Catat nih ! Tips Investasi Emas untuk Pemula supaya Untung Maximal
cloudfront.net

Catat nih ! Tips Investasi Emas untuk Pemula supaya Untung Maximal

Emas adalah investasi abadi. Nilainya yang stabil membuatnya cocok untuk berbagai tujuan. Namun, ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan saat berinvestasi emas. Pilihan jenis dan tempat penyimpanan emas yang dibeli harus dipertimbangkan dengan cermat.

Saya masih ingat pertama kali saya dibayar. Ibu saya menyarankan agar saya membeli emas sebagai deposit.

Dia mengatakan nilai emas tidak pernah turun dan saat dibutuhkan mudah dijual. Pertama, mulai sedikit, tidak apa-apa sementara itu rutin, “perintah ibuku.

Sejak saat itu, saya selalu berusaha menabung gaji saya, walaupun sedikit, untuk membeli emas secara rutin.

Banyak orang mengira berinvestasi emas itu mudah. Datanglah ke toko emas dan bawa pulang emasnya.

Beli emas

Meski terdengar mudah, sebenarnya ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.Apa yang harus dipertimbangkan sebelum mulai berinvestasi.

Hati hati emas digital

Saya menghindari membeli emas yang tidak mendapatkan yang fisik secara langsung. Bayar dan dapatkan.

Di era digital terkesan kuno, tapi keamanan lebih penting. Meskipun banyak penawaran yang sering menawarkan pengembalian yang menguntungkan, berinvestasilah dalam emas tanpa mendapatkan nilai fisiknya.

Anda harus sangat berhati-hati saat membeli emas tanpa perlu secara fisik.

Perlu dipastikan bahwa pihak lain yang memegang emas itu benar-benar menepati janjinya dan dapat dipercaya. Emas disimpan dan dapat diperoleh kembali oleh investor setiap saat.

Karena tidak mudah, saya menghindari transaksi investasi emas yang tidak memberikan layanan fisik langsung. Ada banyak contoh di mana emas yang dibayar dan dijanjikan untuk ditahan mengungkapkan bahwa pemiliknya tidak dapat mengambilnya sesuai permintaan. Tak sedikit yang merugi akibat kasus penipuan investasi.

Cara membeli Antam Gold

Jenis emas yang Anda beli sebaiknya logam mulia (LM), bukan perhiasan.

Emas Antam adalah LM yang merupakan standar emas murni 99,99%; produksi PT Aneka Tambang (ANTAM) milik negara. Semua LM memiliki sertifikat resmi yang dikeluarkan oleh ANTAM, yang menjamin keasliannya.

Berkat bentuk dan kualitasnya yang standar, harga emas batangan LM menjadi standar. ANTAM mempublikasikan harga setiap hari, yang menjadi dasar jual beli di pasar.

Rekomendasi:  Bingung pilih Saham atau Emas untuk Investasi terbaik? berikut perbedaanya!

Kemungkinan pemalsuan juga dikurangi dengan memiliki sertifikat resmi. Tidak ada biaya produksi tambahan saat membeli LM, yang biasa terjadi pada perhiasan.

Dengan kualitas tersebut, LM menjadi cocok untuk investasi. Barangnya standar, standar dan mudah ditukar.

Perhiasan bukanlah investasi. Boleh.

Namun, tidak ada patokan resmi untuk harga perhiasan. Bentuknya yang dipersonalisasi membuat penilaian menjadi subjektif.

Akibatnya, harga sangat bergantung pada negosiasi dengan toko emas.

Selain itu, ada biaya tambahan dalam bentuk biaya pembuatan perhiasan yang biasanya dikenakan oleh toko perhiasan. Ini mengurangi nilai investasi emas. Keabsahan permata hanya tergantung pada surat yang dikeluarkan oleh tukang emas, bukan oleh lembaga yang terkenal di dunia internasional seperti ANTAM. Akibatnya, perhiasan lebih mungkin untuk dipalsukan.

Toko Menjual LM

Dimana saya bisa membeli LM? Tidak semua toko emas menjual LM. Bahkan di toko-toko yang menjualnya, harganya bisa lebih tinggi dari ANTAM dari harga standar yang dikeluarkan pabrikan LM.

Tempat jual beli emas Antam

Cara termudah adalah dengan mengunjungi pusat penjualan LM di kantor ANTAM di kawasan Pulo Gadung, Jakarta.

Di sini, ANTAM membuka pembelian retail LM. Harganya pasti harga LM normal.

Detail pembelian dapat dilihat secara detail di website ANTAM www.logammulia.com.

Namun karena lokasinya yang cukup jauh dari kantor dan rumah, saya tidak pernah berbelanja di kantor ANTAM. Agak merepotkan jika harus menempuh jarak jauh dengan barang-barang berharga.

Beli emas batangan di pasar

Alternatif lain adalah membeli LM di daerah penjualan emas seperti Cikini dan Blok M. Namun sebelum dapat membeli di daerah penjualan emas tersebut, Anda perlu menentukan harga LM dengan cermat.

Dari pengalaman saya survey toko perhiasan, saya menemukan banyak toko yang menjual LM di situs diatas harga referensi ANTAM.

Jadi sebelum membeli sebaiknya cek dulu website untuk harga LM terbaru.

Toko Jual Emas Antam

Setelah mencari di banyak toko dan hampir menyerah, akhirnya saya menemukan toko yang menawarkan harga LM yang sama persis dengan website ANTAM. Awalnya saya tidak percaya, harga bisa mengikuti ANTAM. Namun, setelah beberapa kali membeli dari toko ini dan selalu memberikan harga ANTAM yang sama, saya yakin.

Rekomendasi:  Entitas Ekonomi yang Modalnya Terdiri atas Saham-saham

Nama tokonya, Capital Gold Shop, terletak di Kawasan Bisnis Emas Cikini. Lokasinya persis di sebelah gedung pasar Cikini. Bukan di pasar, tapi di luar. Selain harga setelah ANTAM, toko ini tidak terlalu ramai dan LM tersedia dalam berbagai ukuran.

Ada toko lain. Toko Emas Kaliem di Melawai Plaza. Tokonya cukup besar, mungkin salah satu yang terbesar. Harga LM di sini sedikit lebih mahal dari ANTAM. Namun, lokasi yang paling dekat dengan kantor menawarkan pilihan. Di kawasan Blok M, toko ini menawarkan harga LM paling kompetitif.

Sertifikat Emas Antam

Saat membeli emas, pastikan untuk melampirkan sertifikat ANTAM dengan LM dalam satu paket. Kode yang terukir di atas LM harus sesuai dengan kode pada sertifikat. Sertifikat tersebut merupakan bukti keaslian LM.

Masih tidak percaya keaslian LM yang Anda beli?

Anda dapat datang ke kantor ANTAM dan meminta cek untuk LM yang telah Anda beli. ANTAM menyediakan layanan tersebut. Meskipun kemungkinan pemalsuan LM yang dibeli di toko perhiasan relatif kecil, namun berhati-hatilah. Juga, jika Anda membeli emas secara teratur dan jumlah emas yang Anda miliki meningkat.

Perlu dicatat bahwa harga emas per gram lebih murah dibandingkan dengan batangan besar. Harga emas LM 10 gram per gram lebih murah dibandingkan harga LM batangan 5 gram atau 3 gram. Karena itu, pembeliannya tidak boleh sedikit. Jika Anda masih kekurangan uang tunai, simpan dulu sampai Anda mengumpulkannya. Kemudian saya baru saja membeli LM dalam berbagai ukuran.

Penjualan emas batangan tanpa sertifikat

Sertifikat logam mulia emas penting untuk memastikan keaslian logam mulia tersebut. Beberapa kasus investasi emas palsu membuat kredibilitas emas menjadi penting.

Meski menjual emas batangan tanpa sertifikasi akan lebih murah, risiko logam mulia yang dijual cukup tinggi.
Emas batangan tanpa sertifikat

Penyimpanan emas

Emas harus disimpan di brankas (SDB). Agar aman, sewa SDB di bank. Tentunya lebih aman daripada menyimpannya di rumah.

Rekomendasi:  10 tips Berinvestasi Saham agar cepat untung di Tahun 2022

Sewa ditentukan berdasarkan besar kecilnya SDB. Ada yang kecil, sedang dan besar. Karena batangan emas relatif kecil, SDB kecil sudah cukup.

Lihat Kredit Emas: Risiko dan Fitur yang Perlu Dipahami

Pengalaman persewaan SDB kecil dengan perincian persewaan:

  • Biaya jaminan kunci adalah Rp 600.000. Setelah dibayar di muka, dapat diambil kembali pada akhir masa sewa. Namun, jika kunci hilang, uang jaminan akan hangus.
  • 500 ribu sewa dibayarkan setiap tahun. Sewa akan naik dari sebelumnya 450 ribu. Sewa hampir pasti naik setiap tahun, meskipun pertumbuhannya relatif rendah.

Sebaiknya pilih SDB di bank terdekat untuk membeli emas. Dengan cara ini LM yang dibeli dapat disimpan langsung di SDB. Kurangi risiko kehilangan atau kecurian jika harus membawanya pulang terlebih dahulu.

Langkah terakhir adalah memulai sesegera mungkin. Jangan menunggu sampai Anda punya banyak uang untuk mulai berinvestasi di LM. Investasi emas yang bagus!

Investasi emas

Saya ingin menekankan sekali lagi alasan perlunya emas sebagai alat investasi.

Pertama-tama, emas adalah cairan yang mudah dijual dan dilikuidasi dalam waktu singkat. Sebaliknya, misalnya, dengan properti yang membutuhkan waktu lama untuk dijual.

Oleh karena itu, jika Anda membutuhkan dana darurat atau paket bailout, Anda bisa langsung menjual emas tersebut. Likuiditas emas adalah salah satu alasan penting mengapa uang harus dibelanjakan untuk pembelian emas.

Kedua, harga emas relatif stabil dan telah melampaui inflasi. Pergerakan harga ini cukup dipertanyakan, karena harga emas dalam beberapa tahun terakhir naik tajam kemudian turun lagi. Namun secara umum, tren harga emas telah meningkat selama beberapa dekade.

Ketiga, dengan munculnya opsi beli emas online, proses jual beli emas menjadi sangat sederhana. Anda dapat dengan mudah membeli emas secara online tanpa harus pergi ke toko emas.

Plus, membeli emas secara online berarti Anda tidak perlu menyewakan ruang penyimpanan, seperti brankas bank, untuk menyimpan emas Anda dengan aman. Karena emas baru dicetak saat Anda memintanya, sebelum emas tersebut dicetak sebelumnya (jadi aman).

 

 

 

 

Duwitmu.com