di Pegadaian

Gadai saham untuk memperoleh saham dan obligasi dari Pegadaian untuk mendapatkan pinjaman tunai hingga HUF 20 juta dan hingga 90 hari. Klien tidak harus menjual sahamnya, cukup komit saja. Bagaimana cara komit saham di Pegadaian?

Keuntungan dari program ini adalah ketika pemegang saham membutuhkan uang, mereka tidak harus menjual sahamnya tetapi cukup menjaminkan saham atau obligasinya kepada Pegadaian.

Lalu apa saja syaratnya dan bagaimana saya bisa melakukan gadai saham ke Pegadaian? Simak penjelasannya di bawah ini!

Cara Gadai Saham di Pegadaian

Pegadaian memungkinkan pelanggan untuk dengan mudah memproses keterlibatan berbagi online melalui platform digital dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Download aplikasi resmi Pegadaian

Anda perlu mengunduh aplikasi resmi Pegadaian yang tersedia dari App Store, yaitu Playstore untuk pengguna Android dan App Store khusus untuk pengguna iOS.

Setelah unduhan selesai, masukkan alamat email dan kata sandi Anda.

2. Daftarkan akun

Daftar dan kemudian juga tautan CIF dan aktivasi keuangan.

Masukkan juga nomor SID di aplikasi “Pegadaian Digital Service”.

Petugas pegadaian pusat akan membantu Anda mengisi dan mengisi formulir tersebut nantinya. Setelah formulir diisi, formulir akan dicetak kemudian dikirim ke kantor Pegadaian.

3. Pemeriksaan Pegadaian

Selain itu, petugas mengecek ulang, memverifikasi dan memasukkan data pelanggan berdasarkan informasi yang sudah ada di formulir aplikasi.

Selain itu, nasabah harus mengganti saham atau obligasi yang dijaminkan sesuai dengan instruksi petugas Pegada.

4 Persetujuan Gadai

Setelah menyetujui batas kredit, pelanggan mengkonfirmasi asumsi pinjaman melalui tautan di aplikasi, yang kemudian dikirim melalui SMS.

Harap dicatat bahwa untuk memfasilitasi permintaan pinjaman, penting untuk menunjukkan di sini nomor ponsel yang masih aktif, baik secara teratur maupun saat terhubung ke Internet.

5. Transfer

Terakhir, setelah konfirmasi penerimaan, langkah selanjutnya adalah mentransfer uang pinjaman ke nomor rekening bank pelanggan.

Metode lain untuk Gadai Saham

Selain aplikasi gadai sekuritas online, ada beberapa tempat:

1. Datang ke pegadaian

Nasabah mengajukan pinjaman dari Pegadaian Sekuritas (UGE) di kantor Pegada terkait. Petugas Pegadaian akan membantu Anda menyelesaikan dan menyelesaikan proses pendaftaran.

Rekomendasi:  Cara sederhana untuk menganalisis data Laba dan Rugi untuk Investasi Saham

2. Layanan Mitra Sekuritas

Proses pengajuan dilakukan melalui rekanan sekuritas.

Sebagai langkah awal, nasabah dapat menghubungi Call Center Departemen Sekuritas untuk mendaftar program Gadai Sekuritas.

Selain itu, pelanggan akan mendapatkan formulir yang harus diisi lengkap dan selanjutnya akan dibantu oleh petugas keamanan.

Dokumen dan formulir yang telah diisi lengkap dilanjutkan dengan proses pengajuan ke Pegadaian dan Pegadaian melanjutkan proses pengajuan.

Setelah mendapatkan persetujuan dan menyelesaikan proses verifikasi, klien menandatangani perjanjian pinjaman dengan petugas Pegada.

Nasabah kemudian akan diinformasikan mengenai permohonan pinjaman tersebut dan pihak sekuritas akan memberitahukan kepada KSEI untuk memblokir jaminan dari nasabah yang meminta pinjaman tersebut.

Terakhir, Pegadaian akan segera mengkonfirmasi proses transfer pinjaman melalui SMS.

Syarat-syarat Gadai Saham dan obligasi

Untuk mengikuti program Gadai Pegadaian Sekuritas, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Persyaratan ini bervariasi tergantung pada permintaan individu atau perusahaan.

1. Individu (sistem individu)

  • Memiliki KTP/Paspor
  • Memiliki NPWP
  • Memiliki SID
  • Memiliki surat berharga Anda berupa saham dan/atau obligasi
  • Memiliki rekening bank dan nomor ponsel
  • Isi formulir aplikasi

Orang tersebut wajib memiliki dan melampirkan informasi pribadi berupa sampul berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP), NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak), saham atau obligasi.

Anda juga harus memiliki rekening bank, nomor ponsel aktif dan Single Investor Identification (SID). Atau, lampirkan formulir aplikasi yang harus diisi secara lengkap.

SID sendiri merupakan salah satu pembaharuan sistem Indonesia di sektor pasar modal. Oleh karena itu, SID adalah nomor identifikasi investor yang sistemnya mirip dengan kartu identitas, tetapi PT berhak menerbitkan SID. KSEI (Kustodian Sentral Indonesia).

2. Perusahaan

  • Kartu identitas individu / paspor yang mewakili perusahaan atau ditandai dengan AD / ART
  • Rekening Efek (rekening rekening koran)
  • SID institusi
  • AD / ART dan perubahan terbaru
  • Memorandum Asosiasi
  • Isi formulir aplikasi
  • Laporan keuangan

Persyaratannya hampir sama dengan orang perseorangan yang meminta gadai, yaitu melampirkan kartu perseorangan yang memuat proses gadai, SID badan yang bersangkutan, rekening surat berharga (rekening pembelian saham), AD/ART dan perubahan terbaru. dan anggaran dasar.

Selain itu, untuk persyaratan penjaminan saham atau obligasi, nasabah harus melengkapi formulir pengajuan dan melampirkan laporan keuangan terbaru dan valid.

Rekomendasi:  Mengenal 3 Jenis Saham yang Perlu Anda Ketahui Sebagai Investor

3. Ketentuan Saham dan Obligasi

Syarat pengajuannya, Pegadaian hanya menerima saham dan obligasi tanpa warkat.

Saat mengajukan hipotek ekuitas, saham harus dimasukkan dalam indeks LQ45 dengan rasio potongan rambut hingga 30 persen dan minimal 1 item (100 saham) diterima.

Jenis obligasi tertutup dicatatkan dan diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia (BEI), serta di obligasi ritel Indonesia (ORI) dan obligasi pemerintah (SUN).

Jatuh tempo obligasi tertutup adalah minimal 180 hari.

4. Pencairan yang lama

Dalam proses pinjaman, dibutuhkan waktu kurang lebih 1-3 hari kerja agar uang dapat dicairkan setelah syarat dipenuhi dan diajukan dan bank kustodian yang dipilih oleh Pegadaian telah menerima jaminan.

Kapan kita harus melakukan Gadai Saham?

Setelah mempelajari syarat dan cara pengajuan pinjaman menggunakan saham atau obligasi, tidak ada salahnya nasabah mengetahui terlebih dahulu kapan waktu yang tepat untuk melakukan investasi saham disini.

Di sisi lain, jika Anda ingin mengikat saham atau obligasi, yang terbaik adalah saat harganya turun.

Pelanggan kemudian dapat menebus ketika harga mulai naik. Jika harga saham naik atau naik, Anda bisa menjualnya. Model ini sebenarnya mirip dengan jual beli emas.

Keuntungan Gadi Saham

Program Tukar Gadai Pegadaian merupakan solusi bagi Anda yang ingin menggadaikan saham tanpa kehilangan atau menyerahkan harta miliknya.

Di masa pandemi seperti sekarang ini, harga saham berfluktuasi relatif tinggi, jadi daripada menjual saham saat harga turun, jadi kemungkinan besar rugi (rugi), taruhan terbaik Anda adalah berkomitmen.

Pilihan terbaik tentunya ada di Pegadaian. Mengapa?

Karena Pegadaian merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara yang tentunya terdaftar di OJK dan merupakan anak perusahaan Bank Rakyat Indonesia (BIS), yang tentunya kualitasnya tidak perlu diragukan lagi.

Dengan memilih sistem gadai saham, tentunya pemilik tidak kehilangan kepemilikan atas saham tersebut. Nasabah tetap berhak sepenuhnya untuk mengembalikan, membayar dividen dan juga hadir dalam Rapat Umum Pemegang Saham atau lebih dikenal dengan RUPS.

Manfaat tambahan dari penjaminan saham Pegadaian antara lain:

Rekomendasi:  Yuk Investasi Saham dengan Menabung Saham Perbankan!

1. Plafon kredit mencapai 20 miliar

Dengan menjaminkan kepemilikan saham atau obligasi, uang yang diperoleh nasabah Pegadaian berkisar antara Rp 1 juta hingga Rp 5 miliar untuk investor individu.

Dan investor korporat bisa mencapai Rs 20 miliar.

2. Batas waktu 90 hari

Jangka waktu pinjaman di pegadaian ini adalah 90 hari. Istilah ini bisa kurang lebih panjang dengan membayar sewa modal, sewa modal di sini dalam bentuk bunga pinjaman.

Apabila nasabah tidak membayar sampai dengan tanggal jatuh tempo, maka jaminan tersebut akan dimasukkan dalam proses penjualan Pegadaian melalui mekanisme bursa umum, yaitu lelang. Hasil lelang akan digunakan untuk melunasi pinjaman.

3. Tingkat hipotek rendah

Gadai Sekuritas memiliki tingkat bunga atau tingkat sewa ekuitas 0,63% untuk 15 hari pertama. Juga, tingkat bunga harian adalah 0,042%.

Atau jika kita menggunakan sistem perhitungan, makan sama dengan 1,2% dan akumulasi selama setahun adalah 15%.

Biaya administrasi dan perubahan stok tetap terjangkau, sebesar 0,25% dari uang yang dipinjam setiap 90 hari.

Saat itu, biaya mutasi obligasi adalah Rp 45.000 per jenis sekuritas dan per jenis transaksi dan sewa modal. Saat itu, biaya pencairan (biaya transaksi) hanya Rs 2.500.

Demikian penjelasan beberapa alternatif yang mungkin bisa bermanfaat atau menjadi solusi jika Anda ingin mengajukan pinjaman dari Pegadaian seperti saham atau obligasi sebagai jaminan.

Jika Anda memutuskan untuk mengajukan pinjaman, bicarakan dulu dengan manajer Monte dei Pegni agar tidak salah paham dengan kontrak yang akan ditandatangani secara resmi nanti.

Apalagi jika yang Anda minta sebagai jaminan saham atau obligasi adalah korporasi dan Anda adalah wali atau perwakilan dalam aplikasi pengiriman uang tersebut.

Jika Anda sangat membutuhkan bantuan dan Anda seorang pemula, sebaiknya Anda berjalan kaki dan datang langsung ke kantor atau ke cabang Pegada terdekat.

Pastikan juga persyaratan pengajuan Efek Gadai Anda sudah terpenuhi sebelum Anda datang ke kantor Pegadaian agar lebih hemat waktu dan tenaga.

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi situs resmi Pegadaian, pegadaian.co.id.

 

 

 

 

Duwitmu.com