Ternyata Ini Manfaat Suami Mengelus Perut Ibu Hamil, Calon Ayah Harus Baca

Salah satu manfaat suami mengelus perut ibu hamil adalah memberikan rasa tenang bagi ibu.

Ada banyak cara calon ayah dapat berpartisipasi dalam proses kehamilan. Salah satunya adalah seringnya mengelus perut ibu hamil.

Meski terdengar sederhana, aktivitas yang baik ini memiliki banyak manfaat baik bagi ibu maupun bayi yang dikandungnya.

 

Ada banyak manfaat memiliki suami yang mengelus perut ibu hamil.

Berikut beberapa manfaat yang bisa didapat saat suami mengelus perut istri yang sedang hamil:

1. Tingkatkan bonding dengan bayi

Manfaat utama seorang suami mengelus perut ibu hamil adalah untuk mempererat bonding antara ayah dan bayi, untuk bisa dekat dengan bayi, seorang ayah bisa melakukan ini sejak bayi masih dalam kandungan. Dengan demikian, ketika bayi lahir ke dunia, sangat mungkin untuk mengurangi sensasi syok dan kaku, dengan mengelus perut wanita, suami bisa merasakan gerakan bayi dalam kandungan. Memang, kegiatan ini bisa menjadi arena bermain bagi calon ayah dan anak. Misalnya menebak bagian tubuh bayi yang bisa diraba oleh telapak tangan ayah, seperti kaki, lutut, kepala, bahkan bokong bayi yang mungil. Bayi biasanya merespons kontak ini dengan tendangan atau pukulan di area perut ibu yang disentuh ayah.

2. Tambahkan stimulasi pada bayi

 

Mengelus perut ibu hamil juga dapat meningkatkan rangsangan pada bayi. Saat mengelus perut, bayi akan merasakan sentuhan ini dan merespon dengan menggerakkan tangan atau kaki.

3. Membuat Ibu lebih rileks

Manfaat suami mengelus perut ibu hamil selanjutnya adalah membuat ibu hamil merasa lebih rileks, apalagi di kombinasikan dengan pijatan lembut.Suami bisa menggunakan minyak pijat atau krim untuk membuat suasana lebih rileks sekaligus membuat kulit ibu lebih lembab kepada ibu dan janin. Oleh karena itu, calon ayah akan mengembangkan ikatan yang lebih dekat sebagai sebuah keluarga.

Rekomendasi:  Bahaya Begadang Setiap Hari

4. Ciptakan lingkungan yang sehat bagi mentalitas keibuan

Kondisi mental calon ibu dapat berdampak besar pada bayi. Saat ibu hamil merasakan tekanan, detak jantung bayi juga bisa meningkat, dan saat suami mengelus perut ibu hamil saat dipijat ringan, sensasi tekanan ini juga bisa berkurang. Saat kondisi mental ibu membaik, efek positif juga akan dirasakan oleh bayi.

5. Membuat bayi lebih siap dengan lingkungan di luar janin

Mirip dengan bernyanyi dan berbicara dengan janin, mengelus perut ibu hamil juga akan membantu bayi terkena kondisi di luar rahim. Ini akan membuatnya lebih normal dan mau beradaptasi dengan lingkungan setelah kelahirannya.

Cara lain yang bisa dilakukan suami untuk menemani ibu hamil.

Membacakan cerita untuk janin dapat mempererat bonding antara ayah dan bayi

Selain mengelus perut ibu hamil, ada cara lain yang bisa dilakukan suami untuk lebih terlibat dalam proses kehamilan. Dengan cara ini, tidak hanya ikatan dengan anak yang belum lahir, tetapi juga memungkinkan untuk meningkatkan ikatan dengan wanita itu.

Langkah-langkah ini meliputi:

  • Membacakan cerita untuk janin dalam kandungan

Janin dapat mendengar suara-suara di luar kandungan sehingga kedua orang tua dapat mulai mempresentasikan suaranya kepada bayi yang dikandungnya, salah satu caranya adalah dengan membacakan cerita. Hal ini akan membuat bayi lebih mengenal suara orang tuanya saat ia lahir.

  • Ikut istri memeriksa rahim

Partisipasi Saat istri memeriksakan kandungannya ke dokter bisa menjadi cara bagi suami untuk berhubungan dengan calon bayinya. Misalnya, dengan mengamati proses yang harus dilalui wanita dan hasil USG, pasangan akan lebih terlibat dalam perjalanan kehamilan.

  • Ikuti kursus kehamilan

Para suami juga bisa mengikuti pelajaran yang biasanya diikuti oleh para ibu hamil. Misalnya kelas yoga untuk ibu hamil atau kelas untuk orang tua. Oleh karena itu, calon ayah akan lebih memahami dan siap untuk kehamilan dan proses kelahiran. Itu bisa membuatnya menjadi pasangan yang lebih baik. Manfaat memiliki suami yang membelai perut ibu hamil cukup berbeda. Tidak hanya untuk janin, tetapi juga untuk ibu. Ini bisa menjadi cara yang efektif untuk memperkuat ikatan antara ayah, ibu dan janin. Selamat mencoba..

Rekomendasi:  3 Langkah Mengatasi Alergi Kulit