SEHAT!!!! 10 KHASIAT AMPUH BUAH SUKUN

Manfaat Buah Sukun Untuk Kesehatan

Sukun adalah salah satu buah lezat yang ditanam di banyak wilayah di dunia dengan banyak manfaat kesehatan. Nama ilmiah dari pohon sukun adalah Artocarpus altilis. Asparagus termasuk dalam genus Mulberry. Buah lezat ini diyakini berasal dari Meksiko selatan, dari selatan ke Panama, tetapi sekarang tumbuh di seluruh dunia untuk keperluan domestik dan komersial.

Buah ini memiliki banyak manfaat kesehatan karena berbagai vitamin, mineral dan nutrisi yang ditemukan dalam buah sukun. Manfaat sukun bagi kesehatan antara lain mencegah risiko diabetes, mencegah berbagai jenis kanker, menurunkan tekanan darah, membantu menurunkan berat badan, meningkatkan kesehatan jantung, menurunkan kolesterol, meningkatkan kesehatan tulang, mencegah kerusakan oksidatif, memperbaiki pencernaan. kesehatan, meredakan peradangan, membantu kebersihan mulut, memperkuat sistem kekebalan tubuh, baik untuk otak kita dan mendetoksifikasi tubuh.

Nilai gizi buah sukun:

Buah sukun kaya akan vitamin, mineral dan bahan lainnya. Beberapa vitamin dalam sukun antara lain Vitamin E, Vitamin C, Vitamin K, Vitamin B-6, Asam Folat, Tiamin, Niasin, Pyridoxine, Asam Pantotenat, dan Riboflavin. Roti juga mengandung serat makanan, asam lemak Omega 3, asam lemak Omega 6, natrium dan kalium, yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Selain itu, sukun juga mengandung mineral seperti kalsium, magnesium, selenium, fosfor, zat besi, protein, seng dan tembaga. Bagian terbaik tentang sukun adalah mengandung nol kolesterol.

1. Buah Sukun meningkatkan fungsi otak

Roti sangat kaya akan zat besi, asam lemak Omega 3 dan vitamin K, nutrisi ini memiliki efek yang sangat menguntungkan bagi otak kita. Zat besi membantu meningkatkan produksi hemoglobin, yang mengikat oksigen dan nutrisi dalam darah sehingga otak kita menerima jumlah oksigen dan nutrisi yang tepat untuk berfungsi dengan baik. Penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi sukun secara teratur dapat mengurangi risiko Adzharia karena tingginya jumlah vitamin K yang ada dalam sukun.

Rekomendasi:  Makan Makanan Sehat Meskipun Sedang di Luar Rumah

2. Buah Sukun mempromosikan reproduksi

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa konsumsi sukun memiliki efek yang sangat menguntungkan pada reproduksi berkat adanya asam lemak Omega 3 dan asam lemak Omega 6.

3. Buah Sukun Mencegah Masalah Kulit Terkait Usia

Berkat banyaknya vitamin C yang ada di dalam buah sukun, sangat baik untuk kesehatan kulit kita. Vitamin C adalah antioksidan kuat yang melawan radikal bebas dan melindungi kulit kita dari kerusakan oksidatif, serta mencegah berbagai jenis masalah kulit yang berkaitan dengan usia seperti keriput, bintik hitam, tanda-tanda penuaan dan banyak lagi.

4. Buah Sukun mencegah risiko diabetes

Roti sangat kaya serat makanan, yang memiliki efek yang sangat bermanfaat bagi kesehatan kita secara keseluruhan dan juga membantu mencegah risiko diabetes, karena serat meningkatkan produksi insulin dalam tubuh kita, yang membantu memperlambat penyerapan gula dalam darah. . oleh karena itu membantu menurunkan gula darah. Penelitian telah menunjukkan bahwa makan makanan berserat tinggi seperti sukun dapat membantu mengontrol kadar gula darah.

5. Buah Sukun Membantu Anda Menurunkan Berat Badan

Karena banyaknya serat makanan yang ada dalam sukun, sangat berguna dalam mengatur berat badan. Serat adalah kesehatan untuk menjaga perut kenyang lebih lama dan membantu mengendalikan keinginan kita untuk makan lagi dan lagi; ini adalah penyebab utama obesitas. Para pelaku diet sangat disarankan untuk memasukkan buah lezat ini ke dalam diet harian mereka untuk hasil terbaik.

6. Buah Sukun meningkatkan kesehatan jantung

Seperti disebutkan di atas, sukun sangat kaya serat makanan dan juga memiliki efek yang sangat bermanfaat bagi kesehatan sistem kardiovaskular kita karena membantu mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh kita, seperti kolesterol LDL, yang merupakan penyebab utama penyakit jantung. berbagai jenis perdarahan. penyakit kardiovaskular seperti infark miokard, infark miokard, dll, dan membantu meningkatkan kadar kolesterol baik tubuh kita, yang mendukung fungsi yang lebih baik dari sistem kardiovaskular kita, seperti kolesterol HDL.

Rekomendasi:  Ternyata 7 Makanan Ini Bisa Mengobati Radang Sendi

7. Buah Sukun membantu menurunkan tekanan darah

Roti sangat kaya akan potasium, yang populer sebagai vasodilator, yang berarti potasium membantu mengurangi beban pada pembuluh darah dan memastikan aliran darah yang lancar melalui arteri. Penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi makanan kaya kalium secara teratur, seperti sukun, dapat menurunkan tekanan darah dan mencegah berbagai penyakit, seperti hipertensi.

8. Buah Sukun meningkatkan kesehatan tulang

Karena tingginya jumlah mineral yang ada dalam sukun, seperti kalsium, fosfor, mangan dan magnesium, konsumsi sukun memiliki efek yang sangat menguntungkan pada kesehatan tulang kita dan pada pelestarian tulang kita yang kuat dan sehat. Kalsium dan fosfor adalah komponen kunci dari struktur tulang kita dan juga berkontribusi untuk meningkatkan kepadatan tulang. Selanjutnya, penelitian menunjukkan bahwa konsumsi sukun secara teratur menjaga tulang kita dan mencegah risiko osteoporosis karena vitamin K dalam sukun.

9. Penambah daya tahan tubuh

Buah roti sangat kaya akan vitamin C, yang memiliki efek yang sangat menguntungkan pada sistem kekebalan tubuh kita. Vitamin C mempromosikan produksi sel darah putih dalam tubuh kita yang merupakan komponen kunci dari sistem kekebalan tubuh kita yang melindungi tubuh kita dari berbagai jenis penyerbu asing seperti bakteri dan virus. Selain itu, vitamin C adalah antioksidan kuat yang melanjutkan perang melawan radikal bebas dan melindungi sistem kekebalan tubuh kita dari kerusakan oksidatif. Penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi sukun secara teratur dapat mengurangi risiko berbagai penyakit umum seperti pilek, batuk, flu dan sebagainya.

10. Buah Sukun mencegah risiko kanker

Berkat sejumlah besar senyawa antioksidan yang ada dalam sukun, seperti vitamin C dan vitamin A, ia memiliki efek yang sangat bermanfaat bagi kesehatan kita secara keseluruhan dan membantu mencegah berbagai jenis kanker. Antioksidan membantu melawan radikal bebas dan mencegahnya menyebabkan kerusakan oksidatif pada sel-sel sehat kita; Radikal bebas inilah yang menjadi penyebab utama berbagai penyakit kanker seperti kanker usus besar, kanker prostat, dll. Penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi sukun secara teratur tidak hanya membantu mencegah kanker, tetapi juga mencegah kanker. pertumbuhan sel dalam tubuh kita.

Rekomendasi:  50 Makanan Super Sehat, ooh Ternyata....

Sukun mengandung Vitamin C, Kalium, Tembaga dan serat makanan dalam jumlah tinggi, Manfaat Sukun untuk kesehatan antara lain menurunkan tekanan darah, mencegah diabetes, baik untuk kulit dan rambut kita dan Sukun juga membantu mencegah kanker.

Fakta Gizi Buah Sukun, Mentah

 

Nutrient Unit Value per 100 g
Air g 70.65
Energi kcal 103
Protein g 1.07
Total lipid (fat) g 0.23
Karbohidrat, dengan pembeda g 27.12
Serat, Total makanan g 4.9
Gula, total g 11.00
Kalsium, Ca mg 17
Besi, Fe mg 0.54
Magnesium, Mg mg 25
Fosfor, P mg 30
Kalium, K mg 490
Sodium, Na mg 2
Zinc, Zn mg 0.12
Vitamin C, total ascorbic acid mg 29.0
Thiamin mg 0.110
Riboflavin mg 0.030
Niacin mg 0.900
Vitamin B-6 mg 0.100
Folate, DFE µg 14
Vitamin B-12 µg 0.00
Vitamin A, RAE µg 0
Vitamin A, IU IU 0
Vitamin E (alpha-tocopherol) mg 0.10
Vitamin D (D2 + D3) µg 0.0
Vitamin D IU 0
Vitamin K (phylloquinone) µg 0.5
Fatty acids, total saturated g 0.048
Fatty acids, total monounsaturated g 0.034
Fatty acids, total polyunsaturated g 0.066
Fatty acids, total trans g 0.000
Cholesterol mg 0
Caffeine mg 0

 

 

Sumber : https://www.getatoz.com/content/10-health-benefits-of-breadfruit/2218