TOP 10 Manfaat Bermain Sepak Bola

Manfaat BerMain SepakBola

Jika Anda belum pernah bermain sepak bola sebelumnya, Anda benar-benar perlu mencoba. Ini adalah olahraga yang sangat menyenangkan yang dapat dimainkan oleh siapa saja dan dapat dimainkan hampir di mana saja. Dan permainannya juga tidak membutuhkan banyak biaya. Aksesibilitas yang mudah inilah yang menjadikannya olahraga paling populer di dunia. Ada begitu banyak manfaat bermain sepak bola sehingga Anda ingin bermain sepanjang hari. Tidak hanya olahraga yang menyenangkan untuk bersosialisasi dengan orang lain, tetapi juga bagus untuk otot, jantung, kekuatan tulang, kondisi mental, dan banyak lagi.

Dapatkan Segera Pelatihan Sepak Bola di Sekitar Lokasi Anda !

1. Meningkatkan Fungsi Kognitif Otak

Sepak bola membantu meningkatkan fokus, stamina, dan disiplin diri karena ini adalah permainan cepat yang membutuhkan keputusan cepat di lapangan. Meski temponya tampak melambat, pemain terus mencari keuntungan di dalam kotak dan berusaha memposisikan diri untuk mendapatkan operan atau mempertahankan area yang bisa diserang lawan.

2. Ini Meningkatkan Kepercayaan Diri dan Harga Diri dan Membantu Mengurangi Kecemasan


Mengembangkan kekuatan dan daya tahan fisik membantu membangun kepercayaan diri pemain baik di dalam maupun di luar lapangan. Kepercayaan diri dan harga diri mempengaruhi tidak hanya kinerja olahraga tetapi juga sekolah, karir, kehidupan keluarga dan persahabatan. Juga, seperti semua bentuk olahraga, endorfin yang dilepaskan dalam tubuh setelah permainan yang memberikan kesejahteraan adalah penghilang stres dan kecemasan yang penting. Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa olahraga adalah pengobatan yang sangat efektif untuk depresi dan kecemasan.

3. Siapapun Bisa Bermain di Mana Saja

Sepak bola bukanlah olahraga yang mahal atau tak ternilai harganya. Yang Anda butuhkan hanyalah ruang dan bola. Ini adalah olahraga yang relatif sederhana, dipraktikkan terutama di luar ruangan, yang telah kami sebutkan sebagai olahraga yang sehat.

Rekomendasi:  Bagaimana cara mengukur SpO2 Anda menggunakan Smartwatch And...

4. Meningkatkan Kapasitas Aerobik

Berlari selama 90 menit dengan intensitas apapun membutuhkan daya tahan yang tinggi. Oleh karena itu, pesepakbola sering kali memiliki kapasitas aerobik yang luar biasa untuk beralih dari berjalan ke sprint dan pulih dengan cepat untuk melakukannya lagi dan lagi. Peneliti Universitas Peking mendukung hal ini dalam sebuah penelitian yang mereka lakukan.

5. Meningkatkan Kesehatan Kardiovaskular


Ini mungkin salah satu manfaat terbaik dari bermain sepak bola. Rata-rata pemain berlari sekitar 8-11 mil dalam permainan penuh. Berjalan konstan, jogging dan berlari membantu meningkatkan detak jantung pemain, memberikan latihan kardiovaskular yang sangat baik. Gerakan konstan ini membantu pemain memperkuat jantung, menahan penumpukan plak di arteri koroner, menurunkan tekanan darah, dan membakar kalori berlebih.

6. Mengurangi Lemak Tubuh dan Meningkatkan Tonus Otot

Sepak bola adalah olahraga pembakar lemak yang hebat karena melatih otot dan jantung Anda dengan cara yang berbeda. Kalsium membangun lebih banyak massa otot dan membakar lebih banyak lemak dengan merekrut serat otot lambat dan cepat. Sebagai latihan umum, sepak bola membakar lebih banyak kalori daripada latihan biasa karena pemain dipaksa untuk beralih dari menggunakan jalur energi aerobik ke anaerobik.

7. Meningkatkan Kekuatan Tulang

Secara umum, kepadatan tulang menurun seiring bertambahnya usia. Beban berulang pada tubuh selama pertandingan sepak bola sangat bagus untuk meningkatkan kekuatan kerangka kita. Mempertahankan kebugaran seumur hidup melalui kalsium adalah cara yang bagus untuk menjaga tulang Anda tetap kuat.

8. Ajarkan Koordinasi

Karena perubahan antara berjalan, berlari dan berlari, koordinasi adalah kunci dalam sepak bola. Koordinasi tubuh ditingkatkan melalui gerakan kompleks seperti menetes, berputar dan lewat, yang dilakukan pada berbagai kecepatan dan arah. Koordinasi tangan-mata meningkat ketika pemain menendang bola atau menerima umpan dari seseorang. Semakin baik koordinasi, semakin besar keuntungan dalam pertandingan.

Rekomendasi:  Mobile Phone Vivo Y75 5G Keunggulan dan Kelemahan

9. Melatih Kerja Sama Tim dan Berbagi

Sementara tujuan kebugaran umumnya sangat pribadi, akan bermanfaat bagi kita semua untuk berbagi tujuan bersama dengan orang lain yang mendorong kita untuk mencapainya. Pelajaran yang dipelajari pemain di lapangan akan dibawa ke mereka selama sisa hidup mereka dan akan menjadi bagian yang tak tertandingi dari rekan satu tim. Kemampuan untuk bekerja dengan orang lain untuk mencapai tujuan bersama sangat kuat jika dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari, dengan kata lain, bergabung dengan tim.

10. Kembangkan Kekuatan Otot

Kekuatan tubuh bagian bawah diperlukan untuk menendang, melompat, meninju, memutar dan berputar. Ini juga merupakan dasar dari kecepatan ledakan. Kekuatan tubuh bagian atas diperlukan untuk melindungi bola, menahan lawan, melempar dan berkontribusi terhadap keruntuhan dan ledakan. Kalsium biasa memperkuat seluruh tubuh menggunakan kekuatan.

Perlu Di Ingat 

Seperti olahraga apa pun, itu tergantung pada preferensi Anda. Beberapa lebih suka olahraga bola lain seperti bola basket atau tenis, sementara yang lain lebih suka bersepeda atau berenang. Tapi intinya adalah, tidak pernah ada kata terlambat atau terlalu dini untuk mencoba. Sepak bola adalah olahraga hebat yang bisa diadopsi kebanyakan orang.

Namun, jika Anda memiliki kondisi medis atau cacat fisik tertentu, tindakan pencegahan tambahan mungkin diperlukan. Bicaralah dengan penasihat perawatan kesehatan Anda sebelum menyetujui program pelatihan atau aktivitas fisik baru.

 

 

 

 

Sumber : https://thecoachcrew.com/benefits-of-playing-football/